Kekuatan Militer Inggris : Dari Sejarah Hingga Alutsista Andalan

KEKUATAN MILITER INGGRIS – Kekaisaran Britania atau biasa disebut dengan British Empire dalam bahasa inggris. Kekaisaran Britania adalah sebuah imperium kekuasaan yang terdiri dari beberapa wilayah koloni, mandat, protektorat, dimini serta daerah lain yang pernah dijajah oleh Britania Raya. Kekaisaran Britania bermula pada akhir abad ke -16 sejalan dengan laju perkembangan kekuatan Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Tercatat bahwa kekaisaran Inggris merupakan imperium paling luas dalam sejarah dunia pada abad ke 16. Tak sampai disitu, mereka juga pernah menjadi kekuatan utama militer dunia kala itu. Tepatnya di tahun 1922, Kekaisaran Britania mencakup populasi sekitar 485 juta orang. Bisa jadi jika populasi tersebut sama dengan seperlima populasi dunia.

Terkait : Jadi Ini Sebab Khusus dari Perang Dunia 1 ?

Luas kekaisaran Inggris waktu itu mencapai lebih dari 33,700.00 km persegi. atau sekitar seperempat total luas bumi ! Oleh karena itu, pengaruh yang dibawa oleh Britania, terutama Inggris sangat kuat di senatero dunia. Misalnya dalam praktik sistem pemerintahan, ekonomi, hukum, olahraga hingga penggunaan bahasa.

Tepatlah jika waktu itu kekaisaran Britania dijuluki dengan “Kerajaan tempat matahari yang tak pernah tenggelam”. Hal ini dikarenakan kekaisaran Inggris yang tersebar luas dan membentang di hampir seluruh penghujung dunia dengan mataharinya yang selalu bersinar menyinari wilayahnya.

Sepanjang zaman penjelajahan, Spanyol dan Portugal menjadi negara yang pertama kali melakukan penjelajahan maritim Eropa dan berbagai belahan dunia lainnya sekaligus mendirikan beberapa wilayah koloni di daerah tersebut. Iri melihat kejayaan dan keberhasilan yang mereka peroleh, Inggris beserta sekutunya pun memulai dengan membentuk suatu koloni dan jaringan perdagangan di Amerika serta Asia.

Singkat cerita, serangkaian kemenangan yang diraih oleh Belanda dan Perancis dalam peperangan abad ke-17 dan 18 membuat Inggris membentuk suatu kelompok yakni Britania Raya. Tiga belas koloni Inggris yang terlepas di Amerika Utara pada tahun 1878 setelah perang kemerdekaan membuat Inggris kehilangan sebagian besar wilayah koloninya yang paling padat penduduk serta paling tua.

Kerja Sama Inggris dengan Tentara Gurkha

Tentara Gurkha

pinterest.com

Kerajaan Inggris memerintahkan Gurkha untuk bergabung dalam sebuah misi dalam menjaga beberapa wilayah kepentingan Inggris yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Terkait : Rekam Jejak Gurkha : Tentara Bayaran Inggris Terkejam di Dunia

Awal hubungan antara Inggris dan Gurkha, ratusan tentara Gurkha dibawa oleh Inggris untuk memenuhi pasukan khusus Angkatan Bersenjata Inggris. Setelah itu, jumlahnya semakin kian membludak seiring dengan keterlibatan tentara Inggris saat menghadapi beberapa peperangan yang berkecamuk.

Setidaknya ada lebih dari 200.00 prajurit Gurkha yang telah bertempur, 43.00 diantaranya gugur dalam dua perang dunia. Saat ini, jumlah personel Gurkha diciutkan kembali menjadi sekitar 3,500 prajurit.

Kekuatan Militer Inggris Beserta Alutsita Andalan

Kekuatan Militer Inggris

aneka10.blogspot.com

Bila kita lihat dari sejarah diatas, sejak dulu militer Inggris memang dikenal dengan kegigihan dan keuletannya saat berada di medan perang.

Terkait : Alasan Mengapa Militer Indonesia Selalu Disegani oleh Dunia Sejak Dulu

Kendati mereka gagal untuk menguasai Nepal, namun tetap saja Inggris malah memanfaatkan moment kekalahan tersebut dengan menyuruh Gurkha sebagai tentara bayaran demi memperluas wilayah jajahannya. Berikut ini  sudah saya rangkum ulasan mengenai fakta dan sejarah beberapa angkatan militer Inggris beserta senjata andalannya.

1. Angkatan Darat Inggris

Kekuatan Militer Inggris

jeparaupdatemilitery.wordpress.com

Angkatan Darat Inggris merupakan kekuatan militer Inggris bersenjata yang memgang peranan terpenting di Britania Raya. Awalnya pasukan tersebut diurus oleh War Office yang ada di London. Kemudian pada tahun 1964, Angkatan Darat Britania diurus oleh Kementerian Pertahanan Inggris.  Ketua Staff Jenderal diangkat menjadi kepala pimpinan profesional dalam Angkatan Darat Britania.

Alutsista Andalan Kekuatan Militer Inggris di Bidang Angkatan Darat

Kekuatan Milter Inggris

thinkdefence.co.uk

MBT Chalengger II

Sebuah perusahaan swasta di Inggris tengah melakukan pengembangan terhadap MBT Chalengger untuk menggantikan tank sebelumnya (MBT Chieftain) yang sempat digunakan oleh Kekuatan Militer Angkatan Darat Inggris.

Chalengger II mempunyai tingkat perlindungan yang amat tinggi pada bagian body luarnya, tidak heran jika tank ini menjadi salah satu alutsista tank kekuatan militer Inggris terkuat di Dunia.

Selain itu, tank ini juga memliki perlindungan tambahan berupa sistem pemadam api otomatis secara eksplosif dan reaktif atau dikenal dengan nama ERA (Explosive Reactive Armour) yang dipasang pada bagian bodynya. Saat melacak musuh, tank ini dilengkapi dengan VIRSS (Visual and Infra Smoke Screening System) yang dapat mendeteksi langsung keberadaan musuh dengan cepat.

2. Angkatan Laut Militer Inggris

Kekuatan Militer Inggris - Angkatan Laut Inggris

businessinsider.com

Angkatan Laut Inggris atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Royal Navy, merupakan salah satu dari dinas tertua dan paling senior diantara semua angkatan bersenjata yang ada di Inggris. Mulai dari tahun 1692 sampai dengan Perang Dunia II, Royal Navy telah diakui dunia sebagai kekuatan milter inggris terbesar dan terkuat sepanjang sejarah peperangan.

Angkatan Laut Inggris sempat menjadi sebuah kekuatan militer dominan pada abad ke 19.Hingga saat ini, Angkatan Laut Inggris tetap menjadi sebuah kekuatan militer Uni Eropa yang tercanggih dan terdepan di bidang teknologinya.

Alutsista Andalan Kekuatan Militer Inggris di Bidang Angkatan Laut

Kekuatan Militer Inggris

dailymail.co.uk

HMS Daring

Dibangun oleh BAE Systems Surface Ships, HMS Daring merupakan sebuah kapal perusak kelas baru dirancang khusus untuk menjadi Angkatan Laut Inggris. Sekaligus kapal ini akan menjadi kapal perusak tercanggih dan terbesar yang pernah dimiliki oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

HMS Daring dilengkapi dengan senjata sistem peluncur vertikal (Sylver A50), rudal Aster dan beberapa senapan mesin lainnya. Disamping itu, sistem pertahanan udara berupa Sea Viper juga dilengkapi dengan rudal Anti Kapal serta akselerasinya yang cepat sebesar 27 knot guna menghindari tembakan rudal musuh.

3. Angkatan Udara Militer Inggris

Kekuatan Militer Inggris

en.wikipedia.org

Royal Air Force merupakan sebuah Angkatan Udara Inggris dan Britania Raya yang berdiri pada tahun 1918. Sebelumnya, Royal Air Force sempat menggunakan nama Korps Terbang Britania (Royal Flying Corps). Saat ini, RAF sudah mempunyai beberapa markas yang tersebar di hampir seluruh dunia.

Alutsista Andalan Kekuatan Militer Inggris di Bidang Angkatan Udara

Kekuatan Militer Inggris

en.wikipedia.org

Panavia Tornado

Pesawat tempur supersonik buatan Jerman Barat, Inggris dan Italia ini memiliki dua mesin akselerasi tinggi pada bagian sayapnya. Terdapat 3 macam/varian utama dari pesawat ini, seperti Tornado IDS, Tornado ECR dan Tornado ADV.

Panava Tornado memiliki persenjataan yang lengkap seperti, Mauser BK-27 yang berisi 180 peluru berukuran 2×27 mm. Tidak sampai disitu, pesawat tempur ini juga dilengkapi dengan berbagai persenjataan bom dan rudal yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat berperang.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: