Pengertian, Ciri ciri, Macam macam Gurindam Secara Singkat dan Lengkap

Ad Blocker Detected

Mohon Non-Aktifkan Ad Blocker Demi Perawatan dan Penambahan Konten Secara Berkala Dalam Situs Ini. Atas Perhatiannya Terima Kasih :)

Secara eksplisit, pengertian gurindam adalah karya sastra melayu lama, terdiri atas dua bait mempunyai sajak dan rima (seperti puisi). Menurut KBBI atau singkatan Kamus Besar Bahasa Indonesia, gurindam merupakan sajak yang terdiri dari dua baris didalamnya terdapat nasihat dan petuah.

Pengertian Gurindam

Sejarah adanya gurindam berawal dari seorang sastrawan Hindu, yang mana pada saat itu ia sedang terinspirasi dengan bidang sastra Hindu. Oleh karena itu, tak heran jika kata gurindam sendiri berasal dari bahasa Tamil (India) yakni kata karimdam, yang berarti permulaan atau perumpaan.

Pada baris pertama gurindam, berisi persoalan, perjanjian, masalah atau syarat. Kemudian baris kedua gurindam berisi jawaban atau dampak dari masalah yang timbul di baris pertama.

Intinya, gurindam berisi kalimat sebab-akibat. Biasanya juga berisi petuah atau nasehat agar kehidupan manusia senantiasa berada di jalan yang benar. Setiap bait gurindam mengandung pesan moral yang berbeda-beda.

Ciri-ciri Gurindam

Ciri ciri gurindam

Sebelum mempelajari gurindam lebih mendalam lagi, tak ada salahnya jika kamu pelajari ciri-ciri syair terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar kamu mampu membedakan antara ciri-ciri syair dan ciri ciri pantun.

  • Tiap baris mempunyai arti yang salang berhubungan, antara sebab dan akibat
  • Tiap baris gurindam memiliki 10 hingga 14 kata
  • Baris kedua merupakan isi dan maksud dari gurindam
  • Gurindam terdiri atas 2 larik (baris) di tiap baitnya
  • Gurindam biasanya membahas tentang berbagai nasehat, filosofi hidup dan kata-kata mutiara.
  • Gurindam bersajak a-a, b-b, c-c dan seterusnya

Perbedaan Gurindam dan Pantun

Sebagaimana yang telah kita ketahui di atas, bahwasanya gurindam nyaris sama dengan pantun. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak perbedaan gurindam dan pantun.

  • Pantun memiliki pola sajak a-b-a-b, sementara gurindam memiliki pola saja a-a-a-a
  • Pantun terdiri atas 4 baris, sementara gurindam hanya 2 baris saja
  • Sajak gurindam saling berhubungan dengan larik (baris) lainnya membentuk sebuah kalimat majemuk yang tidak dapat dipisahkan antara sebab dan akibat.
  • Baris pertama gurindam terdapat beberapa masalah, persoalan atau permulaan. Kemudian dilanjutkan dengan baris kedua yang berisi jawaban, solusi atau dampak yang timbul dari baris pertama

Macam-macam Gurindam

Apabila ditinjau dari segi barisnya, gurindam dibedakan menjadi dua macam. Yakni gurindam berangkai dan gurindam berkait. Simak penjelasannya di bawah ini.

Gurindam Berangkai

Merupakan gurindam yang memiliki persamaan kata di tiap bait baris pertama.

Gurindam Berkait

Merupakan gurindam yang didalamnya terdapat keterkaitan antara bait pertama dengan bait berikutnya dan begitu seterusnya.

Nah, saat ini kita sudah paham apa itu pengertia, ciri-ciri dan macam-macam gurindam. Semoga penjelasan di atas dapat membantumu dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia 🙂

Terkait

One Response

  1. mapemall.com

Leave a Reply