_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

TANAMAN OBAT – Seperti biasa, pada tulisan kali ini saya akan mengulas tentang tanaman obat dan khasiatnya. Sebagaimana kita tahu bahwasanya Indonesia adalah negara maritim sub-tropis yang menyimpan berbagai tumbuhan cantik di setiap daerahnya.

40.000 spesies tanaman yang ada di dunia, kurang lebihnya ada 30.000 jenis tanaman yang ada di Indonesia. Sementara itu, terdapat 940 jenis lainnya yang mana dapat digunakan sebagai obat tradisional atau alternatif untuk mengobati berbagai penyakit.

Salah satu tanaman ciri khas negara Indonesia ialah rempah-rempah. Ya, tanaman yang sempat ingin dikuasai penjajah tersebut sejak dulu memang berfungsi sebagai obat. Baik itu obat penyakit dalam maupun luar.

Riset dari pakar penelitian menyatakan bahwasanya obat tradisional yang diracik dari tanaman obat justru lebih gampang dicerna oleh tubuh. Sehingga tidak menimbulkan efek samping apapun yang berakibat fatal.

Sayangnya, dewasa ini penggunaan tanaman obat sebagai media penyembuh semakin berkurang. Kebanyakan dari mereka lebih memprioritaskan untuk menggunakan obat modern, yang mana itu menyimpan kandungan zat kimia.

Jika kita kaji kembali, sebenarnya meminum obat modern tersebut malah akan menyebabkan berbagai penyakit lain. Oleh karena itu, selagi obat-obatan alternatif ini masih ada. Yuk mari kita lestarikan tanaman obat tersebut dengan sebaik mungkin.

Berikut ini macam-macam tanaman obat yang patut kita telaah supaya pengobatan alternatif terlaksana dengan tepat.

1. Tanaman Obat Diabetes

Yakni:

  • Belimbing Wuluh
  • Kangkung
  • Ngokilo
  • Petai Cina
  • Kunyit
  • Nanas Kerang
  • Daun Dewa

Belimbing Wuluh (Averrhoa Blimbi)

Belimbing Wuluh

Sepintas, kita mengira bahwa belimbing wuluh hanya dapat digunakan untuk sayur bagi para ibu dalam memasak. Hmm, sepertinya pendapat tersebut akan terpatahkan ketika membaca tulisan ini.

Ya, belimbing wuluh memang berbeda dari beberapa belimbing pada umumnya. Selain dapat menyembuhkan beragam penyakit, belimbing wuluh juga berperan dalam meningkatkan kecantikan wanita.

Belimbing wuluh dapat mengobati beberapa penyakit manusia dari mulai yang paling ringan sampai berat. Contoh beberapa penyakit ringan itu diantaranya adalah sariawan, jerawat, panu, batuk, sakit gigi serta mencairkan dahak agar nafas kembali lega.

Sementara penyakit berat tersebut adalah diabetes dan hipertensi. Insya Allah beberapa penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan menggunakan belimbing wuluh ini, asalkan rutin dalam penggunaan.

 

Kangkung

Kangkung

Tiap orang pasti mengenal kangkung. Memang sayuran yang satu ini harganya sangat murah karena bisa didapat di beragam tempat mana pun. Selain itu, kangkung juga kaya khasiat dan manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Sayuran kangkung mengandung vitamin C yang diyakini dapat mengantisipasi atau mencegah gusi berdarah dan sariawan. Apabila kamu tengah mengalami sakit gigi, tidak ada salahnya jika mencoba untuk mengunyah daun kangkung selang beberapa waktu.

Tidak hanya vitamin C, kangkung juga kaya berbagai kandungan zat-zat penting seperti vitamin B kompleks, vitamin A, fosfor serta zat besi yang lain.

Sangat disarankan sekali bagi para ibu hamil, karena kangkung kaya akan omega 3 yang dapat menjaga kualitas otak janin saat berada di dalam kandungan. Jika masa kehamilan telah usai, mengkonsumsi kangkung juga akan berdampak baik bagi kelancaran ASI.

Oh iya, ada yang bilang kalau makan kangkung bisa bikin mata kita berat alias ngantuk. Nah, usut punya usut ternyata kandungan zat besi pada kangkung inilah yang menyebabkan kita gampang tidur. So, jika kamu sedang mengalami insomnia sangat direkomendasikan untuk makan sayuran kangkung tersebut.

Selanjutnya..

Ngokilo
Petai Cina
Kunyit
Nanas Kerang
Daun Dewa

 

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: