_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Rekam Jejak Tentara Gurkha : Militer Bayaran Inggris Terkejam di Dunia

TENTARA GURKHA – Mungkin sebutan ini agak asing di telinga kita. Gurkha merupakan sekumpulan penduduk yang berasal dari Nepal dan India Utara. Asal muasal sebutan dari Gurkha ini berawal dari sebuah nama orang suci Hindu pada abad ke-18 yakni Gorakhnath. Sejak dulu, penduduk Gurkha memang dikenal dengan reputasinya yang tinggi sebagai tukang perang. Tidak heran jika berbagai kelompok etnik dari berbagai daerah setempat merekrut mereka untuk kepentingan perang.

Baca Juga : Kekuatan Militer Inggris : Dari Sejarah Hingga Alutsista Andalan

Pada perang Nepal tepatnya di tahun 1814, Inggris secara mau tak mau harus rela menerima kekalahan setelah gagal untuk menganeksasi Nepal menjadi bagian dari Kerajaan Inggris. Namun, disamping itu Inggris rupanya terkesan dengan kegigihan dan keberanian tentara Gurkha.

Tentara Gurkha

pinterest.com

Disinilah letak chemistry itu bermula. Gurkha berhasil menarik perhatian para petinggi militer Inggris dengan kemampuan berperangnya yang alamiah namun tetap agresif saat berjibaku di medan pertempuran.

Loyalitas tinggi, tidak takut mati serta memiliki daya tahan fisik yang amat kuat merupakan salah satu keunggulan tersendiri dari tentara Gurkha ini. Mungkin kondisi lingkungan Nepal yang keras itulah sehingga tentara ini menjadi kuat di setiap medan. Hingga akhirnya Kerjaan Inggris pun tergoda untuk merekrut mereka sebagai tentara bayaran kala itu.

Sejarah Tentara Gurkha Menjadi Tentara Bayaran Inggris

Tentara Gurkha

wsj.net

Pada saat Perang Pindare di tahun 1817, inilah awal debut dari tentara Gurkha sebagai tentara bayaran Inggris. Tak sampai disitu, mereka juga ikut membela Inggris dalam peperangan lain seperti perang Bharatpur (1826) dan perang Sikh (1846-1848). Dalam Pemberontakan Sepoy (1857-158), Gurkha juga melakukan sebuah pembuktian kepada Kerajaan Inggris sebagai tentara bayaran paling berani dan loyal dalam setiap medan peperangan.

Partisipasi Tentara Gurkha dalam Perang Dunia I

Tentara Gurkha

pohonbercabang.blogspot.com

Perang Dunia I meletus, sebanyak 100.000 prajurit Gurkha ikut bertempur bersama dengan pasukan Inggris yang lain dalam perang Prancis, Persia, Palestina Mesopotamia dan Mesir. Setelah itu, pada Perang Dunia II tercatat sebanyak 112.00 tentara Gurkha dan Pasukan Sekutu Commonwealth bertempur kembali saat terjadi perebutan wilayah di Suriah, Afrika Utara, Yunani sampai dengan Malaysia dan Singapura.

Senjata Andalan Tentara Gurkha

Senjata Khukri

alibaba.com

Khukri, senjata ini menjadi andalan saat Gurkha sedang berjibaku di medan pertempuran untuk mengalahkan lawannya. Sudah diakui memang bahwa khukri ini merupakan senjata yang sangat khas dan identik bagi Gurkha. Khukri merupakan sejenis pisau tajam yang berbentuk melengkung agak ke depan. Senjata ini memang sengaja didesain untuk menebas leher musuh hanya dengan sekali sabetan saja.

Senjata Khukri

indiangorkhas.in

Ada sebuah mitos mengejutkan tentang senjata ini. Katanya, musuh yang telah terhunus oleh khukri tidak mengeluarkan sedikit pun darah pada sarangnya (Allahu A’lam). Itulah sebabnya mengapa tentara Gurkha tiap ketika habis perang selalu mengasah dan membersihkan khukri dengan melumuri darahnya sendiri seraya mengiris jari tangannya.

Kekejaman Tentara Gurkha Saat Bertempur di Surabaya

Tentara Inggris di Surabaya

photobucket.com

Saat mendarat pertama kali di Surabaya, ada sebuah perjanjian yang harusnya di sepakati antara Malllaby dengan para pemimpin Surabaya. Dalam perjanjian tersebut pasukan Inggris hanya diijinkan untuk mendarat sejauh 800 meter dari upaya mereka saat saat mengurusi tawanan perang Jepang di pelabuhan. Sayangnya, kesepakatan ini sengaja dilanggar oleh Mallaby.

Tentara Gurkha

nobodycorpfound.files.wordpress.com

Tentara sekutu Inggris yang terdiri Gurkha dan beberapa Pasukan India non-muslim dinilai seringkali bertindak secara kurang ajar, bahkan mereka tak segan-segan untuk membunuh para pejuang dengan cara yang sadis dan amat kejam. Saat pasukan Gurkha dan Inggris melakukan sweeping dalam perampasan senjata, secara langsung mereka akan main tembak jika ada salah satu seorang pejuang yang tidak mau meyerahkan senjatanya.

Baca Juga : Alasan Kekuatan Militer Indonesia Disegani oleh Dunia

Hal inilah yang menjadi penyebab dari menyulutnya rasa dendam para pejuang arek-arek Suroboyo. Para pejuang pun akhirnya menyerang beberapa pos keamanan yang ditempati oleh pasukan Inggris. Terutama pos-pos yang berada pada area di luar jarak 800 meter sesuai dengan perjanjian.

Kekalahan Miris Tentara Gurkha di Surabaya

Tentara Gurkha dan Inggris

surabayapagi.com

Meskipun sebagian dari pejuang Surabaya tahu bahwa reputasi serta pengalaman tempur yang dimiliki oleh Gurkha sangatlah hebat, namun mereka tak pernah ada rasa takut sedikitpun untuk bertempur melawannya.

Bahkan sejarah mencatatkan bahwa setidaknya ada ratusan pos pasukan Inggris yang ada di Surabaya dibuat morat-marit oleh para pejuang. Sementara itu, segelintir pasukan Inggris yang masih selamat lari terbirit-birit demi menyelamatkan dirinya masing-masing.

Naasnya, para pejuang Surabaya membuang sebagian jenasah pasukan Gurkha ke Kali Mas bagi mereka yang tidak sempat dievakuasi oleh pasukan Inggris. Tidak sampai disitu, sebagian jenasah yang masih terapung pun dijadikan sasaran latihan menembak oleh pejuang arek-arek Suroboyo.

One Response

  1. Nadya Regita Vierin 28 Agustus 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: