_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Jenis – Jenis Lisensi Software yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Buat kamu yang sering duduk berlama-lama di depan laptop demi menyelesaikan tugas/pekerjaan kantor, pasti istilah lisensi software ini bukanlah hal yang baru untuk kamu sendiri. Meskipun begitu, terkadang kita kesulitan memberikan penjelasan secara rinci mengenai apa yang dimaksud dengan lisensi software. Nah mari kita telaah terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pengertian lisensi dibawah ini.

Pengertian Lisensi

Secara umum, definisi lisensi adalah hak izin yang diberikan oleh pemilik rahasia dagang atau perusahaan kepada pihak lain melalui sebuah perjanjian berdasarkan dengan pada pemberian hak untuk menfaatkan ekonomi dari suatu rahasia dagang yang diberi perlindungan dalam syarat dan jangka waktu tertentu.

Software merupakan salah satu bentuk karya intelektual seseorang atau kelompok. Tidak heran jika software tersebut masuk dalam ciptaan yang telah dilindungi oleh Undang-Undang. Bisa kita tarik kesimpulan bahwa seorang programmer alias pembuat software wajib mempunyai hak ekslusif untuk memperbanyak ataupun memberikan izin kepada pengguna lain dalam pemanfaaatan software ciptannya.

Penggunaan software dengan cara ilegal bisa terjadi apabila seseorang memanfaatkan suatu software tanpa memiliki hak izin (lisensi) dari pemegang hak cipta software itu sendiri. Misal jika ada ketentuan bahwa software hanya boleh di-install pada satu komputer saja, namun pada kenyataannya software ter-install di lebih dari satu komputer dengan satu lisensi. Maka hal ini dapat dimasukkan ke dalam penggunaan software ilegal.

Menurut Microsoft dalam The Hallowen Document menyatakan bahwa ada beberapa jenis lisensi software yang biasanya digunakan pada program komputer, diantaranya yaitu:

1. Lisensi Komersial

Software Lisensi Komersial - Jenis-Jenis Software

offerpop.com

Jika kamu menemui perangkat lunak seperti Microsoft dengan produk Windows dan Officenya. Perlu kamu ketahui, bahwa software tersebut merupakan beberapa contoh dari software yang berlisensi komersial. Sebelum meng-install atau menggunakan software yang berlisensi ini, biasanya kita diharuskan untuk memasukkan kode atau password CD registrasi yang tertera pada bungkus kaset. Adapun jika kita membeli software melalui media internet, biasanya para penjual akan mengirimkan CD key atau password melalui email setelah kita membayar/mengunduh software tersebut. Dikarenakan penggunaannya yang terbatas dan berbayar, software berlisensi komersial ini rawan dengan kasus pembajakan yang kini mulai marak di Internet.

2. Lisensi Percobaan atau Trial

Software Lisensi Trial - Jenis-Jenis Software

nfmwindsor.co.uk

 

Dengan lisensi ini pengguna mendapatkan izin menyalin dan menggunakan secara bebas. Namun karena software ini bersifat percobaan, terkadang masa aktif dan beberapa fiturnya pun dibatasi. Hal ini bertujuan agar pengguna membeli software tersebut secara full version. Sehingga pemegang hak cipta software di untungkan dengan adanya software berlisensi ini. Contoh software berlisensi trial yaitu Avast Antivirus, Internet Download Manager dan AVG Tune Up.

3. Lisensi Non-Komersial

Software Lisensi Non Komersial - Jenis-Jenis Software

scholastic.com

Lisensi ini khusus bagi sebuah yayasan atau lembaga pendidikan tertentu. Software berlisensi ini bebas untuk digunakan namun mempunyai batasan penggunaan tertentu yang wajib disepakati oleh tiap penggunanya.

4. Lisensi Berbagi

Software Lisensi Berbagi - Jenis-Jenis Software

mashable.com

Berbeda dengan Trialware atau Trial Software, lisensi ini mempunyai fitur yang lengkap dan tidak dibatasi oleh waktu. Sehingga para pengguna diizinkan secara cuma-cuma untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada pembuat software.

5. Lisensi Open Source

Software Lisensi Open Source - Jenis-Jenis Software

digital-era.net

Para pengguna dari lisensi ini dibebaskan untuk menjalankan, menggandakan dan mengubah apabila ada source code yang perlu dibenahi pada suatu software. Keberadaan dari open source ini sangat didukung oleh Internet. Karena banyak situs-situs Internet yang mengulas dan menyertakan link download software, sehingga software mudah untuk di dapatkan. Salah satu perangkat lunak berlisensi open source yang paling populer adalah Linux.

Dengan ini usai sudah penjelasan mengenai jenis-jenis lisensi software yang perlu kita pelajari. Semoga menambah wawasan bagi kalian, khususnya bagi para siswa TKJ yang memerlukan berbagai macam referensi tentang dunia komputer.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: