_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Pengertian dan Contoh Karya Seni Rupa Murni Nusantara

Seni adalah suatu hasil yang memiliki nilai estetika terhadap imajinasi maupun ekspresi yang diungkapkan oleh seseorang. Seni rupa juga menjadi bagian salah satu cabang seni yang bisa dilihat, dirasakan dan dihayati.

Perpaduan titik, garis, bentuk, bidang, volume, bentuk, tekstur, warna bahkan efek pencahayaan diolah sedemikian rupa agar menjadi contoh karya seni rupa yang bernilai di mata masyarakat.

Pada hakikatnya seni rupa dapat terbagi dalam beberapa macam, jika ditinjau berdasarkan dari sudut pandangnya. Semisal seni rupa tiga dimensi dan seni rupa dimensi.

Lantas, jika ditinjau kembali berdasarkan manfaatnya, maka seni rupa terbagi menjadi dua macam. Yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni.

Nah, dalam artikel ini kami akan membahas tentang seni rupa murni secara lengkap. Mulai dari pengertian, sejarah dan contoh karya seni rupa murni nusantara hingga mancanegara.

Pengertian Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Rupa Murni

Pengertian seni rupa murni adalah suatu cabang seni rupa yang diciptakan atau dibuat tanpa harus memperhatikan fungsinya, melainkan hanya bisa dinikmati keindahannya saja.

Sejarah Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni

Perkembangan seni rupa modern di Indonesia ditandai dengan banyaknya dominasi seni lukis diantara para seniman. Seorang seniman profesional dari Semarang, Raden Saleh Syarief Bustaman saat itu menjadi perintis dari adanya seni lukis modern tersebut.

Beliau memperoleh bimbingan langsung dari seorang seniman asal Belgia, AA Payen dalam mempelajari teknik melukis modern yang lagi tren kala itu.

Singkat cerita, Raden Saleh memutuskan untuk berkelana di beberapa negara benua Eropa, seperti Belanda, Jerman dan Prancis. Kemudian berlanjut ke Australia sampai ke negara tanah air tercinta yakni Indonesia.

Contoh Karya Seni Rupa Murni Nusantara dan Mancanegara

Berikut ini beberapa contoh karya seni rupa murni yang tersebar di beberapa daerah, baik dari Nusantara bahkan sampai mancanegara.

1. Kaligrafi

Kaligrafi

Karena asalnya berasal dari Arab, maka tak heran jika kaligrafi harus menggunakan tulisan arab di setiap penciptaannya.

Kaligrafi umumnya dituangkan dalam sebuah kertas, baik itu kertas lukis maupun kertas warna biasa. Bahkan ada yang sampai mengukir dengan media kayu dan batu.

Di beberapa pesantren Indonesia, kaligrafi telah menjadi bagian tersendiri bagi santri-santri yang ingin bergelut di dunia kesenian. Tak heran jika kini seni kaligrafi sudah banyak diperjual belikan dalam bentuk frame atau pigora sebagai hiasan rumah.

2. Lukisan

lukisan

Lukisan merupakan salah satu seni rupa murni yang telah ada sejak berabad-abad silam. Saat ini seni lukis telah berkembang dan terbagi ke dalam beberapa aliran, yaitu realisme, dekoratif, impresionisme dan ekspresionisme.

Agar hasilnya bagus dan bernilai estetika, kelengkapan alat lukis sangatlah dibutuhkan seperti kanvas, cat air, pensil , cat akrilik, kuas besar dan kecil.

Hasil karya seni rupa murni ini bisa memiliki nilai jual tinggi apabila nilai estetika juga telah diakui oleh para seniman-seniman profesional.

3. Patung

Patung

Patung merupakan wujud visual dari makhluk hidup, baik itu hewan maupun manusia yang dibentuk dalam media tiga dimensi. Biasanya patung digunakan untuk mengenang jasa seseorang agar diingat selalu oleh masyarakat luas.

Misal, seperti patung Bung Tomo di Surabaya untuk mengenang jasa beliau dalam mengusir penjajah. Adapun patung yang juga digunakan untuk umat-umat beragama lainnya, seperti patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.

4. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci

Tak dapat dipungkiri jika benda mungil yang satu ini menjadi salah satu contoh seni rupa murni modern dalam kehidupan kita. Ya, gantungan kunci kini telah diproduksi dengan berbagai bentuk dan warna.

Biasanya gantungan kunci dijadikan oleh di beberapa kota wisata tertentu, seperti di Bali, Lombok dan Batu. Tak jarang pembeli pun dapat membuat gantungan kunci sesuai pesanan kepada pengrajin. Hal ini menunjukkan bahwasanya gantungan kunci merupakan karya seni rupa murni yang menjadi favorit masyarakat luas.

5. Relief

Relief

Hampir mirip dengan contoh seni rupa murni di atas, yaitu patung. Relief juga bisa dilihat dalam bentuk tiga dimensi atau biasa disebut dengan trimata.

Umumnya relief terdapat pada candi dan tugu. Dahulu para seniman menggunakan dinding sebagai media memahat mereka dalam menceritakan sebuah kisah masa lalu. Itulah sebabnya relief merupakan seni rupa murni yang juga memiliki nilai sejarah tinggi.

6. Ukiran

Seni Rupa Murni Ukiran

Menurut Wikipedia, ukiran adalah aktivitas olah permukaan pada objek tiga dimensi dengan membuat tinggi permukaan berbeda, sehingga akan menghasilkan gambaran tertentu.

Seringkali mengukir dikaitkan dengan aktivitas memahat. Meskipun begitu, kedua aktivitas tersebut tetaplah dianggap berbeda. Ini dikarenakan memahat lebih ditujukan untuk menghasilkan benda tiga dimensi lainnya, yakni patung.

Seni rupa murni ini terbagi ke dalam beberapa jenis:

  • Ukiran es atau patung es
  • Ukiran Kayu
  • Ukiran Gading
  • Ukiran Tulang
  • Ukiran Kayu

7. Kerajinan Keramik

Kerajinan Keramik

Kerajinan keramik ialah seni rupa murni yang memanfaatkan tanah liat sebagai bahan bakunya. Kemudian diproses dengan cara dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir.

Bisa dibilang jika kerajinan keramik ini masuk dalam seni rupa murni maupun seni rupa terapan. Contoh seni rupa murni dari kerajinan keramik yaitu guci. Sedangkan contoh seni rupa terapan dari kerajinan keramik yaitu lantai keramik.

8. Topeng

Topeng

Dalam kesenian daerah, topeng biasanya digunakan untuk memperjelas watak dalam mengiringi musik atau ritual kesenian daerah. Ada pun penggunaan topeng ini dilibatkan dalam acara agama, Misal agama Hindu.

Bentuk topeng sangatlah beragam, tak lain ini disebabkan oleh perilaku adaptif manusia yang ingin membuat imitasi pada beberapa objek. Seperti gambaran binatang pada bentuk atraksi perburuan dan lain sebagainya.

9. Desain Grafis/Logo

Desain Grafis dan Logo

Adanya desain grafis atau logo dalam kehidupan manusia sejatinya tidaklah lepas dari adanya perkembangan seni rupa murni. Desain grafis menggunakan beberapa elemen visual, berupa bentuk tulisan, gambar dan lain sebagainya.

Sehingga proses komunikasi dalam menciptakan persepsi suatu pesan dapat disampaikan secara tersirat. Saat ini seni desain grafis menjadi tren tersendiri di kalangan anak muda. Banyak diantara mereka yang menghasilkan pundi-pundi dollar dengan mengikuti kontes desain grafis tingkat nasional.

10. Fotografi

Fotografi

Selain desain grafis, fotografi juga tak kalah digandrungi oleh anak-anak muda masa kini. Hal ini ditunjang pula dengan harga kamera yang begitu murah dan fiturnya pun sudah lengkap.

Sosial media sangat berkontribusi besar dalam menciptakan tren fotografi. Salah satunya adalah Instagram. Berdiri pada tahun 2010, kini sosial media tersebut sukses meraup jutaan pengguna aktif dengan mengalahkan pesaing ketatnya, Facebook.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: