_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Jangan Ngaku Anak IT, Kalau Belum Tau Jenis – Jenis Software Ini

Software atau dalam bahasa Indonesia disebut perangkat lunak, adalah sekumpulan perintah yang dieksekusi oleh sistem komputer dalam menjalankan tugasnya. Software bertugas menghubungkan antara pengguna dengan perangkat komputer dan sistem operasi. Selain itu, software juga berfungsi untuk mengontrol perangkat, memproses data, menganalisa data dan menghasilkan data.

Seiring dengan lajunya perkembangan jaman membuat ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komputer maka semakin banyak program-program yang bermunculan. Tak heran jika banyak ide kreatif dan inovatif dari para generasi muda yang mempunyai passion dibidang IT mampu membuat sebuah software yang bisa membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah.

Nah, di sesi kali ini saya akan membahas beberapa jenis software yang tergolong ke dalam 4 jenis. Berikut beberapa jenis software harus kamu ketahui.

1. Software Operating System

Sistem Operasi - Jenis-Jenis Software

flickr.com

Dalam bahasa Indonesia, operating system berarti sistem operasi. Merupakan sistem yang bertugas sebagai komponen pengolah perangkat lunak dasar yang tersistem pada pengelola sumber daya perangkat keras. Pengguna laptop ataupun PC tidak akan dapat menjalankan program aplikasi komputer mereka tanpa adanya sistem operasi, kecuali program booting. Sistem operasi mencakup beberapa pemrosesan data, penyimpanan data, dan penjadwalan perhitungan penggunaan memori yang sitematis. Contoh beberapa sistem operasi yang populer yaitu Microsoft Windows, Linux dan Unix.

2. Software Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman - Jenis-Jenis Software

pixabay.com

Dengan bahasa pemrograman ini, seorang programmer mampu membuat software yang membantu mengelola data-data pekerjaan manusia secara tepat dan efisien. Ini dikarenakan bahasa pemrograman sendiri adalah suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang digunakan membuat sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer atau laptop dengan tujuan agar mempunyai fungsi tertentu. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang paling digunakan oleh programmer Indonesia yaitu HTML, PHP, ASP, Delphi, JAVA, Visual Basic dan masih banyak lagi. Pada hakikatnya, bahasa pemrograman memiliki tingkat kerumitan yang amat tinggi bagi sebagian orang. Tak heran jika para programmer rentan terkena stress jika software yang ia buat tidak sesuai dengan harapan atau mengalami error ringan berkali-kali. Mungkin karena rentan stress itulah banyak beberapa perusahaan yang meng-hire karyawan programmernya dengan nilai yang fantastis.

3. Software Office Suite

Software Aplikasi - Jenis-Jenis Software

pixabay.com

Sejatinya software aplikasi memang diciptakan untuk membantu penunjang produktivitas pekerjaan manusia. Software aplikasi ini penting, terutama bagi mereka seperti para programmer, desainer grafis dan karyawan kantoran. Salah satunya adalah mereka yang bekerja pada bagian administrasi atau pencatatan sipil, tentu pekerjaan ini tidak akan lepas dari software aplikasi, seperti Microsoft Excell. Dengan menguasai program aplikasi ini pula kita bisa membuat sebuah pekerjaan menjadi ringan, bahkan sesekali kita bisa mengembangkan kreatifitas dan keterampilan dengan aplikasi pengolah video atau gambar. Dari hal diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa software aplikasi dari segi praktis bisa digunakan untuk mengasah keterampilan.

4. Software Ultility

Software Utility - Jenis-Jenis Software

pixabay.com

Sebuah laptop pastinya memerlukan beberapa perawatan yang khusus guna menjaga kinerja dari komputer dan memperbaiki file pada bagian bad sector hardisk. Maka dari itu, software ultility ini penting guna pemeliharaan dan perawatan laptop itu sendiri. Software ultility terdiri dari dua macam yaitu Ultility Internal (bawaan Windows) dan Ultility External (bukan bawaan Windows). Software ultility internal yaitu software yang sudah terpasang pada windows secara default, misal Disk Defragmenter, Notepad, dan Disk Cleanup. Sedangkan software ultility external merupakan kebalikan dari software external, misal Avast Antivirus, Tune Up Ultilities dan lain sebagainya.

Nah, sekarang kita sudah paham tentang beberapa jenis-jenis beberapa jenis software yang digunakan pada perangkat komputer. Di kesempatan yang akan datang, Insya Allah saya akan membahas beberapa lisensi software pada program komputer. Demikian apa yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata yang tidak tepat.

 

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: