_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

6 Makanan Khas Malaysia yang Terkenal dan Harus Dicoba

MAKANAN KHAS MALAYSIA – Tak bisa dipungkiri bahwa keanekaragaman makanan khas Malaysia ini kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mencicipinya. Terlebih jika makanan khas tersebut memiliki keunikan rasa yang enak namun unik di lidah.

Malaysia merupakan sebuah negara federasi yang mempunyai luas sekitar 329.847 km persegi. Negara yang beribukota Kuala Lumpur ini dihuni oleh 27 juta jiwa penduduk pada tahun 2015.

Selain dapat berkunjung ke Menara Petronas, di Malaysia ini kamu bisa menikmati beberapa makanan khas malaysia yang mungkin tidak kalah dengan negara serumpun melayu yang lain.

Berikut ringkasan beberapa masakan khas malaysia yang harus kamu coba.

1. Nasi Kandar

Nasi Kandar - Makanan Khas Malaysia

kuali.com

Dalam bahasa melayu, kandar berarti sebuah kayu atau bambu. Meskipun begitu, ternyata makanan ini tidak mengandung unsur kayu atau bambu apapun.

Justru komposisi dari menu ini yaitu nasi putih, ayam goreng, kari serta kari kepiting. Dominasi rasa bumbu kari begitu terasa dalam satu porsi nasi kandar ini.

Jual Booth Portable untuk Pemasaran Beragam Kuliner dan Fast food 

Berbagai pilihan lauk pauk dapat dikombinasikan ke dalam menu ini. Keunikan dari nasi kandar ini yaitu kamu bisa memilih berbagai bumbu kare yang di sediakan.

Makanan ini bisa kamu temukan di warung pinggir jalan hingga restoran. Para penjual dari makanan ini rata-rata pedagang keturunan India. Namun tak jarang juga penduduk lokal setempat ikut menjajakan nasi pada jam-jam makan siang.

2. Nasi Daun Pisang

Nasi Daun Pisang - Makanan Khas Malaysia

diarymama.com

Sesuai dengan namanya, menu ini disajikan di atas daun pisang sebagai pengganti piring. Sengaja menggunakan daun pisang dikarenakan lauknya yang bermacam macam seperti ikan goreng, daging sapi, rendang ayam hingga sayur mayur.

Nasi daun pisang ini merupakan makanan khas dari etnik India Selatan Malaysia. Dan lagi, bumbu kare kembali berperan pada pelengkap menu ini.

Nasi daun pisang biasanya disajikan dengan bumbu kare yang telah disiram diatas nasi putih, namun tak jarang pula bumbu tersebut disiram diatas lauk pauknya.

3. Laksa

 Laksa - Makanan Khas Malaysia

misscentsible.wordpress.com

Buat kamu yang memang benar-benar pencinta mie dan berkuah, jangan lewatkan menu yang satu ini. Laksa, sup mie berkuah memiliki rasa asam dan pedas.

Menu yang berasal dari penang ini akan sangat lengkap jika ditambahi dengan beberapa irisan seperti ikan makarel, selada, mentimun, nanas hingga cabai turut berpadu menjadi menu yang amat lezat.

Santan kelapa dan rempah-rempah tradisional akan menambah rasa gurih dari menu ini sendiri.

4. Palak Paneer

Palak Paneer - Makanan Khas Malaysia

onepointdestination.com

Tidak perlu berkunjung ke India jika kamu ingin mencicipi menu makanan ini. Karena di Malaysia sendiri sudah ada para penjual palak paner sudah bisa kamu temukan di beberapa sudut tengah kota.

Penduduk lokal biasanya memakan palak paneer ini dengan beberapa potong roti. Rasa yang dihasilkan dari kombinasi keju kambing dan bayam segar membuat menu ini menjadi sangat lezat.

5. Sang Har Kuey Teow

Sang Har Kwey Teow - Makanan Khas Malaysia

johorkaki.blogspot com

Sama halnya dengan laksa, Sang Har Kuey Teow merupakan makanan yang mempunyai komposisi dasar yaitu mie telur yang dipadu dengan dengan udang segar. Tidak sampai di situ, kuah berkaldu telur seolah membuat kelezatan makanan ini menjadi lengkap.

6. Nasi Lemak

Nasi Lamak - Makanan Khas Malaysia

kuali.com

Dan inilah kuliner yang paling populer di Malaysia. Menu yang sebenarnya hampir sama dengan nasi uduk asal Indonesia ini terdiri dari sepotong ayam goreng, telur ayam rebus, mentimun dan ikan teri kacang.

Para wisatawan yang berkunjung ke Malaysia biasanya menyempatkan diri untuk mencicipi menu yang satu ini.

Nama nasi lemak sendiri berasal dari bahasa Melayu yang berarti lamak. Kata tersebut memiliki arti yakni rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan dari santan kelapa.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk berkunjung ke Malaysia?

Itulah beberapa ulasan yang saya tulis mengenai masakan khas Malaysia. Dengan adanya artikel ini, semoga bisa menambah destinasi wisata kuliner yang akan membuat tidak benrhenti untuk menjelajah.

One Response

  1. Nanang 1 Oktober 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: