_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Kupas Tuntas Pengertian Scanner dan Fungsinya Secara Lengkap

PENGERTIAN SCANNER – Scanner yakni sebuah alat yang berfungsi untuk menyalin gambar atau teks yang kemudian hasilnya akan disimpan ke dalam harddisk fotocpy. Sama halnya dengan fotocopy, scanner juga berfungsi sebagai penyalin sekaligus pencetak gambar dalam sekali waktu.

Perbedaan antara scanner dan fotocopy hanya terletak pada hasil yang ditampilkan, biasanya fotocopy hanya bisa menyalin dan mencetak tanpa harus ditampilkan dalam layar monitor.

Selain itu, keunggulan dari scanner jika hasilnya ditampilkan dalam monitor adalah kita bisa melakukan modifikasi perbaikan, baik itu dirubah menjadi teks ataupun gambar.

Baca Juga :  Kupas Tuntas Berbagai Jenis Keyboard dari Masa ke Masa

Salah satu scanner yang berfungsi sebagai mengkoreksi dan mendeteksi lembar jawaban komputer adalah Scanner OCR atau singkatan dari Optical Character Recognition. Scanner berjenis ini dapat mengenali coretan pensil 2B secara tepat dengan lampu sensornya atau biasa disebut dengan optik.

Inovasi mesin scanner kini jauh lebih berkembang cepat dan pesat. Berbagai merek ternama sudah mulai beredar di dunia pasaran Internasional, misal Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark dan masih banyak lagi. Perkembangan scanner bermula pada tahun 1975, saat itu Ray Kurzweil beserta timnya menciptakan sebuah alat pemindai sederhana yang bernama Kurzweil Reading Machine beserta softwarenya, yakni Omni-Font OCR (Optical Character Recognition) Technology.

 

Sejarah Scanner

Sejarah Scanner

plus.google.com

Dengan software tersebut, Kurzweil Reading Machine dapat mengenali teks yang  terdapat pada objek dan selanjutnya akan diterjemahkan menjadi sebuah data berbentuk teks. Hingga akhirnya lahirlah sebuah alat pemindai yang bernama CT Scanner di penghujung tahun 1943. CT Scanner ini mampu menyalin atau memindai seluruh tubuh daru ujung kaki sampai ujung rambut. Penemuan scanner pada hakikatnya sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi fotokopi, optical machine bahkan fotografi.

Cara Kerja Scanner

Cara Kerja Scanner

satriarefill.wordpress.com

Saat pengguna menekan tombol mouse untuk memulai scanning, mesin scanning akan menggerakkan pengendali kecepatan scanning yang nantinya akan diproses ke unit scanning.

Baca Juga : Tutorial Lengkap Cara Shutdown Otomatis di Windows 7 / 8

Kemudian unit scanning akan memposisikan proses pengiriman ke jalur yang sesuai untuk segera langsung dimulainya scanning. Lampu indikator yang menyala menandakan bahwa scanning bisa langsung dimulai.

Setelah lampu indikator pada scanner menyala, maka proses scan dapat dinyatakan selesai. Hasil dari scanning dapat dilihat di layar monitor komputermu. Teks atau gambar yang sudah di scan bisa dimodifikasi dengan software pengolah gambar lain yang ada.

Cara penggunaan scanner

Ada dua cara dalam penggunaan scanner yaitu :

1. Hand Held Scanner

Hand Held Scanner

blog.cimtecautomation.com

Dalam pemakaiannya, scanner ini menggunakan tangan untuk menggerakkan scanner dalam memindai objek yang akan di scan. Hand held scanner sering digunakan oleh pasar modern seperti, supermarket dan minimarket untuk memindai harga barang yang terletak pada kode barcode.

2. Flat Bed Scanner

Flat Bed Scanner

conrad.com

Cara menggunakan scanner ini hanya dengan meletakkan objek yang akan discan pada posisi antara lensa dengan cover. Biasanya, flat bed scanner sering digunakan untuk memindai dokumen, teks, gambar di lingkungan perkantoran.

Jenis-Jenis Scanner

Bebebapa jenis scanner yang sering digunakan dalam kegiatan manusia sehari-hari yaitu:

1. SCANNER DMR

 Scanner DMR

paxtons.com.au

Beberapa developer di hampir seluruh pabrikan scanner dunia saat ini telah memproduksi sebuah scanner yang berteknologi DMR atau singkatan dari Digital Mark Reader.

Sistem kerja yang dimiliki scanner DMR hampir sama dengan scanner pada umumnya. Hanya saja scanner DMR mempunyai keunggulan berupa pendeteksian huruf selain menggunakan pensil 2B seperti pulpen dan spidol meskipun menggunakan kertas biasa.

2. Scanner Pena

Scanner Quicklink

kvfybw.fav.cc

Hampir baru-baru ini ada sebuah scanner yang berbentuk pena atau disebut dengan Quicklink yang dirilis oleh Wizcom Technologies. Scanner berukuran pena ini dapat memindai hingga 1.000 halaman berformat teks. Kemudian hasil dari pemindaian tersebut ditransfer ke sebuah komputer pribadi (PC).

Quicklink hanya memiliki ukuran yang panjangnya hanya enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Sehingga scanner tersebut dapat membantu pekerjaan manusia lebih cepat daripada scanner pada umumnya.

3. Barcode Scanner

Scanner Barcode

barcode.com

Barcode scanner adalah  sebuah alat yang berfungsi untuk memindai symbol dan merubah kodebar menjadi sebuah data elektrik. Kemudian data tersebut akan dikirimkan kemputer dalam bentuk format data yang sederhana.

Terdapat 4 jenis barcode reader populer yang sering digunakan oleh sejuta umat di dunia, yakni scanner berjenis Pen Type Readers, Laser Barcode Scanner, CCD Barcode Scanner serta Camera Based Barcode Readers.

4. Scanner Sinar-X

Scanner Sinar X

diytrade.com

Scanner sinar X berfungsi sebagai pemindai sebuah benda dengan menggunakan sinar rontgennya. Scanner sinar X memanfatkan pancaran gelombang elktromagnetik sejenis gelombang radio dan ultraviolet untuk bisa menembus benda-benda dalam menghasilkan foto x ray.

Sinar x biasanya berfungsi untuk mendiagnosis gambar medikal dan kristalogi. Sehingga tak heran jika kamu berada di dalam rumah sakit, kamu bisa menemui scanner sinar x yang digunakan untuk memindai kondisi tulang.

5. Scanner Logam

Scanner Logam

spymodong.com

Scanner logam adalah scanner yang berfungsi untuk memindai sebuah kandungan logam yang terkandung dalam sebuah benda. Jika kamu berada di pusat perbelanjaan, maka kamu dapat menemui scanner logam ini. Biasanya scanner logam digunakan oleh pihak keamanan/security untuk mengawasi setiap pengunjung terkait dengan pengamanan.

Selain dari jenis – jenis scanner diatas, masih ada beberapa scanner lain yang  sering digunakan oleh sebagian orang, yakni scanner cek dan scanner 3 dimensi

Baca Juga : Cara Membersihkan Kipas Laptop yang BenarPengertian KomputerPengertian BrainwarePengertian HyperlinkPengertian ChattingPengertian Firewall

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: