_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro dalam Bentuk Tabel Beserta Contohnya

PERBEDAAN EKONOMI MIKRO DAN┬áMAKRO – Sebelum memulai pembahasan mengenai ekonomi mikro dan ekonomi makro, ngga ada salahnya kan kalau kita mengulas ilmu ekonomi terlebih dahulu. Ilmu ekonomi merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan memecahkan berbagai permasalah kehidupan, terutama pada beberapa masalah perekonomian.

Paul A. Samuelson

thefamouspeople.com

Salah seorang Pakar Ekonomi, Paul A. Samuelson menuturkan bahwa ilmu ekonomi merupakan sebuah studi yang berkaitan antara beberapa individu serta masyarakat dalam memutuskan suatu pilihan dengan uang atau tanpa uang, bahkan bisa jadi dengan memanfaatkan sumber daya terbatas namun dapat digunakan dalam berbagai cara agar menghasilkan bermacam-macam jenis kebutuhan atau barang untuk para konsumen.

Setiap individu tentu memiliki kebutuhannnya masing-masing, maka dalam hal itulah individu akan mempertimbangkan dengan rasional tentang cara menggunakan beberapa sumber daya atau pendapatan tertentu aga penggunaan itu dapat memberi kemakmuran bahkan kepuasan secara maksimal kepada masyarakat dan individu.

Untuk itu, diperlukan beberapa alisis ekonomi yang terdiri atas 3 golongan, yakni ekonomi deskriptif, ekonomi terapan dan teori ekonomi. Berikut ini beberapa penjelasan tentang analisis ekonomi seperti yang disebutkan diatas:

1. Ekonomi Deskriptif

Ekonomi deskriptif adalah analisis ekonomi yang mengilustrasikan keadaan secara fakta dalam suatu perekonomian. Misal, keadaan pengrajin anyaman di Aceh pasca Tsunami Aceh dan Sumatera, keadaan ekonomi Bantu setelah gempa Jawa Tengan dan Yogyakarta dan keadaan ekonomi Indonesia seusai reformasi.

Namun, mengetahui perkonomian secara nyata belumlah cukup untuk memahami ilmu ekonomi. Menyusun kenyataan secara sistematislah yang lebih penting, sehingga dapa membuat gambaran secara umum mngenai kegiatan perekonimian beserta komponennya.

2. Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan biasa disebut dengan teori kebijakan, yakni cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang kebijakan yang harus dilakukan agar dapat mengatasi beberapa masalah perkonomian. Pastinya, diperlukan beberapa tujuan mau di bawa kemana arah dari ekonomi tersebut dalam merumuskan suatu kebijakan ekonomi.

3. Teori Ekonomi

Teori ekonomi merupakan kumpulan dari beberapa pandangan yang mengilustrasikan sifat hubungan nyata dalam kegiatan perkonomian serta ramalan mengenai peristiwa perubahan yang akan terjadi apabila suatu keadaan dapat mempengaruhinya. Dalam teori ekonomi, diterangkan gambaran secara umum namun sederhana tentang bagaimana kegiatan perkonomian serta apa saja sifat-sifat hubungan ekonomi.

Ekonomi Mikro

Contoh Ekonomi Mikro

ctnepal.org

Kata mikro berasal dari bahasa inggris yakni micro yang berarti kecil. Jadi, dapat diartikan jika ekonomi mikro merupakan ilmu ekonomi kecil. Berdasarkan ruang lingkung analisis dan polanya, teori ekonomi mikro didefinisikan dengan satu bidang ilmu ekonomi yang memiliki peran dalam menganalisa beberapa bagian kecil secara individu dari seluruh kegiatan suatu perekonomian.

Pokok isu yang dianalisa dalam teori mikro ekonomi yaitu bagaimana cara menggunakan berabgai faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimalkan. Analisis ini dibuat berdasarkan beberapa pemikiran seperti yang tercantum dibawah ini

  • Keinginan atau kebutuhan masyarakat terbatas
  • Kemampuan beberapa faktor produksi dalam menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi permintaan masyrakat sangatlah terbatas

Pada hakikatnya, teori ekonomi bertolak belakang pada pemisalan bahwa beberapa faktor produksi dapat tersedia dan selalu sepenuhnya dapat digunakan. Keadaan inilah yang mendorong masyarakat untuk memikirkan bagaimana metode yang paling efisien dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi.

Ekonomi Makro

Contoh Ekonomi Makro

galatea.mx

Kata makro berasal dari bahasa inggris yakni macro yang berarti besar. Teori ekonomi makro mempelajari tentang cara bagaimana membuat analisa berdasarkan kegiatan suatu perkonomian melalui sudut pandang yang berbeda. Begitu pula dengan analisis makro ekonomi, secara agregat analisis ini memuat terhadap keseluruhan dalam suatu kegiatan perkonomian Analaisisnya bersifat tidak memerhatikan kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh sekumpulan unit-unit kecil dalam perkonomian.

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro dalam Bentuk Tabel

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro dalam Bentuk Tabel

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: