_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Membaca Al-Qur’an Secara Rutin Ternyata Berdampak Positif Bagi Kesehatan Tubuh

Umat muslim di seluruh penjuru dunia tentu memiliki pedoman dalam menjalankan roda kehidupannya masing-masing. Terdapat dua wasiat Rasulullah SAW yang tidak dapat lepas dari ikatan jiwa umat muslim, yakni Al-Qur’an dan as-Sunnah. Dari kedua wasiat tersebut, Al-Quranul Karim menjadi rujukan paling utama. Hal ini dikarenakan Al Qur’an langsung bersumber dari Allah SWT.

Sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai umat muslim untuk tetap rutin membaca Al-Qur’an meskipun dalam waktu sesibuk apapun. Sebab, Al-Qur’an mengandung beberapa petunjuk berupa jalan kebenaran.

Tahukah kamu jika membaca Al-Qur’an secara rutin ternyata dapat memperbaiki kesehatan pada diri kita lho..

1. Terhindar dari Depresi

Depresi

globe-views.com

Berbagai penelitian membuktikan bahwa Al-Qur’an ternyata dapat menurukan tingkat kesedihan dalam diri kita. Sehingga pikiran kita akan menjadi lebih fresh dan terhindar dari gangguan penyakit depresi.

2. Meningkatkan Kinerja Pernafasan dan Paru-paru

Paru-paru

buahmerahmix.ph

Tak hanya itu, membaca Al-Qur’an dengan metode tartil juga dapat memberikan dampak positif yang amat signifikan terhadap perkembangan fungsi paru-paru dan tekanan darah. Membaca Al-Qur’an dengan ilmu tajwid akan melatih pengaturan pernapasan, sehingga tak heran jika ibada ini dapat meningkatkan nilai fungsi paru serta mencegah naiknya tekanan darah pada arteri rata-rata.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Kesehatan Mental

thezine.biz

Membaca Al-Qur’an secara rutin juga akan memberikan dampak positif berupa kesehatan mental bagi tiap pembacanya. Jika dilihat dari beberapa aspek, kesehatan mental dapat dibagi menjadi 4 bagian. Aspek pertama yakni aspek siptomatis yang berkaitan dengan keluhan cemas beserta gejalanya. Kemudian disusul dengan aspek penyesuaian diri, aspek pengembangan diri dan aspek religius.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Daya Ingat Otak

theimaginativeconservative.org

Pada masalah kejiwaan lainnya, membaca Al-Qur’an akan memberikan dampak terhadap kecerdasan pengelolaan emosi seseorang. Sehingga jika ia semakin hari semakin banyak membaca atau menghapal Al-Qur’an, maka akan terlihat pula peningkatan daya ingat otaknya.

5. Memperoleh Ketenangan Jiwa

Ketenangan Jiwa

elsoar.com

Imbas positif tidak hanya didapatkan dari seseorang yang membaca Al-Qur’an saja, melainkan pendengarnya pun bisa merasakannya. Terbukti jika seseorang yang hanya mendengarkan bacaan Al-Qur’an dapat memperoleh ketenangan batin dan jiwanya. Sehingga ia akan merasa tenang dan tenteram karena hidupnya hanyalah milik Allah.

Sponsored by GROSIR MURAH

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: