_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

PENGERTIAN KOMPUTER – Dalam situs Wikipedia, pengertian komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang sudah dirumuskan. Awalnya, kata computer dipergunakan dalam penggambaran seseorang yang melakukan pekerjaan menghitung seperti aritmatika, baik menggunakan alat bantu maupun tidak.

Namun arti kata tersebut kemudian berpindah kepada mesin komputer itu sendiri. Usut punya usut, awal mula pengolahan informasi hampir berhubungan dengan permasalahan aritmatika. Anehnya, komputer modern malah digunakan untuk menyelesaikan banyak tugas yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan aritmatika bahkan matematika.

Balik lagi ke pengertian komputer. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata computer juga digunakan dalam bahasa Inggris yang berarti “orang yang menghitung” pada tahun 1646.

Selanjutnya, menjelang 1897 kata computer kembali digunakan sebagai “alat hitung mekanis” selama Perang Dunia II. Sebenarnya, kata tersebut merujuk pada wanita Amerika Serikat dan Inggris yang bekerja menghitung jalan artileri perang dengan menggunakan mesin hitung.

Sejarah Perkembangan Generasi Komputer

Jika dilihat dari tahun ke tahun, perkembangan komputer sangatlah cepat. Hal ini tak lepas dari banyaknya para cedekiawan di seluruh dunia yang turut berkontribusi dalam pengembangan komputer untuk masa depan dunia yang lebih baik. Berikut ini beberapa sejarah perkembangan generasi komputer yang berawal dari zaman Perang Dunia II sampai dengan saat ini.

1. Pengertian Komputer Generasi Pertama

Pengertian Komputer Generasi Pertama

ciceros-pillar.com

Dengan terjadinya peristiwa Perang Dunia II, beberapa negara yang turut andil dalam perang tersebut pun juga terlibat dalam pengembangan sebuah komputer yang berfungsi untuk mengeksploitasi potensi strategis pada komputer.

Singkat cerita, ENIAC merupakan sebuah komputer generasi pertama di dunia. Komputer elektronik ini memiliki bobot seberat 30 ton ! dengan panjang sekitar 30 meter dan tinggi yang mencapai 2.4 meter ! Woww 😀 . Tidak heran jika komputer seberat dan sebesar itu membutuhkan daya listrik sebesar 174 kW.

Memanfaatkan tabung hampa udara yang terbuat dari kaca penguat sinyal, rupanya komputer generasi pertama ini masih mempunyai kelemahan. Kendala dari komputer generasi pertama ini yaitu mudah pecah dan cepat panas di tiap bagian komponennya.

Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama

  • Komputer generasi ini masih terlalu banyak mengerluarkan panas.
  • Tabung hampa udara (vacum tube) masih digunakan untuk pemasangan komponen elektroniknya.
  • Program yang dibuat masih tersimpan dalam memori komputer berupa bahasa mesin (machine language).
  • Butuh kekuatan listrik yang besar untuk mengoperasikannya.
  • Kapasitas penyimpanan data masih sangat kecil dan terbatas
  • Prosesnya relatif berjalan lambat
  • Bentuk dan ukurannya yang sangat besar membuat komputer ini harus diletakkan di ruangan yang lumayan lebar pula.
  • Aplikasi bisnis menjadi orientasi utama
  • Sistem magnetic tape dan magnetic disk mulai digunakan.

2. Pengertian Komputer Generasi Kedua

Pengertian Komputer Generasi Kedua

ciceros-pillar.com

Komputer generasi kedua mulai dirilis pada tahun 1960. Perkembangan komputer saat itu masih sangat dipengaruhi dengan penemuan tansistor. Pada tahun 1956, transistor mulai digunakan pada komputer.

Sejak saat itulah, penggunaan tabung hampa udara pada komponen komputer generasi pertama mulai diganti dengan transistor yang dapat mengubah semua ukuran mesin-mesin elektrik.

Beberapa penemuan lain seperti memori inti-magnetik membantu komputer generasi kedua untuk lebih memperkecil ukurannya. Selain mampu memperkecil ukuran, inti -magnetik juga dapat diandalkan dalam segi kecepatan dan hemat energi dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua

  • Dapat membuat sebuah bahasa pemrograman dengan bahasa tingkat tinggi atau dalam bahasa Inggris disebut dengan high level language, seperti FORTRAN, COBOL dan ALGOL.
  • Memori utama sudah memiliki kapasitas yang lumayan besar
  • Sirkuitnya terbuat dari transistor
  • Ukurannya lebih kecil daripada komputer generasi pertama
  • Hemat listrik dibandingkan komputer generasi pertama
  • Berorientasi pada aplikasi bisnis dan teknik
  • Proses operasi relatif cepat dibandingkan generasi pertama.

3. Pengertian Komputer Generasi Ketiga

Pengertian Komputer Generasi Ketiga

computerhistory.org

Muncul pada era 1965 sampai 1971, perkembangan amat pesat mulai tejadi pada komputer generasi ketiga. Saat itu, penggunaan transistor dianggap kurang efisien oleh para ilmuwan. Oleh karena itu, mereka mencari alternatif lain dengan menggunakan baru kuarasa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Quartz Rock.

Seorang Insinyur Texas Instrument, Jack Kilby mengenmbangkan sebuah sirkuit yang terintegrasi (Integrated Circuit:IC) pada tahun 1958. Hal inilah yang mempengaruhi inovasi komputer generasi ketiga semakin mendongkrak.

4. Pengertian Komputer Generasi Keempat

Pengertian Komputer Generasi Keempat

imgkid.com

Perkembangan komputer generasi keempat semakin jelas berkat ditemukannya IC pada tahun 1971. Saat itu, chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam pengembangan teknologi di dunia IC.

Intel berhasil meletakkan semua komponen yang ada pada satu komputer seperti CPU, memory dan kendali input/output ke dalam sebuah chip tunggal yang berukuran amat kecil.

Jika sebelumnya IC digunakan pada pekerjaan yang hanya tertentu saja, namun pada komputer generasi keempat mikroprosesor justru dapat menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan oleh manusia.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Keempat

  • Komputer mikro mulai dikembangkan dengan menggunakan chip berupa micro-processor dan semi-conductor untuk memori komputer
  • Large Scale Integration mulai digunakan pada komputer generasi keempat.

5. Pengertian Komputer Generasi Kelima

Pengertian Komputer Generasi Kelima

tophdgallery.com

Komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan saat ini. Dimana pada komputer generasi kelima ini ditandai dengan munculnya Large Scale Integration yakni pemadatan ribuan micro-processor ke dalam sebuah micro-processor juga.

Beberapa perusahaan yang memproduksi micro-processor yaitu Intel Corporation, Zilog, Motorola dan lain-lain. Di pasaran kita bisa melihat berbagai macam model micro-processor yang terjual, seperti model 4004, 8088, Pentium dan sebagainya.

Intel Coporation berhasil merilis komputer pentium 4 pada tahun 2003. Intel mengharapkan komputer pentium 4 ini dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, seperti kecepatan yang stabil dan penampilan gambar yang semakin halus dan tajam.

Terkait :

Pengertian Brainware

Pengertian Hyperlink

Pengertian Chatting

Pengertian Firewall

Pengertian Scanner

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: