Ingin Membeli Mobil Murah 2016? Kenali Dulu Sistem Perhitungan Bunganya!

Memiliki kendaraan pribadi memang membuat Anda menjadi lebih hemat, tak perlu keluarkan biaya untuk transportasi, apalagi untuk penggunaan waktu juga kian fleksibel, kamu dapat pergi kemanapun kapanpun tanpa harus menunggu jam-jam angkutan umum.

Karena pertimbangan inilah banyak yang kemudian memutuskan untuk membeli mobil, namun kian hari harganya yang selalu meningkat membuat beberapa orang juga harus hitung-hitungan dalam membeli kendaraan ini, Anda mungkin juga akan melihat beberapa tawaran mobil murah 2016 sebelum membelinya, mengingat harga tak semurah produk kebutuhan konsumtif.

Bisa dikatakan bahwa sebenarnya membeli mobil ini adalah investasi, mengingat selain dapat dijadikan sebagai kendaraan dalam menemani perjalanan Anda dengan memiliki mobil juga bisa dimanfaatkan sebagai modal untuk mendapatkan uang.

Pada saat-saat tertentu kendaraan Anda memang dapat direntalkan, lumayan uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan yang lainnya. bahkan tak jarang pula diantara mereka yang membelinya secara kredit juga gunakan mobil tersebut untuk berbisnis.

Memang selain melihat dari harga dan kebutuhan beberapa orang juga mempertimbangkan bisnis sebelum membeli kendaraan tersebut. Tak hanya itu ada lagi bagi mereka yang tak memiliki uang dalam jumlah cukup lebih senang membelinya dengan sistem kredit.

Pembelian menggunakan angsuran memang lebih ringan dibandingkan membayar tunai, namun juga arus diketahui bahwa harga menjadi lebih mahal karena kamu diberikan tenor cukup panjang untuk melunasinya.

Hal ini disebabkan beberapa bunga yang dikenakan oleh pihak pembiayaan, nah sebelum kamu memutuskan membeli dengan sistem tersebut alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu apa saja bunga yang umum dikenakan oleh bank untuk nasabah mereka, yaitu:

  • Bunga flat*, dari namanya saja tentu Anda sudah tak begitu asing, umumnya memang diberikan untuk produk pembiayaan kendaraan dengan nilai yang sama atau flat, jenis yang satu ini memiliki sistem perhitungan yang mudah. Umumnya kamu dapat mengenalinya dari biaya angsuran yang ditawarkan, jika dari waktu ke waktu nilai angsuran Anda tak berubah, baik itu naik maupun turun maka sebenarnya bank mengenakan jenis bunga tersebut. Bagi Anda yang memang tak mau membayar dengan nilai berubah-ubah tiap waktunya alangkah baiknya memilih sistem pembuangan flat.
  • Bunga efektif*, jenis yang satu ini memang agak berbeda dibandingkan dengan flat karena menghitung berdasarkan sisa utang pokok, namun jika dilihat-lihat sebenarnya angsuran yang diberikan nasabah tetap sama nilainya, umumnya jenis yang satu ini dikenakan pada kredit perumahan atau untuk mereka yang tengah berinvestasi.
  • Bunga anuitas*, beberapa diantara Anda mungkin jarang yang mendengar nama tersebut, mengingat produk yang dikenal juga cukup jarang. Sebenarnya jenis yang satu ini merupakan modifikasi dari bunga efektif, maksudnya adalah untuk mempermudah nasabah dalam mengangsur, jika dilihat perhitungannya memang lebih rumit, namun nasabah tetap membayar dalam jumlah yang sama tiap bulannya.

Penting bagi Anda untuk mengetahui jenis bunga apa yang tengah diterapkan dalam kredit tersebut, untuk itulah sati hal penting yang harus diketahui adalah simulasi pembayaran, apalagi yang tengah mengajukan kredit rumah yang nilainya besar.

Nah bagaimana, apakah kamu masih tertarik untuk ajukan kredit kendaraan pada lembaga keuangan. Jika membeli mobil baru dirasa terlalu memberatkan, mobil bekas dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan, dilihat dari nilainya lebih rendah, meskipun kualitas memang barang second, tinggal Anda sendiri sebagai konsumen yang harus pintar-pintar dalam memilih.

 

 

*) Dalam agama Islam, jenis-jenis Kredit dan Bunga yang ditawarkan diatas adalah salah satu bentuk riba. Dan Allah SWT. melarang umat Islam dan seluruh manusia untuk berniaga secara riba, seperti yang tertera pada Qur’an surah Al-Baqarah : 275 berikut ini

 

اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبَوا لَايَقُمُوْنَ إِلّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبُّطُهُ الشَّيْطَنُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُو اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْل الرِّبَوا وَاَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَوا

Artinya: “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran tekanan penyakit jiwa (gila). Keadaan mereka yang demikian itu disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah SWT telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: