10 Manfaat Rumput Teki yang Jarang Diketahui oleh Banyak Orang

Rumput teki tergolong dalam tanaman gulma sejenis rerumputan. Rumput ini menjadi gulma yang sangat sulit dikendalikan karena sifatnya yang sangat adaptif. Tanaman yang bernama latin Cyperus Rotundus ini tersebar ke beberapa penjuru dunia, tumbus subur jika tersedia air yang cukup, kebal terhadap genangan air dan mampu bertahan dalam kondisi yang amat kering.

Selain itu, rumput teki juga mengandung berbagai macam kandungan yang penting sebagai pengobatan herbal. Salah satu kandungan utamanya yaitu minyak atsiri yang berada di dalam umbi rumput teki. Lantas, apa saja manfaat dari rumput teki ini? Mari kita simak beberapa manfaat dari rumput teki di bawah ini.

1. Obat Penurun Demam

Demam - Manfaat Rumput Teki

theorangetreedaynursery.co.uk

Musim pancaroba merupakan musim yang dimana kebanyakan orang rentan terhadap penyakit demam, khususnya bagi anak-anak. Tak perlu khawatir, karna anda bisa memanfaatkan rumput teki sebagai obat alternatif penurun demam pada anak dan dewasa.

Caranya yaitu mula-mula rumput teki yang telah dibersihkan kemudian ditumbuk. Lalu campurkan dengan sedikit air hangat dan kompreskan pada dahi penderita demam.

2. Obat Penghilang Sembelit

Penghilang Sembelit - Manfaat Rumput Teki

committedtowin.com

Sembelit merupakan penyakit kelainan pada sistem pencernaan yang mana si penderita mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dikeluarkan. Apabila anda sering mengalami sembelit, tidak ada salahnya jika anda mencoba pengobatan dengan rumput teki.

Caranya yaitu bersihkan rumput teki terlebih dahulu. Kemudian, rebus rumput teki dengan air setara 2 gelas, tunggu hingga matang. Setelah itu, minum air rebusan rumput teki apabila sudah matang.

3. Obat Penyembuh Keputihan

Menghilangkan Keputihan - Manfaat Rumput Teki

karangmojo.net

Selain sebagai obat penghilang sembelit, ternyata air rebusan rumput teki juga ampuh sebagai obat penyembuh keputihan sekaligus obat penenang. Memang keputihan merupakpermasalahan rumit bagi kaum hawa.

Penyakit ini terjadi disebabkan ketidakseimbangan hormon, membilas vagina dari arah yang, memakai pakaian dalam yang ketat dan lain sebagainya. Hal ini bisa menjadi infeksi yang biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar.

4. Memperlancar Siklus Haid

Memperlancar Siklus Haid - Manfaat Rumput Teki

genetaliaeksternadaninternapadawanita.blogspot.com

Tidak sampai di sembelit saja rupanya, air rebusan rumput teki juga bisa diminum sebagai obat memperlancar siklus haid. Karena rumput teki ini memiliki kandungan yang membantu proses peleburan hormone pada tubuh.

5. Obat Pereda Luka

Pereda Nyeri - Manfaat Rumput Teki

ligapialadunia.com

Penyembuhan luka biasanya terjadi secara alami karena sel-sel basal yang terpisah oleh luka dapat kembali menyatu pada area luka itu sendiri, sehingga epidermis yang rusak akan tebal kembali. Rumput teki ternyata berperan dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

Hal tersebut dikarenakan khasiat dari ubi rumput teki yang mempercepat proses pembekuan darah sehingga dapat membantu menyembuhkan luka yang baru.

6. Merangsang Produksi ASI

Merangsang Produksi ASI - Manfaat Rumput Teki

umilayyina.blogspot.com

Khusus bagi seorang ibu yang sedang menyusui, rumput teki ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat untuk merangsang produksi ASI. Terutama di bagian umbi pada rumput teki yang membantu memperbanyak jumlah ASI. Sehingga para ibu tak perlu khawatir jika sang buang hati akan mengalami kekurangan nutrisi.

Baca Juga : Manfaat Semut Jepang Selain Sebagai Penyembuh Diabetes

7. Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit Kulit

Ilustrasi Kulit - Manfaat Rumput Teki

depure.org

Manfaat yang penting lainnya dari rumput teki dan umbinya yaitu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Caranya yaitu cukup dengan merajang daun rumput teki, kemudian kompres pada bagian penyakit kulit sampai terasa dingin.

Lakukan cara tersebut rutin secara berulang kali hingga penyakit kulit itu sembuh. Beberapa penyakit kulit yang bisa disembuhkan dengan rumput teki yaitu panu, kutu air, eksim dan berbagai macam penyakit kulit lainnya.

8. Obat Kencing Batu

Kencing Batu - Manfaat Rumput Teki

radiopedia.org

Penyakit ini merupakan gangguan dari pengeluaran air seni yang ditandai dengan keluarnya batu-batu yang berukuran kecil ketika buang air kecil. Seorang penderita kencing batu umumnya mengalami gejala rasa sakit pada bagian pinggang.

Jangan khawatir jika anda mengalami penyakit tersebut. Karena rumput teki bisa digunakan sebagai obat mengatasi penyakit kencing batu. Caranya praktis, cuci bersih umbi dari rumput teki terlebih dahulu. Kemudian haluskan ubi rumput teki lalu rebus hingga mendidih. Hasil dari rebusan umbi tersebut diminum serara rutin sampai gejala kencing batu hilang.

9. Pengusir Nyamuk

Nyamuk - Manfaat Rumput Teki

blog.debugthemyth.com

Kesal dengan gigitan nyamuk? Cobalah untuk membuat pasta pengusir nyamuk yang berbahan dasar dari umbi dan daun dari rumput teki. Ini dikarenakan nyamuk tidak suka dengan aroma rumput teki, sehingga hal ini dinilai efisien dan efektif sebagai salah satu obat anti nyamuk alami.

10. Memperlancar Buang Air Besar

Ilustrasi Lega - Manfaat Rumput Teki

flickr.com

Salah satu masalah pencernaan yang paling sering dialami adalah kesulitan untuk BAB, Oleh karena itu, dengan adanya obat herbal yang berbahan dasar dari umbi rumput teki ini, dijamin kondisi pencernaanmu akan lebih baik. Sehingga proses tidak ada kesulitan saat melakukan BAB.

One Response

  1. wsc biolo 14 September 2015

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: