_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Jadi Ini Sebab Khusus dari Perang Dunia 1?

SEBAB KHUSUS PERANG DUNIA I – Beberapa faktor bermula di Eropa Tengah sekitar akhir Juli 1914 terkait seperti militerisme, aliansi, imperialisme dan nasionalisme dari empat dekade menjelang perang rupanya memiliki peran besar dalam konflik ini.

Meskipun begitu, pembunuhan Archduke Franz Ferdinand seringkali dianggap sebagai penyebab utama peperang terjadi.  Sebenarnya, faktor penyebab terjadinya perang sangatlah banyak sekali. Salah satunya adalah ketidakseimbangan politik di Eropa kala itu merupakan faktor utama dari penyebab bertumbuhnya persaingan yang tidak sehat.

Kompleksitas antar persaingan di negara Eropa menyebabkan wilayah benua tersebut menjadi terpecah oleh kubu-kubuan (aliansi) sehingga membuat persaingan semakin menajam.

Penyebab Perang Dunia 1

Penyebab Perang Dunia Pertama

freelargeimages.com

1. Konflik Negara – Negara Eropa

Industri Perang Dunia 1

wikimedia.org

Pertentangan antara Inggris dan Jerman dalam sektor Industri merupakan salah satu contoh kasus dari konflik ini. Dahulu Inggris menguasai bidang industri di wilayah Eropa dibandingkan dengan Jerman. Karena ingin bersaing demi memperebutkan posisi teratas, Jerman akhirnya membuat sebuah produk yang dikemas mirip dengan produk Inggris.

Dengan menjual produk tersebut ke pasaran Inggris, lambat laun sektor industri Jerman mulai terangkat naik berkat larisnya pembeli yang membeli produksi. Alasan para pembeli untuk membeli barang jerman tersebut karena harga yang ditawarkan sangatlah murah. Padahal mereka belum tahu bahwa barang tersebut merupakan produk buatan Jerman yang dikemas dengan bahasa Inggris.

Sadar dengan penjualan produknya yang semakin menurun, Industri Inggris akhirnya memberikan sebuah label  pada merk produknya dengan dengan tulisan “Made from England”. Sehingga para pembeli akan tahu perbedaan antara produk Jerman dan Inggris di pasaran. FYI, produk Inggris ternyata lebih dikenal dengan kualitasnya bagus serta mutunya yang terjamin.

Jerman kembali merugi, mereka akhirnya menyiasati penurunan angka penjualan tersebut dengan memasang harga lebih murah dari produk Inggris. Kemudian Inggris pun berbuat demikian begitu seterusnya sehingga persaingan pun tidak terelakkan.

2. Persaingan di Sektor Angkatan Laut

Persaingan Angkatan Laut Perang Dunia 1

wikimedia.org

Jerman kala itu memang dikenal dengan Angkatan Daratnya yang hebat dalam setiap pertempuran. Namun dalam pertempuran laut, Angkatan Laut Jerman justru malah lebih ketinggalan dan dianggap lemah di Eropa.

Sadar bahwa Inggris jauh lebih kuat dan solid dalam Angkatan Lautnya, Jerman pun rela mengeluarkan dana besar demi menyaingi Inggris untuk memperkuat Angkatan Lautnya.

3. Imperialis (Perebutan Daerah Jajahan)

 imperialisme perang dunia 1

kingcluthkenar.weebly.com

Pada masa itu, dari beberapa negara maju yang ada di Eropa mungkin hanya Jerman yang belum pernah memiliki negara jajahan. Alhasil, jerman akhirnya berusaha merebut daerah kekuasaan negara dengan cara membantu suatu negara terjajah tersebut

Tak lain alasannya adalah agar negara jajahan tersebut mau untuk “membalas budi” kepada Jerman suatu saat. Contoh dari hal ini adalah Jerman membantu Kuwait (jajahan Inggris) dengan membuat rel kereta api Konstatinopel – Baghdad.

4. Perlombaan Senjata

Perlombaan Senjata Perang Dunia 1

fortdouglas.org

Selain persaingan antar aliansi, rasa curiga yang telah tumbuh diantara negara-negara Eropa membuat produksi senjata secara besar-besaran kerapkali terjadi di benua tersebut. Hingga akhirnya perekonomian mereka pun sempat lemah karena sedikit terbengkalai.

Dalam situasi ini, masyarakat kala itu saling unjuk gigi dengan menguji coba senjata yang mereka pakai. Tak heran jika akhirnya mereka mempersenjatai dirinya sendiri seolah-olah akan siap untuk bertempur di medan perang.

5. Pertentangan Kerapkali Terjadi di Eropa Sebelum Perang Dunia 1

Pertentangan yang Kerapkali Terjadi di Eropa Selama Sebelum Perang Dunia 1

goldismoney2.com

Pertentangan antara Austria – Rusia dan Rusia – Turki serta Austria – Serbia membuat benua ini semakin tidak aman dan kondusif saat melakukan kegiatan sehari-hari. Kemungkinan kerugian bisa mencapai hingga miliaran euro jika kita coba mengitung banyak sekali bangunan yang rusak hanya demi memperoleh kekuasaan.

Sebab Khusus Perang Dunia I

Franz Ferdinand Perang Dunia 1

media.news.com.au

Tentara Austria mengadakan sebuah latihan perang di Bosnia pada tahun 1914, Bagi Serbia sendiri, latihan perang itu adalah bagian dari suatu tindakan provokatif. Disisi lain sebenarnya Serbia juga ingin menguasai Bosnia Herzegovina sebagai akibat dari terbunuhnya Mahkota Australia, Franz Ferdinand.

Pihak yang Berperang dalam Perang Dunia I

Kronologi Perang Dunia 1

forces-war-records.co.uk

Dalam Perang Dunia I, ada dua pihak yang ikut bersaing dalam peperangan tersebut. Pihak sentral atau Blok Jerman dihuni oleh empat negara dari benua Eropa, yaitu Jerman, Turki, Austria, dan Bulgaria. Sedangkan lawannya, pihak sekutu atau Blok Prancis terdiri dari 23 negara, yaitu Perancis, Rusia, Serbia, Inggris, Rumania, dan Belgia.

Front Jerman awalnya dapat mengalahkan sekutu dengan sangat mudah, namun karena banyaknya blokade yang dibuat oleh sekutu membuat kehidupan di Jerman sangatlah sulit. Sehingga timbulnya pemberontak di Jerman oleh kaum separatis (komunis) pun semakin gencar demi meruntuhkan pemerintah Jerman. Dengan begitu, Jerman terpaksa harus mengakhiri perangnya dengan peletakkan senjata pada tanggal 11- November 1918 di Compugne (sebelah utara Paris)

Dalam Perjanjian Versailles antara Jerman dengan negara sekutu pada tanggal 28 Juni 1919, menetapkan bahwa Jerman (selaku negara yang kalah perang) harus menanggung semua beban biaya perang selama PD I.

Perjanjian Versailles dihuni oleh 4 pemeran utama yang disebut sebagai the big four yang terdiri dari Wilson (USA) Lloyd George (Inggris), Orlanda (Italia) dan Clemenceai (Perancis). Meskipun perjanjian peradamaian telah dilaksanakan sebagai akhir dari perang dunia, tetapi dampak negatif dari perang tersebut sangat dirasakan oleh negara-negara di seluruh dunia khususnya Eropa dan Amerika.

Terkait :

Fakta Seputar Akibat Perang Dunia II dari Berbagai Bidang

Kekuatan Militer Inggris : Dari Sejarah Hingga Alutsista Andalan

Alasan Kekuatan Militer Indonesia Disegani oleh Dunia

Kronologi dan Sejarah Perang Hunain Nabi Muhammad SAW.

Rekam Jejak Tentara Gurkha : Militer Bayaran Inggris Terkejam di Dunia

2 Comments

  1. nadjamudin dean 6 Desember 2015
  2. Wizam Robbani 7 Desember 2015

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: