7 Foto Menggemaskan dari Jenis – Jenis Hamster Paling Mahal di Dunia

Hamster awalnya digunakan oleh para ilmuwan laboratorium sebagai media binatang percobaan. Dan seiring perjalanan waktu, lambat laun masyarakat mulai terpikat dengan wajah lucu dan bentuk mungil dari hamster sehingga dijadikan binatang peliharaan. Biaya perawatan yang murah serta efisien merupakan daya tarik tersendiri bagi para pecinta hamster untuk merawatnya. Pemilik hamster cukup menyediakan aquarium, botol minum, makanan bergizi, penyerap kotoran dan serbuk kayu untuk media tidur.

Seperti halnya dengan kelinci, marmut dan tikus, hamster masuk dalam kategori ordo Rodentia. Kategori tersebut juga masuk dalam sebuah subfamili Cricetinae yang terbagi ke dalam sekitar 18 spesies dengan klasifikasi enam sampai tujuh genus. Dari beberapa genus tersebut, hamster kini sudah tersebar di berbagai belahan dunia. Misalnya genus yang paling populer yaitu genus mesocricetus, phodopus, cricetus dan masih banyak lagi.

Di kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai jenis jenis hamster yang ada di dunia. Tentunya dengan beberapa foto yang akan membuatmu semakin gemas dengan hewan yang berwajah lucu ini. Penasaran? Berikut liputannya.

1. Hamster Suriah (Mesocricetus Auratus)

Hamster Suriah

webciki.com

Pengerat yang satu ini bisa juga disebut dengan Hamster Emas. Hamster Suriah merupakan jenis hamster yang masuk dalam anggota Cricetineae. Hamster ini adalah salah satu binatang yang terancam kepunahannya. Namun disisi lain binatang ini populer untuk dijadikan sebagai peliharaan maupun penelitian ilmu pengetahuan. Jika sudah beranjak dewasa, ukuran tubuh hamster suriah bisa berkembang hingga 12,5 sampai 17,5 cm. Hewan ini biasanya mempunyai kuota umur antara 2 sampai 3 tahun.

2. Hamster Turki (Mesocicetus Brandt)

Hamster Turki

zoologie.uni-halle.de

Spesies ini memiliki relasi yang hampir dekat dengan hamster suriah. Para ilmuwan laboratorium biasanya memanfaatkan hewan ini sebagai media penelitian, namun tak jarang juga para pecinta hamster menyukai hewan ini sebagai binatang peliharaan. Sifatnya yang agak ganas dan cenderung agresif membuat hamster ini kurang populer. Tak heran jika hamster ini hanya terjual di beberapa toko binatang Amerika Serikat saja.

3. Hamster Eropa (Cricetus Cricetus)

Hamster Eropa

flickr.com

Disebut dengan hamster Eropa karena hamster ini banyak ditemukan di beberapa negara bagian eropa seperti Rusia, Rumania dan Belgia. Selain itu, hamster eropa sangat menyukai habitat yang berapa di daerah peternakan, padang rumput dan kebun. Ukurannya yang lebih besar dari hamster suriah menjadi alasan mengapa hamster eropa ini cocok untuk dirawat sebagai binatang peliharaan.

4. Hamster Rumania (Mesocricetus Newtoni)

Hamster Rumanian

retrieveman.wordpress.com

Hewan ini dapat ditemui di beberapa toko Rumania dan Bulgaria. Hamster Rumania juga termasuk dalam keluarga Cricetidae dengan genus mesocricetus. Sama halnya dengan hamster eropa, hamster rumania memiliki ukuran tubuh yang besar lebih dari hamster suriah

5. Hamster Kerdil Putih Rusia (Phodopus Sungorus)

Hamster Kerdil Rusia

wikimedia.org

Hamster yang masuk kedalam genus Phodopus ini hidup di negara Kazakhstan, Mongolia dan Siberia. Hewan ini biasanya mempunyai kuota umur pendek yakni antara 1 setengah sampai 2 tahun. Meskipun begitu, hamster ini sebenarnya bisa dapat hidup lebih lama jika perawatannya masih sering diperhatikan.

6. Hamster Kerdil Campbell (Phodopus Campbell)

Hamster Campbell

rafrett.wordpress.com

Hewan yang lumayan populer ini sebenarnya pertama kali ditemukan oleh W.C. Campbell pada tahun 1902 di Tuva yang berada digaris perbatasan Tiongkok dan Rusia. Hamster Campbell memiliki habitat asli berupa padang rumput, padang pasir dan semi gurun. Biji bijian dan serangga merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh hamster campbell pada saat hidup di alam bebas. Selain dikenal sebagai hewan nokturnal, hamster ini juga terkenal dengan sifatnya yang cenderung galak.

7. Hamster Roborovski (Phodopus Roborovskii)

Hamster Roborovski

animalcorner.co.uk

Jarang menggigit serta cenderung takut jika bersentuhan dengan manusia, merupakan salah satu daya tarik tersendiri jika ingin memelihara hamster terkecil dan tergesit ini. Untuk bisa bertahan hidup di daerah padang pasir seperti Gurun Gobi, mereka biasanya menggali lubang antara 60 sampai 200 meter dibawah tanah. Ukuran tubuh hamster roborovski bisa berkembang mencapai 4 sampai 5 cm. Hewan ini biasanya mempunyai kuota umur antara 2 sampai 3 tahun.

3 Comments

  1. Frans Hendra 16 September 2015
  2. Widiyanti 9 Oktober 2015
  3. Wizam Robbani 9 Oktober 2015

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: