_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Pengertian CPU dan Fungsinya

PENGERTIAN CPU – Manusia pastinya memiliki otak, fungsi dari otak manusia itu sendiri tentunya digunakan untuk berpikir dan mengkoordinasikan semua gerakan dalam kegiatan manusia. Sama halnya dengan komputer, perangkat ini juga memiliki sebuah otak yang berfungsi untuk mengkoordinasikan semua fungsi dalam suatu komputer.

Otak dari komputer itu sendiri adalah processor atau biasa disebut dengan Central Processing Unit. Tanpa otak, manusia mati. Begitu pula tanpa processor, komputer tak akan bisa hidup. Saat menggunakan komputer, processor selalu dijalankan mulai awal hingga akhir dalam pemakaian komputer itu sendiri.

Apapun jenis komputer yang digunakan, apakah komputer desktop, server, atau laptop, processor tetaplah diperlukan dalam setiap pemakainannya. Dalam dunia perkomputeran, sangatlah banyak sekali berbagai merk processor yang kini selalu ter-up-to-date di pasaran. Namun dari sekian banyak merk itu, ada beberapa merk processor yang paling laris dipasaran yakni AMD dan Intel.

BACA JUGA : FUNGSI CPU

Jadi, processor yang lebih dikenal sebagai CPU ini bisa dibilang sebagai sebuah mesin yang fungsinya melakukan komputasi. Sebenarnya, processor sendiri merupakan mesin paling canggih mesikpun dipaket dalam bentuk satu chip yang terpisah.

1. Sejarah Processor/CPU

Pengertian Processor

web.stanford.edu

Processor sendiri perkembanganya sudah terbilang lumayan cukup lama. Termasuk Intel itu sendiri yang dianggap sebagai produsen processor pertama di dunia. Intel tercatat pernah mengeluarkan versi intel 4004 di tahun 1971. Processor pertama ini sebenarnya hanya bisa melakukan fungsi-fungsi sederhana, seperti penambahan dan pengurangan.

Intel 4004 juga hanya bisa melakukannya dengan kapasitas 4 bit. Di masa itu, mungkin itu sudah menjadi hal yang luar biasa. Karena processor tersebut sudah dipaket dalam satu chip kecil yang ringan dibawa. Karena sebelumnya untuk melakukan hal yang sama, para pengembang belum bisa mem-back dalam 1 chip.

Mereka harus mengonfigurasi banyak chip sekaligus atau membuat rangkaian besar dari berbagai komponen seperti transistor yang dihubungkan satu dengan lainnya. Intel 4004 ini termasuk processor pertama yang bisa di pack dalam 1 chip kecil.

2. Apa isi Processor/CPU?

Pengertian Processor

atmind.nl

Secara teknis, isi processor merupakan sebuah rangkaian sirkuit yang terintegrasi dan sudah dipaket ke dalam bentuk compact dan amat kecil. Chip ini ukurannya sangat kecil dan tipis. Di dalamnya terdapat sebuah silikon yang ditanamkan transistor ke dalam CPU. Transistor-transistor inilah yang akan menyusun sebuah rangkaian dari mikropocessor tersebut.

Ternyata, dalam satu chip processor berukuran mini bisa mengandung puluhan juta trasnsistor  !

Padahal CPU itu hanya seluas satu inci persegi. Processor yang sederhana (seperti ponsel) mungkin hanya berisi ribuan transistor dengan ukuran hanya beberapa milimeter persegi.

3. Cara Kerja Processor/CPU

Pengertian Processor

wikimedia.org

Processor sebenarnya merupakan perpaduan dari perangkat lunak dan perangkat keras juga. Software dalah perangkat lunak itu sendiri yang menangani proses-proses yang dilakukan oleh processor tersebut dengan menggunakan bahasa assembly. Bahasa assembly merupakan bahasa native yang khusus hanya untuk processor itu sendiri. Bahasa assembly memang sulit dimengerti dan merupakan bahasa tingkat rendah dalam dunia pemrograman. Namun dibalik semua itu, bahasa assemby juga memiliki keunggulan diantaranya adalah kecepatan pengeksekusian processor lebih cepat dibandingkan dengan coding yang menggunakan bahasa pemrograman tinggi, seperti bahasa C. Bahasa assembly menggunakan representasi simbolik kode numerik dari mesin. Jadi bahasa ini memang lebih sulit untuk dipahami untuk manusia (apalagi saya sendiri hehe). Hanya beberapa pakar yang benar-benar ahli saja yang bisa memahami bahasa assembly dan pemrogramannya. Tiap instruksi di bahasa assembly biasanya langsung berhubungan dengan instruksi mesi di processor tertentu. Seluruh kode sumber (source code) dari bahasa assembly terdiri dari bebrapa nomor, tidak jarang jika beberapa progammer pun terkadang mengalami kesulitan untuk membacanya.

Pengertian Processor

pixabay.com

Saat processor bekerja, beberapa instruksi yang diperintahkan akan dieksekusi oleh processor dalam pengoperasiannya, Berdasarkan instruksinya, ada 3 jenis operasi yang dilakukan oleh processor yaitu:

  1. Memanfaatkan bagian processor bernama ALU (Arithmetic Logic Unit), sehingga processor dapat melakukan operasi matematika seperti penambahan, pengurangan, pengalian dan pembagian.
  2. Memindahkan data dari satu lokasi memory ke lokasi lainnya.
  3. Processor dapat melukan pengambilan keputusan dan melompat ke instruksi lain berdasarkan keputusan yang telah dibuat.

Ada banyak fitur canggih lain dari processor. Namun secara garis besar, 3 aktivitas dasar diatas merupakan fungsi dasar dari komputer dan processor itu sendiri. Apa saja yang Mempengaruhi Performa Processor? Yang berpengaruh penting diantaranya adalah jumlah transisto yang ada di processor tersebut. Dengan bertambahnya transistor, akan ada faktor penggali yang meningkatkan kecepatan processor. Processor-processor modern juga memiliki dekoder instruksi multiple yang dilengkapi dengan jalurnya sendiri. Tentunya ini memungkinkan aliran instruksi digandakan artinya kecepatannya pemrosesan di processor pun lantas meningkat. Saat ini processor yang ada di pasaran sudah menggunakan sistem ALU 32 bit dan ada juga yang menggunakannya dengan versi yang berbeda yaitu 64 bit. Selain itu, processor modern juga memiliki fitur tambahan, seperti MMX, HyperThreading, 3D Now dan sebagainya. Tidak heran jika processor merk saat ini lebih boros transistor. Hampir sekitah puluhan juta atau lebih transistor yang terkansung di dalam processor untuk bisa memproses triliunan instruksi per detik !

4. Kecepatan Processor/CPU

Pengertian Processor

ophtek.com

Setiap processor pastinya memiliki kecepatan masing-masing sesuai dengan spek yang ada di dalamnya. Kecepatan yang ditampilkan itu sebenarnya adalah kecepatan maksimum dari processor itu sendiri. Jadi, processor tersebut akan bekerja pada kecepatan yang tepat atau terkadang dibawah kecepatan itu sendiri. Misal, kamu melihat spesifikasi processor 4GHz yang artinya processor tersebut memiliki kecepatan maksimal sebesar 4GHZ. Pengembang dari processor tersebut juga menjamin bahwa apabila kecepatannya 4GHz maka processor akan tetap berjalan normal tanpa error sama sekali. Ada 2 hal yang mempengaruhi kecepatan processor:

  1. Adanya delay transmisi chip
  2. Adanya panas chip

Delay transmisi ada di kabel-kabel yang ada di chip. Kabel ini sangatlah kecil ukurannya. Kabel ini terbuat dari aluminium atau tembaga yang ditanamkan ke dalam sebuah silikon. Kabel ini sangan berpengaruh di chip, karena processor sebenarnya hanya berisi transistor dan kabel-kabel di dalamnya. BACA JUGA : Cara Memperbaiki Keyboard Fungsi transistor yaitu sebagai switch on/off. Ketika switch tersebut berpindah dari posisi on ke off, atau sebaliknya, maka switch itu harus mengosongkan isi kabel yang menghunbungkan transistor dengan transistor lain. Misalnya saat posisi on, kabel antar transistor akan berisi banyak elektron. Ketika di off-kan, beberapa elektron yang terdapat pada transistor ini harus dikurangi dalam beberapa waktu. Semakin besar kabel, semakin lama waktu yang diperlukan untuk mengosongkan elektron. Karena ukuran beberapa kabel di processor modern cenderung semakin mengecil, maka waktu untuk mengubah kondisi ini juga semakin cepat. Namun tetap ada batasnya, dan inilah waktu yang membatasi kecepatan processor.

Pengertian Processor

pixabay.com

Ada juga jumlah waktu minimum yang diperlukan transistor untuk mengubah konsidi dari on ke off, atau sebaliknya. Selain itu karena transistor dirangkaikan, delay tersebut akan bertambah. Semakin panjang transistor yang dirangkaikan akan semakin lama pula delay dimiliki. Faktor kedua penghambat kecepatan adalah panas. Tiap kali transistor mengubah kondisinya, ada energi listrik yang keluar. Karena energi listrik inilah yang menyebabkan transistor menjadi panas. Semakin kecil ukuran transistor, jumlah energi panas yang dikeluarkan akan mengecil. Namun tetap ada panas yang dikeluarkan. Semakin cepat processor terkadang juga menyebabkan kecenderungan pengeluaran panas yang semakin cepat. Panas yang dihasilkan ini akan bertambah jika tidak didinginkan dan akhirnya membatasi kecepatan processor. Jadi misalnya processor dipakasa untuk bekerja keras melalui overclock (menaikkan kecepatan CPU secara pemaksaan), kamu harus menambahkan pendingin tambahan, karena pendingin yang ada biasanya hanya didesain untuk kerja processor yang normal. Untuk itu, agar tidak overheat diperlukan pemanas tambahan. Untuk mengetahui kecepatan processor, kamu bisa melakukan langkah berikut ini di Windows 7-mu:

  1. Klik Start Button.
  2. Pilih Control Panel, klik System
  3. Muncul System Properties, klik tab General. Disitu terlihat jenis processor dan kapasitasnya.

Processor sebenarnya termasuk dalam perangkat yang awet alias jarang rusak, Terlebih jika kamu mengoperasikan processor sesuai dengan yang seharusnya, yaitu menjaga suhunya agar tidak terlalu panas. Misal kita harus menyiapkan kipas pendingin untuk laptop sehingga panas yang ada di processor dapat dibuang dengan segera. Apakah ada perbedaan antara processor yang diproduksi oleh berbagai produsen, seperti Intel atau AMD? Sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaanya. Ibaratnya seperti sebuah mobil, maka tidak ada perbedaan mencolok antara mobil buatan Toyota dan Honda. Menurut benchmark, sebenarnya kedua produsen baik Intel atau AMD selalu membuat processor yang hampir sama kulitasnya untuk mengisi segmen pasar processor, baik low, middlle, atau high-end. Hanya saja AMD biasanya harganya memang sedikit lebih murah dibawah Intel. Hal ini wajar karena AMD sendiri popularitasnya masih berada di bawah Intel.

5. Overclock

Pengertian Processor

pixabay.com

Salah satu yang berkaitan erat dengan dunia processor adalah overclock. Popularitas overclock saat ini semakin meningkat, terutama bagi kalangan penggemar teknologi dan gaming. Salah satu aspek mengapa overclocking populer adalah karena kamu bisa meningkatkan performa processor tanpa biaya tambahan sehingga hal ini leboh mengirit dibandingkan harus upgrade processor baru. Overclocker dapat menambah kecepatan clock processor sehingga kecepatannya sama seperti processor yang lebih tinggi. Memang overclocking ini berisiko, namun jika overclocknya tidak terlalu tinggi maka ini masih bisa dianggap logis dan realistis. BACA JUGA : Kupas Tuntas Berbagai Jenis Keyboard dari Masa ke Masa Produsen processor memang menyadari adanya peluang dalam penyalahgunaan processor untuk di-overclock. Produsen pun juga berusaha untuk menghentikannya dengan memberi penghalang untuk overclock, seperti penguncian clock sehingga clock ini tidak bisa diutak-atik, Namun cara ini juga masih dibilang kurang efektif karena jika di clock/dikunci maka permintaan processor di pasaran akan menurun. Memang pengguna komputer cenderung menyukai processor yang tidak dikunci. Namun masih banyak cara untuk meng-overclock processor mulai dari mengatur konfigurasi motherboard sampai ke pendinginan.

6. Pengaturan Motherboard

Pengertian CPU

hardwaresecrets.com

Termasuk yang sering dilakukan oleh overclocker adalah mengatur multiplier dari processor dan kecepatan FSB dari motherboard secara perlahan hingga ditemukan performa yang stabil. Jadi, memang dicoba sedikit demi sedikit apakah performa stabil atau tidak?

BACA JUGA : Beli Motherboard Dulu atau Processor Dulu?

Di kebanyakan sistem, nilai multiplier processor, FSB motherboard dan voltase dapat diatur. Pengaturannya bermacam-macam, bisa melalui switch, jumper motherboard hingga pengaturan via Bios. Merek dan model motherboard terkadang sangat mempengaruhi kemudahan para pengguna untuk melakukan overclocking. Kebanyakan motherboard mendukung overclocking mempunyai batas yang berbeda-beda.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: