Cara Membangun Peluang Usaha Daur Ulang Plastik

Berbicara soal sampah, siapa sangka jika sampah yang dapat didaur ulang nyatanya dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah, bahkan sebagian orang saat ini sudah menjadikannya sebuah bisnis. Selain faktor lingkungan, mendaur ulang sampah juga dapat berfungsi sebagai pendongkrak kebutuhan ekonomi manusia.

Di kalangan bawah, daur ulang sampah plastik ini sering kali menjadi ladang penghasilan para pelaku barang daur ulang (rombeng). Kebanyakan dari para tersebut mengambil sampah berupa kertas dan plastik bekas.

Saat ini plastik sudah menjadi bahan pembungkus favorit yang sering digunakan oleh masyarakat. Meskipun semangat go green tetap disuarakan, akan tetapi penggunaan plastik masih saja belum menurun.

Sebab itulah, bisnis penggilingan pabrik masih tetap menggelinding sampai sekarang. Penggilingan sampah plastik masuk pada sisi terpenting dari sistem daur ulang plastik.

Rata-rata para penggiling sampah mengumpulkan beragam jenis plastik, seperti gelas, botol dan lembaran plastik lainnya. Setelah plastik digiling, barulah sampah plastik tersebut berubah menjadi cacahan plastik. Selanjutnya cacahan plastik ini akan dijual ke pabrik plastik.

Pada pabrik plastik, cacahan tersebut diproses dan diolah agar menjadi plastik baru. Umumnya, ada dua proses dalam mengolah sampah plastik, yakni penggilingan kering dan basah.

Peluang Usaha Daur Ulang Plastik

plasticsnews.com

Penggilingan kering, dilakukan dengan mencuci cacahan plastik setelah proses penggilingan telah selesai

Sedangkan penggilingan basah dilakukan dengan cara mencampur plastik ke dalam air dingin atau panas. Namun, ada sebagian yang beranggapan bahwa menggunakan air dingin lebih baik karena akan menghasilkan olahan plastik yang lebih jernih.

Selain dijual ke beberapa pabrik pengolahan plastik dalam negeri, ada pun yang menjual cacahan plastik ini sampai ke pangsa luar negeri dengan total omset sekitar Rp. 200.000.000,.

Diyakini bahwasanya aliran pendapatan yang masuk pada bisnis ini tergolong cepat. Usut punya usut, ini dikarenakan pengusahan pengolahan plastik biasanya harus membayar tunai secara langsung kepada pengepul sampah plastik.
Ada beberapa tips yang dapat dijadikan referensi sebelum membuka peluang bisnis daur ulang plastik, yaitu:

  1. Mempunyai tempat agak luas sebagai lahan penyimpanan beberapa plastik dari dan biji plastik. Tentu saja hal ini tidak boleh dilewatkan agar proses penyortiran berjalan denga baik meskipun menganai beragam jenis plastik yang berbeda.
  2. Siapkan modal yang cukup untuk membeli sampah plastik dari pihak pemulung.
  3. Pekerjakan beberapa karyawan yang bertugas sebagai sortir plastik bekas
  4. Timbangan dan penggiling guna membuat biji plastik
  5. Tawarkan kerja sama dengan pihak perusahaan plastik sebagai pembeli biji plastik.

 

Jadi, sudah tertarik-kah kamu untuk memulai bangun bisnis jual biji plastik ?

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: