Perbedaan Internet dan Intranet Secara Singkat dan Lengkap

PERBEDAAN INTERNET DAN INTRANET – Dewasa ini, pertukaran informasi antar negara bahkan benua menjadi lebih mudah berkat adanya Internet yang hadir untuk memenuhi masing-masing kebutuhan manusia. Selain itu, intranet juga memiliki kegunaan yang sama yakni untuk pertukaran informasi antar pengguna.

Secara penamaan, huruf yang digunakan pun juga hampir sama yaitu ada kata “net” di bagian kata Intranet yang berarti network. Lantas, apa saja perbedaan Internet dan Intranet? Untuk pembahasan lebih lanjut, di bawah ini beberapa perbedaan Internet dan Intranet yang bisa kamu pelajari secara jelas dan lengkap.

Pengertian Intranet

Pengertian Intranet

secureacom.com.au

Secara bahasa, intranet berasal dari kata “intra” yang berarti “didalam” sedangkan “net” atau “network” yang berarti “jaringan”. Dengan kata lain, jika semuanya digabung maka intranet berarti sebuah jaringan yang ada didalam (ruangan), seperti rumah, kantor, perpustakaan dan lain sebagainya.

Intranet merupakan sebuah jaringan khusus ( private network) yang berfungsi untuk membagikan suatu informasi rahasia perusahaan. Terkadang istilah intranet merujuk pada layanan yang terlihat saja, misalnya situs web internal perusahaan. Intranet mulai dirilis sejak tahun 1995 oleh para penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan informasi berbentuk web dalam suatu perusahaan.

Dengan adanya intranet, sebagian perusahaan kini terasa sangat diuntungkan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan telepon kabel atau menggunakan teknologi jaringan pribadi lainnya. Intranet telah berhasil merubah cara orang bekerja, belajar dan berbagi informasi kepada pengguna yang lain. Selain itu, intranet juga memberikan kemudahan aksesibilitas dokumentasi dalam ketersediaan informasi dan peningkatan efisiensi.

Pengertian Internet

Pengertian Internet

computerguyswfl.com

Kata Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking. Lantas, apa yang dimaksud dengan Internet? Internet adalah sebuah teknologi jaringan luas yang dapat menghubungkan milyaran komputer di seluruh dunia Jaringan Internet menggunakan standar sistem global berupa TCP/IP, yakni singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol sebagai protokol pertukaran data.

Internet pertama kali diluncurkan pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Advance Research Project Agency Network yang disingkat dengan ARPANET. Awalnya, proyek ini dibangun hanya untuk kepentingan militer saja. Namun, lambat laun proyek ini semakin berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan bahkan seluruh dunia seiring dengan berjalannya waktu.

Terciptanya internet seolah membawa perubahaan drastis yang berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan pada manusia. Selain itu, internet juga melahirkan pola baru pada dunia, sekaligus corak dan karakteristik yang berbeda pada dunia nyata.

Fasilitas Internet

Jagad raya informasi, mungkin sebutan ini layak bagi sebuah jaringan internet. Karean internet  telah menyajikan berbagai fasilitas dalam memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Berikut ini fasilitas-fasilitas internet yang dapat dinikmati oleh pengguna internet, antara lain:

1. WWW atau World Wide Web

WWW atau World Wide Web

teliworx.com

Sistem pada internet ini mempunyai tugas dalam melakukan pencarian dan pemberian informasi yang cepat.

2. Email

Email

capillarytech.com

Layanan surat elektronik ini memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengirimkan pesan berformat apapun kepada pengguna lainnya dalam hitungan menit bahkan detik.

3. Chatting

Pengertian Chatting

digiwonk.wonderhowto.com

Chatting merupakan sebuah percakapan khusus antar dua atau lebih pengguna internet dalam waktu yang sama atau realtime.

4. File Transfer Protocol

FTP

null-byte.wonderhowto.com

FTP atau kepanjangan dari File Transfer Protocol adalah sebuah layanan internet yang berfungsi sebagai penyalur data atau transfer file berlangsung antara pengguna komputer dalam suatu server di internet. Dengan adanya FTP, pengguna internet dapat melakukan upload dan download beberapa file antar komputer lain di seluruh dunia.

Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet Secara Lengkap

appstechnews.com

Secara umum, kita sudah mengetahui bahwa internet memiliki jangkauan yang lebih luas daripada intranet. Namun, perbedaan kedua jarungan tersebut tidak hanya terdapat pada jangkauannya saja, seperti beberapa perbedaan dibawah ini:

1. Jaringan Internet

  • Memiliki jangkauan jaringan yang luas dengan koneksi yang cepat
  • Perkembangannya sangat pesat.
  • Bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun.
  • Merupakan sekumpulan dari jaringan LAN, MAN bahkan WAN.
  • Keamanan yang kurang terjamin, rawan hacker.

2. Jaringan Intranet

  • Jaringannya yang sempit (lokal).
  • Perkembangannya lambat.
  • Hanya digunakan pada instansi tertentu, seperti perkantoran, sekolah, perpustakan dan lain sebagainya
  • Keamanan yang terjamin karena hanya diakses oleh orang-orang tertentu.
  • Umumnya menggunakan jaringan LAN, MAN atau WAN

Terkait: Pengertian Jaringan LAN, Lengkap dengan Cara Instalasinya Motherboard adalah .. Pengertian Brainware

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: