_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Pengertian Hyperlink Lengkap Beserta Contohnya

PENGERTIAN HYPERLINK –   Hyperlink biasanya sering digunakan untuk menunjukan lokasi tertentu, seperti dari teks atau objek yang lainnya. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa file, gambar, software, dokumen, halaman web dan lain sebagainya.

Makna lain dari definisi hyperlink yaitu suatu teks yang akan mengarahkan pengguna untuk menuju ke tampilan dokumen bahkan halaman lain. Hyperlink sering kita kenal dengan sebutan link, jika kita klik pada suatu teks atau gambar mengandung hyperlink pada halaman website otomatis kita akan diarahkan pada halaman yang lain.

Fungsi dari Hyperlink

Hyperlink Adress Bar

wisegeek.com

Hyperlink berfungsi untuk memudahkan pengunjung pada suatu web dalam menelusuri berbagai informasi yang ada pada suatu website. Selain itu, link juga berguna untuk menghubungkan antar dokumen HTML.

Pengertian Hyperlink Menurut Berbagai Sumber

Tiap orang pastinya memiliki sudut pandangan berbeda dalam berbagai istilah, tak terkecuali Hyperlink. Berikut ini adalah beberapa pengertian mengenai hyperlink yang bisa kamu pelajari.

1. Pengertian Hyperlink menurut Buku Cara Mudah Menguasai Google Docs

Hyperlink atau bisa disebut dengan link merupakan sebuah teks yang dapat menuntun para pengunjung atau visitor untuk menuju ke alamat URL tertentu.

2. Pengertian Hyperlink menurut Buku Paket TIK Kelas 12 SMA

Dalam buku tersebut, hyperlink merupakan teks atau gambar yang menuju suatu halaman atau alamat tertentu.

3. Pengertian Hyperlink dalam Buku Desain Web dengan Ms Front Page 97

Hyperlink atau pengertian dari hyperlink yakni hubungan antara page WWW (World Wide Web) dengan file pada WWW. Tujuan Hyperlink umumnya berupa page. WWW lainnya, namun bisa juga berbentuk file mulitimedia bahkan software/pemrograman.

4. Pengertian Hyperlink menurut Wikipedia Indonesia

Dalam bahasa Indonesia hyperlink disebut juga dengan Pranala, yakni sebuah acuan pada suatu dokumen hypertext dari dokumen ke dokumen dan sebagainya.

Dari beberapa kumpulan pengertian hyperlink tersebut, dapat disimpulkan bahwa hyperlink merupakan suatu teks ataupun gambar pada halam website itu sendiri yang berfungsi sebagai penghubung antara halaman yang satu dengan halaman lainnya.

Selain itu, hyperlink juga dapat menghubungkan halaman website yang satu dengan halaman websiter yang lain. Disisi lain fungsinya yang berguna sebagai pengait halaman, hypperlink juga mampu mengaitan halaman yang berformat file program bahkan multimedia.

Secara umum, hyperlink dapat dipasang dalam format teks maupun gambar. Dalam suatu halaman web, penggunaan hyperlink secara teks akan menyebabkan teks tersebut berwarna biru atau biasanya terdapat garis bawah.

Gambar yang didalamnya terdapat hyperlink pastinya tidak akan bisa dibedakan secara visual, namun jika kita arahkan pointer (hover) di atas gambar maka pointer tersebut akan berubah tampilan.

Cara Membuat Hyperlink Sederhana pada Halaman HTML

Cara Membuat Hyperlink Sederhana

indoeuropeen.blogspot.com

Hyperlink pada HTML berbentuk tag <a>, penulisan hyperlink secara default pada halaman HTML adalah sebagai berikut:

<a href=”URL”>Anchor Text</a>

Contoh:

<a href=”http://www.wizamisasi.com”>WIZAMISASI.COM</a>

Hasil:

WIZAMISASI.COM

Macam-Macam Atribut Hyperlink Beserta Contohnya

Macam Macam Hyperlink

hyperlink.co.uk

Tag hyperlink memiliki atribut-atribut penting yang dapat kamu gunakan untuk membuat link yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Dibawah ini beberapa macam atribut Tag Hyperlink adalah sebagai berikut.

1. Charset

Pembuatan link dokumen dengan menggunakan karakter set yang spesifik. Value yang digunakan yaitu char_encoding

Contoh:

<a charset=”UTF-8″ href=”http://www.wizamisasi.com”>WIZAMISASI.COM</a>

2. Coords/Coordinates

Pembuatan link dengan menentukan koordinat atau posisi link tersebut umumnya menggunakan link berbentuk gambar. Dalam hal ini value yang digunakan yaitu coordinates

Contoh:

<a href=”wizam.htm” shape=”rect” coords=”0,0,82,126″>Wizam</a>

 

3. Download

Apabila user mengklik hyperlink sejenis tag ini maka file target tidak akan tampil pada browser namun muncul langsung sebuah file yang akan didownload pada komputer. Value yang digunakan yaitu ekstensi file

Contoh:

<a href=”http://www.wizamisasi.com/contoh-gambar.jpg” Download>

4. Href

Pembuatan link ini berfungsi untuk menghubungkan antara text dengan halaman website yang lain. Value yang digunakan yaitu URL

Contoh:

<a href=”http://www.wizamisasi.com”>WIZAMISASI.COM</a>

5. Hreflang

Berfungsi sebagai penjelas bahasa yang digunakan pada suatu halaman. Value yang digunakan adalah language_code

Contoh:

<a href=”http://www.wizamisasi.com” hreflang=”en”>WIZAMISASI.COM</a>

6. Name

Berfungsi untuk menentukan nama dari anchor text yang dipadukan dengan penggunaan atribut id

Contoh:

id atribut <a href=”#C4″>Chapter 4</a>
name anchor <a name=”C4″>Chapter 4</a>

7. Rel

Berfungsi untuk menentukan hubungan antara dokumen yang baru saja digunakan dan dokumen terkait. Value yang digunakan dalam tag ini yaitu alternate, author, bookmark, help, license, next, nofollow, noreferrer, prefetch, prev, search, tag

Contoh:

<a href=”http://www.wizamisasi.com rel=”nofollow”>WIZAMISASI.COM</a>

8.Target

Berfungsi untuk menentukan bagaimana agar link dokumen dibuka dengan berbagai cara. Value yang digunakan yaitu _blank, _parent, _self, _top

Contoh:

<a href=”http://www.wizamisasi.com” target=”_blank” >WIZAMISASI.COM</a>

9. Type

Berfungsi sebagai penentu jenis media dokumen yang sedang digunakan. Value yang dipakai yaitu media_type

Contoh:

<a href=”http://www.wizamisasi.com” type=”text/html”>WIZAMISASI.COM</a>

 

Terkait:

Pembahasan Secara Lengkap Sejarah dan Pengertian Wireless

Pengertian Chatting Beserta Manfaat dan Dampak Buruknya

Kupas Tuntas Pengertian Scanner Secara Luas dan Lengkap

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: