Kupas Tuntas Berbagai Jenis Keyboard dari Masa ke Masa

Keyboard komputer? Siapa sih yang ga kenal sama alat input yang satu ini? Awal mula penciptaanya, keyboard komputer ini diilhami oleh sebuah penemuan dari mesin ketik rancangan dasar yang dibuat oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan mulai dijual pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.

Saat awal rilis, keyboard komputer mula-mula disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman jarak jauh (teletype). Tepatnya pada tahun 1946, komputer ENIAC mengandalkan sebuah pembaca kartu pembuat lubang sebagai alat masukkan dan keluaran kala itu.

Dewasa ini, beberapa pabrikan keyboard terkemuka sudah banyak memproduksi berbagai jenis keyboard yang tentunya akan semakin nyaman dipakai seiring berjalannya waktu. Jenis-jenis keyboard semakin hari semakin inovatif sehingga memudahkan para pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efektif.

Salah satu jenis layout keyboard yang paling banyak digunakan oleh hampir seluruh dunia yaitu layout keyboard berjenis QWERTY. Lain dari itu, layout keyboard berjenis DVORAK, QWERTZ dan AZERTY masih digunakan oleh beberapa pengguna meskipun tidak sebanyak dengan QWERTY. Dalam postingan kali ini saya akan membahas jenis-jenis keyboard mulai dari layout sampai dengan konektor akan dibahas lengkap disini. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini.

Jenis – Jenis Keyboard Berdasarkan Tata Letaknya

1. Layout Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY

apple.stackexchange.com

Scholes, Gliden dan Soule melakukan sebuah penemuan dengan menciptakan sebuah mesin ketik yang berlayout QWERTY ini pada tahun 1878. Hingga akhirnya layout ini sukses menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. QWERTY diambil dari 6 huruf secara berurutan tepatnya di baris kedua dari tombol alfanumerik dari keyboard itu sendiri.

Baca Juga : Jenis – Jenis Lisensi Software yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Desain tombol keyboard QWERTY yang tidak berurutan secara huruf alfabet, memang diciptakan untuk bisa meminimalkan kemacetan saat mengetik pada mesin ketik mekanik. Meskipun layout QWERTY terbilang sangat luas dalam pemakaiannya, tetapi tata letak ini juga memiliki beberapa kelemahan, salah satunya yaitu tidak efisien.

Misalnya 48 persen dari semua tombol yang ada hanya dilakukan oleh sebuah tangan. Sementara itu, hanya 32 persen untuk menekan pada baris awal dari posisi jari yang ada pada keyboard. Disinilah letak kelemahan itu, ternyata beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan. Contoh kelemahan paling nyata dari tata letak QWERTY yaitu pengetikan huruf “a” lumayan sering dipakai namun harus dilakukan oleh jari manis dari tangan kiri yang lemah.

2. Keyboard DVORAK

Keyboard DVORAK

en.wikipedia.org

Keyboard ini ditemukan pada tahun 1932 tepatnya sebelum negara kita merdeka. Keyboard ini memiliki susunan huruf yang sedemikian rupa agar tangan kanan lebih banyak bekerja daripada tangan kiri. Tak hanya itu, tata letak DVORAK ini dirancang agar 70 persen pengguna keyboard jatuh pada tombol yang berada di home row.

Baca Juga : 5 Game Petualangan Terbaik Ini Ampuh Hilangkan Rasa Jenuhmu

Tidak heran jika tata letak ini bisa mengurangi kelelahan saat melakukan pengetikan. Sejumlah percobaan yang dilakukan oleh berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa tata letak DVORAK jauh lebih efisien 10 sampai 15 persen dibandingkan tata letak QWERTY.

3. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard KLOCKENBERG

gakkeryhip.com

Keyboard ini sengaja dibuat agar bisa menyempurnakan beberapa jenis keyboard lain yang sudah ada. Keyboard KLOCKENBERG memisahkan kedua bagian keyboard yaitu bagian kanan dan kiri. Bagian kanan dan kiri keyboard ini terpisahkan sudut 15 derajat dengan dibuat agak miring ke bawah.

Baca Juga : Apa itu Disk Defragmenter ?

Keyboard KLOCKENBERG juga mempunya tombol-tombol yang dibuat lebih berdekatan dengan meja kerja, tak heran jika pengguna dari keyboard ini akan terasa lebih nyaman saat mengetik. Selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan, keyboard KLOCKENBERG juga dirancang untuk beban otot terutama pada tangan dan bahu. Otomatis dengan terpisahnya bagian kiri dan kanan membuat keyboard ini lebih efisien dan tidak memakan ruang.

4. Keyboard Maltron

Keyboard Maltron

arekubl.blogspot.com

Berbeda dengan jenis keyboard pada umumnya, rupanya keboard Maltron ini dibuat dengan bentuk yang agak cekung ke dalam. Pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis yang lurus.

Baca Juga : Beli Motherboard Dulu atau Processor Dulu?

Produsen Maltron sendiri mempecayai bahwa pada dasarnya hanya 8 dari sepuluh jari yang digunakan manusia saat mengetik dengan keyboard biasa dan hal inilah yang biasanya dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Jika kita menggunakan keyboard Maltron, maka keyboard itulah yang nantinya akan menyesuaikan dengan bentuk tangan kita sehingga nyaman saat digunakan.

5. Keyboard Chord

Keyboard ini hanya memiliki 4 sampai 5 tombol pada tata letaknya. Untuk menyisipkan suatu huruf maka pengguna harus menekan tombol tersebut secara bersamaan. Ukurannya terbilang unik karena berukuran sangat mini sehingga cocok diaplikasikan sebagai keyboard portabel.

Baca Juga : Tutorial Lengkap Cara Shutdown Otomatis di Windows 7 / 8

Keyboard bisa dibilang dapat meningkatkan kecepatan saat mengetik. Sayangnya keyboard ini kurang populer karena apabila digunakan dalam pemakaian yang lama dapat menybebkan kelelahan pada tangan. Berikut ini beberapa jenis layout keyboard jenis chord yang harus kamu ketahui :

Keyboard Palantype
Keyboard Palantype

normawhite.co.uk

Jenis keyboard chord yang satu ini mempunyai 3 kelompol karakter. Pada bagian kiri menunjukkan kelompok dari konsonan awal sebuah kata, bagian tengah menunjukkan beberapa karakter dari karakter vokal sengkan bagian kanan menunhukkan kelompok konsonan dari abjad terakhir.

Keyboard Stenotype
Keyboard Stenotype

lelong.com.my

Steno merupakan suatu jenis tulisan singkat yang biasanya digunakan oleh wartawan untuk mencatat percakapan dari seseorang. Para wartawan paling banyak menggunakan jenis layout ini sebagai alat untuk pencatat hasil wawancara dengan cepat.

6. Keyboard Alphabetic

Keyboard Alphabetic

foreignlanguagekeyboard.com

Seperti halnya dengan layout QWERTY dan DVORAK, keyboard ini juga memiliki layout yang hampir sama dengan jenis keyboard tersebut. Perbedaannya hanya terletak pada susunan hurufnya yang berurutan sesuai dengan abjad. Biasanya keyboard ini sering kita jumpai pada mainan anak-anak yang ingin belajar mengenal huruf alphabet.

7. Keyboard Numeric

 Keyboard Numeric

aliexpress.com

Keyboard ini digunakan untuk menyisipkan angka secara cepat dalam jumlah yang sangat besar. Biasanya letak tombol numerik ini berada pada bagian kanan dari layout keyboar QWERTY itu sendiri.

Jenis-Jenis Keyboard Berdasarkan Konektornya

1. Keyboard Serial

Keyboard Serial

recycledgoods.com

Jenis keyboard ini sering digunakan untuk komputer yang bertipe AT. Karena jenis konektor ini masuk ke dalam kategori serial, maka untuk mnghubungkannya harus dengan komputer yang mempunyai port serial pula.

2. Keyboard PS/2

Keyboard PS/2

www.cafr.ebay.ca

Keyboard ini sangat jarang digunakan meskipun beberapa casing CPU dan Motherboard terbaru masih memasang port ini pada bagian konektor mereka. Port PS/2 biasanya digunakan pada komputer yang bertipe ATX. Pemasangan keyboard ini harus dengan cermat dan teliti, sebab port ini terkadang mengalami kerusakan pada jarum konektor yang dapat melengkung apabila terjadi salah pasang.

3. Keyboard USB

Keyboard USB

dsi-keyboards.com

Komputer terbaru kini sudah banyak menggunakan jenis konektor USB ini. Konektor ini dipercaya lebih cepat dalam transfer data. Berbeda denga jenis konektor PS/2, keyboard jenis USB ini lebih mudah dalam pemasangannya

4. Keyboard Wireless

Keyboard Wireless

amazon.com

Sesua dengan arti namanya, jenis keyboard wireless ini tidak menggunakan kabel sebagai media penghubung antara komputer dengan keyboard. Melainkan keyboard ini menggunakan infra red, wifi ataupun blutooth sebagai media penghubungnya.

Untuk menghubungkan keyboard wireless dengan komputer setidaknya dibutuhkan 1 unit pemancar dan penerima. Biasanya unit pemancar terletak di dalam keyboard itu sendiri. sedangkan penerima biasanya terpasa pada port USB atau serial pada konektor CPU

One Response

  1. s.magie 10 Oktober 2015

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: