_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Review Pantai Klayar Pacitan, Panorama Tebing dan Seruling Samudra

PANTAI KLAYAR – Siapa yang tak kenal dengan kota Pacitan? Ya kota yang menyimpan berbagai keindahan alam tersimpan dalam hamparan pasir putih pantai.

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang paling populer akan keindahan karang raksasa laksana patung Spinx di Mesir. Tak ketinggalan pula air mancur alami yang tingginya mencapai 10 meter. Suguhan seruling samudera sedikit terdengar tatkala ombak menyapu bebatuan unik sekitaran pantai

Pantai Klayar Pacitan

Jika kamu seorang traveler sejati, maka sudah selayaknya pantai Klayar ini masuk ke dalam rencana perjalananmu. Kenapa? Karena disana kamu akan menemui beragam pesona panorama yang tak kalah keren dengan pantai lainnya. Sehingga mengurangi rasa penat dan stress yang disebabkan oleh rutinitas kerja.

Berakit rakit ke hulu, senang kemudian. Lewat jalan ngga enak dulu, baru nyampek pantai kemudian. Udah wajar kali ya tiap mau ke pantai pasti lewat jalan yang berkelok naik turun dulu. Disarankan untuk berhati-hati mengemudikan kendaraan agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Meskipun demikian, pihak pemerintah lokal telah berusaha dalam membenahi persoalan infrastruktur yang cukup pelik ini. Sungguh sangatlah penting pembangunan wisata ini mengingat lalu lintas wisatawan yang datang semakin naik dari tahun ke tahun.

 

Alamat Pantai Klayar: Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur

Peta Lokasi: klik di sini

Jika titik perjalanan dimulai dari pusat kota Pacitan, maka jarak yang harus ditempuh sekitar 40 km ke arah barat Pacitan. Diperlukan 1 jam perjalanan setidaknya untuk sampai ke lokasi tersebut.

Setibanya di pantai Klayar, kamu akan disambut dengan dua karang yang sangat tinggi di bagian timur pantai.

Di hari biasa, kamu bisa melihat aktivitas kalangan nelayan lokal yang berlalu lalang di sekitar pantai Klayar. Sedangkan jika hari libur pantai Klayar disibukkan dengan berbagai kunjungan wisatawan domestik, bahkan sampai mancanegara.

Selain nelayan lokal, di sini kamu juga bisa melihat warga sekitar sedang memanjat pohon kelapa untuk mengambil air deresan. Air ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai bahan baku dari pembuatan gula jawa. Air deresan biasa disebut dengan legen. Rasanya lumayan manis, kamu bisa mencicipinya ketika berkunjung ke pantai ini.

Pemandangan Menarik di Pantai Klayar, Pacitan

Tebing Karang di Pantai Klayar

FYI, pantai Klayar mempunyai lebih dari satu tebing. Beberapa tebing-tebing tersebut ada yang bolong. Hal ini dikarenakan adanya terjangan ombak deras yang terus-menerus menghujam.

Di bagian selatan, kita juga bisa menemukan karang lainnya yang berfungsi sebagai penahan terjangan ombak dari arah selatan.

Oh iya, perlu kamu ingat bahwa di sini kamu tidak diperkenankan untuk berenang di tepian pantai. Kenapa? Karena ombak di sana bisa dibilang lumayan besar. Ditambah dengan banyaknya tebing curam yang semakin membahayakan apabila pengunjung terhantam karena ganasnya arus ombak.

Ada sebuah fenomena unik yang sangat jarang sekali kamu temui di beberapa pantai di Jawa Timur. Yaps, fenomena tersebut bernama seruling samudra.

Seruling Samudera di Pantai Klayar

Seruling samudra merupakan sebutan dari adanya fenomena bunyi yang berasal dari cekungan antara bagian bawah tebing atau batuan pantai. Di saat cekungan tersebut diterjang oleh ombak , air laut kemudian keluar menyembur ke permukaan melalui sisi celah bebatuan. Hingga akhirnya menghasilkan sebuah bunyi indah layaknya seruling.

Tidak hanya seruling samudra, kamu juga bisa menemukan sebuah patung yang hampir mirip dengan Sphinx di Mesir. Jika dilihat dari kejauhan, tebing-tebing tersebut memang menyuguhkan pemandangan yang indah dan cocok jika dijadikan sebagai background dalam bingkai foto kamu.

 

Mengingat tebing ini tergolong curam dan tinggi, diharapkan bagi para pengunjung untuk tetap tidak menaiki tebing tersebut. Tetaplah berhati-hati dan jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan 🙂

 

Sunset di Pantai Klayar

Saat senja datang, pantai Klayar memiliki pemandangan sunset indah dan sangat menawan. Tentunya ini akan menjadi suguhan panorama alam yang bakal sulit kamu lupakan.

Selanjutnya .. Pesona Pantai di Pacitan yang Belum Terjamah

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: