Pengertian Chatting dan Fungsinya

Memasuki era teknologi masa kini, berbagai fasilitas penyebaran media informasi semakin bermunculan secara cepat dan mudah. Salah satu fasilitas media komunikasi sekaligus tempat bertukarnya informasi yang paling populer dan paling banyak digunakan masyarakat adalah chatting.

Seiring laju perkembangan zaman, hampir setiap orang dari berbagai kalangan menggunakan media chatting setiap harinya, khususnya kalangan anak muda. Tak jarang mereka bahkan memanfaatkan media chatting ini secara terus-terusan bahkan sampai lupa waktu saking ketagihannya.

Sayangnya, hal tersebut tidak diimbangi dengan pengetahuan mereka terhadap sejarah chatting. Padahal sejarah mengenai chatting ini sangatlah penting mengingat pengetahuan terhadap teknologi yang sering mereka gunakan.

Dengan begitu, diharapkan dapat memacu semangat belajar para generasi muda untuk turut andil dalam pengembangan fasilitas teknologi pertukaran informasi dan komunikasi setelah mengetahui pengertian chatting beserta sejarahnya.

Pengertian Chatting

Pengertian Chatting

digiwonk.wonderhowto.com

Apa yang dimaksud dengan perngertian chatting? Pengertian chatting adalah sebuah percakapan yang dilakukan antara dua atau lebih secara bersamaan dengan menggunakan fasilitas internet.

Percakapan yang digunakan bisa berformat teks, suara atau video call. Berbagai software yang dapat dimanfaatkan untuk ber-chatting ria sangatlah banyak, beberapa diantaranya adalah Yahoo Messengger, LINE, dan Facebook Messenger merupakan software chatting yang paling banyak penggunanya.

Akhir – akhir ini aktivitas chatting malah semakin digandrungi lantaran semakin canggihnya teknologi yang terdapat pada ponsel. Jika ponsel jadul hanya bisa digunakan untuk mengirim SMS dan telepon, ponsel pintar justru hampir mirip dengan komputer yang bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan manusia, seperti mengetik dokumen dan menonton video streaming.

Aplikasi paling populer yang sering digunakan untuk melakukan kegiatan chatting yakni Blackberry Messengger (BBM), Whatsapp dan Line. Masih banyak lagi aplikasi chating yang bisa kamu gunakan pada ponsel pintar mu, dan pastinya dari beberapa aplikasi chatting tersebut pastinya menawarkan keunggulan serta fitu yang berbeda.

Sejarah Chatting

 Sejarah Chatting

ardigalau.blogspot.com

Titik awal dari aktifitas pengiriman pesan instan atau chatting yakni Email. Dahulu, email merupakan sebuah terobosan baru yang dapat menggantikan pengiriman pesan secara konvensional. Sayangnya, perkembangan email yang dirasakan kala itu masih cenderung kurang efisien untuk melakukan pengiriman pesan secara cepat.

Terkadang pesan yang sudah terkirim melalui email harus membutuhkan waktu respon yang cukup lama dari si penerima. Si pengirim pun juga tidak mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Bahkan, si pengirim tidak mengetahui apakah si penerima dalam keadaan terhubung ke Internet atau tidak.

Semakin bertambahnya kebutuhan manusia, menyebabkan perkembangan perangkat komputer semakin meningkat demi memenuhi kebutuhan pengiriman cepat. Singkat cerita, pada tahun 1996 tepatnya di bulan November menjadi sebuah momentĀ  bersejarah bagi para penggemar chatting sedunia.

Sejak saat itulah mulai diperkenalkanya sebuah aplikasi chatting secara resmi bernama ICQ oleh Mirabilis. Sejak saat itulah aktivitas chatting semakin menjamur bahkan tak terbendung.

Sejak saat itulah aplikasi berbasis IM (Internet Messengger) semakin banyak bermunculan, tentunya mereka juga menawarkan beberapa fitur tercanggih yang akan di updater setiap tahunnya. Aktivitas chatting kini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja ( selama masih ada sinyal internet pastinya šŸ˜€ ).

Fungsi dan Manfaat Chatting

  • Sarana berhemat dalam berkomunikasi jarak jauh.
  • Sebagai sarana konsultasi kesehatan dengan dokter (Hanya beberapa situs tertentu)
  • Sarana untuk konsultasi dengan para pakar.
  • Mendapatkan teman yang baru.
  • Sarana belajar dan juga berdiskusi antar daerah lain

Dampak Negatif dari Chatting

  • Membahas atau berbicara secaraĀ  tidak sopan,
  • Komputer rentan terhadap virus
  • Bisa menimbulkan penyakit, sepertiĀ  rematik dan otot pegal.
  • Terlalu ketagihan chatting.
  • Bergaul dengan orang yang tidak jelas.
  • Dapat merusak mata karena terlalu lama di depan komputer.
  • Mudah tertipu dengan orang yang baru mengenal.

Apa itu Chatter?

 Apa itu Chatter

voiceofavillagegirl.blogspot.com

Chatter merupakan sebutan untuk orang yang senantiasa melakukan chatting di kehidupan pribadinya. Chatting bisa jadi sesuatu yang mengasyikkan serta efisien, disisi lain keunggulannya yang dapat berkomunikasi secara real time dengan biaya sangat murah.

Keuntungan Menggunakan Chatting Berbasis Web

Chatting Melalui Website

paulagabin.com

Dengan adanya fasilitas Chatting berbasis web kita tidak perlu lagi untuk mendownload dan menginstall aplikasi chat, cukup hanya dengan membuka halamannya saja kita sudah bisa ber-chating ria dengan pengguna yang lain.

Istilah – Istilah Asing yang Sering Digunakan Saat Chatting

Istilah Asing dalam Chatting

ccc7ccc.deviantart.com

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bahwa chatting itu sama halnya dengan berbicara melalui tulisan. Oleh karena itu, untuk mempercepat proses mengetik ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mempersingkat tulisan dengan istilah berikut ini:

  1. WB = Welcome Back
  2. ASAP = A Soon As Possible
  3. IMO = In My Opinion
  4. Brb = Be Right Back
  5. Cul = See You Later
  6. UI = See You
  7. BTW = By The Way
  8. dan lain sebagainya.

Terkait:

Pengertian Komputer

Pengertian Brainware

Pengertian Hyperlink

Pengertian Chatting

Pengertian Firewall

Pengertian Scanner

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: