_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

5 Wisata Kuliner Sidoarjo Paling Populer Sepanjang Masa

Sidoarjo, kota yang memiliki lambang berupa udang bandeng ini menyimpan berbagai kawasan tambak yang terkenal sangat luas di wilayah Jawa Timur. Kini, kawasan tersebut sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan manapun yang ingin berkunjung ke Sidoarjo hanya untuk menyalurkan bakat memancing.

Oleh karena itu, tak heran jika hewan tambak dan laut dimanfaatkan dalam berbagai macam olahan kuliner khas Sidoarjo. Beberapa kuliner yang populer diantaranya adalah bandeng asap, lontong kupang, petis dan masih banyak lagi.

Nah, untuk itu mari kita simak beberapa penjelasan dari kuliner Sidoarjo yang populer berikut ini.

1. Bandeng Asap

Bandeng Asap

travelblog.ticktab.com

Merupakan komoditas utama produk perikanan Sidoarjo yang akan selalu ada di setiap toko oleh-oleh Sidoarjo. Di produk inilah pertambakan ikut berperan dalam kuliner Sidoarjo. Proses pembuatannya cukup mudah, ikan yang sudah ditangkap kemudian diasap sampai matang.

Setelah matang bandeng asap dikemas ke dalam box khusus dengan saus pendamping dan siap untuk dipasarkan. Selain rasanya yang lezat, ternyata makanan ini juga bisa tahan beberapa hari tanpa disimpan di lemari es. Oleh karena itu, bandeng asap cocok dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan luar kota yang berkunjung ke Sidoarjo.

2. Kupang Lontong

Kupang Lontong - Wisata Kuliner Sidoajo

pariwisatasidoarjo.com

Komposisi dari makanan ini terdiri dari kupang, lontong dan lento. Kupang merupakan hewan laut kecil yang masuk dalam kategori kelas tiram. Sedangkan lento sendiri adalah gorengan berbentuk oval yang terbuat dari kacang tolo.

Proses pembuatan kupang lontong cukup mudah, mula-mula kupang yang telah dikupas dan dimasak dimasukkan ke dalam piring yang berisi beberapa irisan lontong dan lento . Lalu tuangkan kuah petis dan sedikit air perasan jeruk nipis.

Sebagian masyarakat lokal mempercayai bahwa semua penyakit di dalam tubuh akan hilang seketika jika kita menyantap kupang lontong sembari ditemani segelas minuman es degan. Rasa kupang lontong pastinya akan lebih nikmat lagi jika disajikan dengan tambahan sate kerang.

3. Bandeng Presto

Bandeng Presto - Wisata Kuliner Sidoajo

stevicatering.com

Makanan ini biasa disebut dengan singkatan BATARI alias Bandeng Tanpa Duri. Bandeng presto cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena mempunyai ketahanan tidak kadaluarsa selama 1 minggu jika disimpan di lemari es. Bahkan, beberapa catering Sidoarjo pun sempat  menggunakan makanan ini menjadi menu utamanya.

Bandeng presto juga memiliki manfaat yang baik dalam tubuh. Beberapa manfaat itu diantaranya untuk menurukan kadar kolesterol darah, mengurangi gejala rematik dan yang paling penting adalah meningkatkan kecerdasan otak. Penjual bandeng presto biasanya berada di kawasan budidaya ikan pertambakan. Dan lagi-lagi ternyata pertambakan berperan penting dalam kuliner Sidoarjo.

4. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang - Wisata Kuliner Sidoajo

resepmakansedap.com

Kerupuk ini berbahan dasar dari adonan tepung tapioka dan udang yang sudah ditumbuk halus kemudian diberi bumbu penambah rasa. Udang yang digunakan biasanya adalah udang-udang kecil atau udang rebon yang telah ditumbuk hingga lembut. Setelah itu, adonan dikukus hingga matang lalu diiris tipis-tipis.

Irisan tipis-tipis ini lalu dijemur hingga kering dibawah terik matahari dengan durasi antara 2 sampai 3 hari. Irisan kerupuk yang sudah kering siap untuk digoreng kapanpun untuk menjadi kerupuk udang yang siap dihidangkan.

5. Petis

Petis - Wisata Kuliner Sidoajo

1.bp.blogspot.com

Sidoarjo memang dikenal sebagai kota industri petis yang paling luas dan populer jangkauan distribusinya. Petis kupang paling banyak diproduksi di Desa Balongdowo. Bahan utama pembuatan petis berasal dari kupang atau sejenis kerang Corbula Faba yang berukuran kecil.

Konon, sejak zaman dahulu para nelayan desa sangat handal dalam mengumpulkan kupang. Kemudian para istri nelayan mengolah kupang ini menjadi penyedap rasa berupa petis.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk berkunjung ke Sidoarjo? Demikian apa yang dapat saya bagikan mengenai berbagai macam kuliner Sidoarjo yang paling populer. Semoga menambah referensi wisata kuliner khususnya bagi kamu yang ingin berkunjung ke kota Sidoarjo.

 

One Response

  1. Inzanami 28 Agustus 2015

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: