_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Keistimewaan Batu Marmer bagi Kehidupan Manusia

Umumnya batu marmer terdiri atas sekumpulan mineral kalsit yakni kalsium karbonat CaCO3 beserta beberapa kandungan mineral minor lainnya semisal klorit, tremolit, kuarsa dan silikat (hermatite, limonit dan graphit). Harga yang ditawarkan dari batu berjenis marmer sangatlah bergantung terhadap warna dan tekstur.

Batu marmer dengan fisik warna putih jernih dinilai memiliki kualitas tinggi, hal ini dikarenakan adanya 90% kandungan kalsit yang berada di dalam batu marmer tersebut. Lain dari pada itu, batu marmer berwana abu-abu umumnya dihasilkan dari kandungan graphit di dalamnya.

Untuk batu marmer berwarna pink dan merah umumnya disebabkan karena adanya kandungan hernatite pada batuan tersebut. Sementara itu batu marmer yang berwarna kuning dan krem terkadang dipengaruhi kandungan limonit pada batuan tersebut. Jika diamati berdasarkan besar butirannya, biasanya batu marmer memiliki tekstur halus dan kasar.

Sifat lainnya yang juga dapat mempengaruhi terhadap kualitas dari batu marmer ini yaitu adanya porositas serta kekuatan regangan dan ketahanan batuan jenis marmer terhadap teriknya cuaca dan dinginnya suhu.

Marmer adalah hasil dari bahan galian atau tambang yang mana memang sudah terkenal sangat lama oleh masyarakat. Bahkan, batuan marmer sempat menjadi daya tarik perhatian ketika batu tersebut memiliki keistimewaan berupa dapat tembus cahaya. Alhasil, marmer tersebut memiliki harga jual yang sangat mahal, meskipun kabarnya hanya diberitakan secara orang per orang karena berbagai misteri dan segala hal mistik sudah tercampur di dalamnya.

Proses Terbentuknya Batu Marmer

Penambang Batu Marmer

beritadaerah.co.id

Batuan marmer biasa disebut dengan batu pualam. Batu ini terbentuk akibat adanya proses metamorfosis dari batuan asal berupa batu kapur. Kemudian perubahan terhadap pengaruh temperatur serta tekanan yang dihasilkan dari gaya endogen memunculkan terjadinya proses kristalisasi ulang pada batuan marmer tersebut. Sehingga terbentuklah beragam foliasi dan non foliasi. Akibatnya, struktur batuan tersebut hilang kemudian membentuk suatu tekstur baru menjadi butir-butir yang teratur.

Di Indonesia, pembentukan jenis mineral seperti sudah ditemukan semenjak 30 sampai 60 juta tahun yang silam. Keberadaan batu marmer akan sesalu berasosiasi pada batu gamping. Namun, hal ini bukan berarti bahwa jika ada batu gamping maka ada batu marmer. Karena keberadaan dari batu marmer ini sangat berkaitan dengan suatu proses gaya endogen yang kerapkali mempengaruhi, entah itu berupa tekanan atau bisa jadi perubahan suhu ekstrem yang tinggi.

Jual Marmer Berkualitas

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: