_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Sejarah Internet di Indonesia : Dari Mailing List Sampai ISP Pertama

SEJARAH INTERNET DI INDONESIA – Berdasarkan data yang diperoleh dari Wikipedia.org, sejarah Internet di Indonesia berawal pada tahun 1990-an. Jaringan Internet di Indonesia saat itu lebih dikenal masyarakat umum dengan sebutan paguyuban network.

Suryono Adisoemarta, M. Samik-Ibrahim, Muhammad Ihsan, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, Robby Soebiakto, Onno W. Purbo merupakan segelintir dari nama-nama legendaris di awal pembangunan koneksi Internet di Indonesia pada tahun 1992 sampai dengan 1994.

Mereka berhasil mengkontribusikan segala keahlian dan dedikasinya terhadap pembangunan jaringan komputer dan Internet di Indonesia sehingga kita dapat merasakannya hingga saat ini.

Menelusuri Jejak Perkembangan Sejarah Internet di Indonesia

Menelusuri Jejak Sejarah Internet di Indonesia

labkom-pramita.blogspot.com

Beberapa artikel mengenai jejak keberadaan jaringan sejarah internet di Indonesia dapat kita telusuri di berbagai media cetak Indonesia seperti koran KOMPAS yang berjudul “Jaringan komputer biaya murah dengan memanfaatkan radio” pada akhir tahun 1990 sampai awal 1991.

Tak ketinggalan pula beberapa artikel pendek seperti Majalah Elektron Himpunan dari Mahasiswa Elektro ITB juga turut berkontribusi dalam pencaatan sejarah Internet di Indonesia pada tahun 1989.

Berdasarkan data whois ARIN dan APNIC dalam sejarah internet Indonesia, protokol Internet (IP) pertama yang digunakan saat itu adalah UI-NETLAB (192.41.206/24) yang berhasil teregistrasi oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988.

Sejarah Internet di Indonesia pada Sektor Mailing List

Mailing List - Sejarah Internet di Indonesia

feedittomygoldfish.com

Pada tahun 1989 sampai dengan 1990-an, para mahasiswa Indonesia yang berada di luar negeri mulai membangun sebuah tempat untuk berdiskusi secara online di Internet. Hingga akhirnya tercetuslah sebuah tempat dikusi di Internet untuk pertama kalinya yaitu indonesians@janus.berkeley.edu.

Dengan mailing list atau milis pertama ini para mahasiswa di Indonesia dapat berdiskusi dengan pola mereka masing-masing. Kemudian pola tersebut masih terus berjalan.

Dari satu-satunya milis berupa Janus, lambat laun perkembangannya semakin membludak menjadi beberapa milis yang tersebar di Indonesia, terutama di host server w:ITV & egroups.com.

Sampai sampai mailing list ini menjadi salah satu media strategis dalam pembangunan komunitas Internet di Indonesia.

Sejarah Internet di Indonesia pada Sektor Internet Service Provider

Internet Service Provider - Sejarah Internet di Indonesia

bijanghayyoomi.wordpress.com

Ipteknet menjadi salah satu Internet Service Provider pertama kali di Indonesia yang berhasil beroperasi secara penuh pada awal 1994. PT. IndoInternet mulai beroperasi di sekitar tahun 1994, perusahaan ini dipimpin langsung oleh Sanjaya secara part-time.

Setelah itu, P.T. IndoInternet sukses menjadi ISP komersial pertama di Indonesia, meskipun awalnya menggunakan lisensi dari P.T Lintas Arta.

Sayangnya pihak POSTEL masih belum mengerti secara jelas apa saja celah bisnis yang bisa dimasuki jika bersaing di Internet, disisi lain pengguna Internet di Indonesia pun masih sedikit sekali.

Disisi lain, IndoNet rupanya masih mengandalkan dial-up sebagai media koneksi awal ke Internet, bisa dibilang kalau langkah ini cukup nekat. Lokasi IndoNet masih berada di Rawamangun tepatnya samping kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya merupakan salah satu dosen di universitas tersebut.

Akses awal di IndoNet masih memanfaatkan beberapa mode, seperti teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX.

Selanjutnya sejarah internet Indonesia mulai berkembang pada tahun 1995, dimana pemerintah Indonesia melalui Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan surat ijin untuk pengoperasian ISP yang diberikan kepada IndoNet dan Radnet.

Sejarah Internet Indonesia mulai berkembang kembali di tahun 1995, tercatat beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa yang menyediakan jasa akses Telnet ke berbagai negara.

Dengan menggunakan remote browser Lynx, pengguna Internet Indonesia sejak saat itu mulai dapat mengakses Internet (HTTP).

Perkembangan sejarah internet mulai diperhitungkan semenjak kehadiran tren e-commerce dan warung internet yang menjalar di berbagai sudut kota.

Saling menunjang dan mendukung sejarah internet Indonesia terasa lebih solid di dunia informasi. Bahkan rekan-rekan e-commerce pun mulai merintis komunitas dumaynya di beberapa mailing list utama seperti warta e-commerce.

Terkait :

Penyebab Tanah Longsor

Cara Keja Enzim

Cara Membuat Antena TV

Gurun Terluas di Dunia

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: