20+ Media Tanam Hidroponik Sederhana, Murah dan Terbaik

Ad Blocker Detected

Mohon Non-Aktifkan Ad Blocker Demi Perawatan dan Penambahan Konten Secara Berkala Dalam Situs Ini. Atas Perhatiannya Terima Kasih :)

MEDIA TANAM HIDROPONIK – Apabila Anda ingin bercocok tanam tanpa melalui media tanah atau pupuk, maka terapkanlah konsep hidroponik pada tanaman Anda. Ya, akhir-akhir ini tidak sedikit orang yang beralih ke media tanam hidroponik dari penggunaan pupuk pada umumnya.

Pengertian Tanaman Hidroponik

Pengertian Media Tanam Hidroponik

Pengertian tanaman hidroponik adalah cara menanam tumbuhan tanpa menggunakan unsur tanah apapun. Sehingga hiroponik menggantinya dengan penggunaan media lain, ditambah dengan larutan bernutrisi khusus agar tanaman dapat subur seperti pada umumnya.

Beberapa perlengkapan untuk media tanam hidroponik bisa Anda beli di toko terdekat. Akan tetapi, jika Anda benar-benar ingin berhemat. Anda bisa membuatnya di rumah.

Baiklah, sebelum Anda memulai bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik. Tidak salahnya jika Anda pahami macam-macam media tanam terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa hasil tanaman hidroponik sangatlah dipengaruhi oleh media tanam yang sesuai.

Agar tanaman hidroponik Anda dapat tumbuh dengan prima, berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya:

  • Mampu menyimpan kandungan air secukupnya agar dapat mengalir ke tanaman hidroponik. Dalam artian, memiliki struktur yang gembur serta subur
  • Mampu menyerap air dan tidak organisme yang terkandung di dalamnya, seperti hama atau penyakit pengganggu kesuburan tanaman
  • Nol kandungan garam atau memiliki tingkat salinitas berkadar rendah
  • Memiliki kandungan unsur kalsium atau bisa juga kapur
  • Tingkat keasaman media tanam mencapai pH 6-7 atau biasa disebut dengan alkalis

Macam-Macam Media Tanam Hidroponik

Dari ulasan tadi, Anda sudah dapat mempelajari terkait apa saja kriteria yang harus dipenuhi dalam penerapan media tanam hidroponik.

Pada subjudul berikut kita akan mencoba memahami kembali apa saja macam-macam media tanam hidroponik yang akan digunakan. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Media Tanam Hidroponik dengan Menggunakan Spons

Media Tanam Hidroponik dengan Menggunakan Spons

Benda yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi dari penglihatan kita bukan? Ya, spons merupakan benda yang sering kali kita temukan di dapur untuk mencuci piring. Selain itu, spons juga kita temukan di kartun televisi. Siapa lagi kalo bukan Spongebob Squarepants hihihi.

Oke lanjut, jadi spons ini bersifat mudah menyerap serta menyimpan air. Tak heran jika spons paling sering dipakai sebagai media tanam hidroponik.

Pori-pori spons yang lumayan besar dapat menjadi saluran air dalam mengalirkan nutrisi menuju akar tanaman, Sehingga akan mempermudah tanaman dalam memperoleh kecukupan nutrisi.

2. Media Tanam Hidroponik dengan Menggunakan Serbuk Kayu

Media Tanam Hidroponik dengan Menggunakan Serbuk Kayu

Selain dapat digunakan sebagai bahan bakar memasak, serbuk juga bisa digunakan sebagai media tanam hidroponik. Uniknya, serbuk kayu ini bisa bertahan lama, sehingga angka pengeluaran berkurang karena dapat digunakan lebih dari sekali.

3. Media Tanam Hidroponik dengan Menggunakan Perlite

Media Tanam Hidroponik dengan Menggunakan Perlite

Dari gambar di atas sepertinya kita sudah sering lihat jika perlite ini juga bisa dipakai untuk hiasan teras rumah. Namun, tahukah Anda jika perlite juga bisa digunakan sebagai media tanam, khususnya hidroponik.

Usut punya usut, perlite ternyata memiliki daya serap tinggi yang sangat baik untuk perkembangan akar tumbuhan. Agar hasilnya lebih bagus, tidak salahnya jika Anda mencoba mengkombinasikannya dengan sabut kelapa atau biasa disebut dengan coir.

Perlite diproses dari batu silika yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi lalu dibiarkan hingga mencair untuk selanjutnya dibentuk ukurannya menjadi kecil-kecil.

Baca Juga :

Leave a Reply