_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Pengertian Brainware Secara Lengkap Beserta Tingkatan Penggunanya

Suatu perangkat komputer akan sia sia jika tidak ada manusia itu sendiri yang menggunakan. Terlepas dari sistem antarmuka/interface windows yang syarat akan user friendly, sebuah komputer pastinya membutuhkan suatu perangkat otak yang berfungsi untuk me-manage sistem dari komputer tersebut secara manual.

Apa itu Brainware? Brainware yaitu seseorang yang memanfaatkan sistem pengolahan data pada komputer. Dalam makna khusus, pengertian brainware adalah seperangkat intelektual yang dapat mengeksplorasi kemampuan dari hardware maupun software komputer.

Tanpa brainware, mustahil bagi komputer untuk bisa memanfaatkan sekumpulan hardware dan software secara maksimal bahkan sama sekali. Berdasarkan tingkat dan cara pemanfaannya, perangkat brainware komputer dibagi menjadi 4 tingkatan.

1. Sytem Analyst

System Analyst

blogcdn.com

Selain berperan penting dalam proses pengembangan sistem, system analyst juga bertanggung jawab dalam penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan pemilihan software serta sistem operasi yang harus sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.

Seorang system analyst wajib memiliki keahlian sebagai berikut:

  • Analisis
  • Teknis
  • Manajerial
  • Interpersonal

Syarat wajib diatas memungkinkan para system analyst untuk memahami perilaku suatu organisasi beserta fungsi-fungsi di dalamnya. Nantinya keahlian analisis tersebut akan membantu mereka dalam menganalisa permasalahan dengan rekomendasi solusi terbaik.

Selain keahlian analis, kemampuan teknis dari sistem analis akan membantu mereka dalam memahami potensi dan keterbatasan pada teknologi informasi. Seorang system analyst juga dituntut untuk mampu bekerja pada berbagai jenis bahasa pemrograman, operating system, serta hardware yang digunakan.

Keahlian manajerial dari seorang system analyst akan membantu mereka dalam mengelola proyek, sumber daya, risiko, serta perubahan perubahan. Keahlian terakhir dari seorang system analyst yakni kemampuan interpersonal, dengan kemampuan ini mereka akan mudah dalam berkomunikasi dengan para pengguna lainnya seperti programer dan administrator.

2. Progammer

Programmer Handal

suitsbysuits.com

Programmer handal pastinya mempunyai kemampuan dalam menguasai salah satu bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java dan lain sebagainya. Maka dari itu, tugas dari seorang programmer adalah untuk membuat program atau aplikasi dengan bahasa pemrograman tertentu guna membantu pekerjaan manusia dalam rutinitas mereka sehari-sehari.

Programmer membuat suatu rancangan program yang terdiri dari beberapa script, kode dan bahasa pemrograman tertentu. Saat ini sudah ada berbagai bahasa pemrograman yang sering digunakan pada pembuatan aplikasi tertentu yakni Bahasa Pemrograman Java, Algoritma, C Plus, Visual Basic, Php, Perl, Python, Html, Cobol, Fortran dan lain sebagainya.

Selanjutnya, programmer  akan menyusun kembali perintah-perintah bahasa pemrograman rumit tersebut dengan sangat teliti agar bisa digunakan oleh pengguna komputer yang lain.

3. Administrator

Administrator Komputer

vccsystem.eu

Sistem operasi komputer tanpa pengelolaan yang baik pastinya akan menjadi kacau dan semrawut. Oleh karena itu, peran dari administrator ini sangatlah penting. Karena admisnistrator bertugas dalam mengelola sebuah sistem operasi dan beberapa program yang berjalan pada suatu sistem jaringan komputer. Berikut ini beberapa tugas dari administrator secara lengkap yang harus kamu ketahui.

Memastikan Keamanan Jaringan

Melindungi komputer dalam satu jaringan merupakan salah satu tugas utama dari administrator. Komputer beserta jaringannya harus dipastikan oleh admin dari kemungkinan ancaman virus dan malware atau bahkan penyusup yang datang tanpa memiliki hak akses.

Manajemen Pengguna

Dalam jaringan komputer perusahaan kelas menengah, seorang admin mempunyai hak dalam mengatur pengguna jaringan tersebut. Disisi lain, admin juga berperan dalam penegakan kebijakan suatu perusahaan saat pengguna lain mengakses jaringan komputer tertentu, seperti memblokir situs sosial media saat jam kerja.

Mengatur Cadangan Data (Backup)

Tugas terpenting dari admin yakni sebegai penaggung jawab dalam membuat cadangan data-data penting dari suatu jaringan perusahaan. Backup berfungsi sebagai alat penyimpan cadangan data pada saat terjadi hal-hal yang diluar dugaan, seperti musibah bencana alam, tidak sengaja terhapus ataupun kerusakan pada hardware storage.

Troubleshooting Problem

Salah satu pekerjaan wajib dari seorang admin dalam mengatasi masalah troubleshooting pada jaringan. Admin wajib menjaga jaringan perusahaan agar dapat berfungsi secara normal tanpa adanya kendala apapun.

Update

Umumnya tugas ini berkaitan dengan perangkat lunak, namun tidak menutup kemungkinan juga perangkat keras. Sebenarnya update merupakan hal sepele yang bisa dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun disisi lain update juga memiliki dampak besar pada jaringan perusahaan.

4. Operator

Operator Komputer

trends.corbisimages.com

Operator merupakan tingkatan paling rendah dalam penggunaan komputer. Hal ini dikarenakan operator hanya bisa memanfaatkan sumber daya dari sistem komputer itu sendiri tanpa harus menganalisa bahkan membuat aplikasi yang membantu pekerjaan manusia.

Terkait :

Pengertian Komputer

Pengertian Hyperlink

Pengertian Wireless

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: