_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Wow ! 13 Dataran Ini Masuk Dalam Daftar Gurun Terluas di Dunia

Dilansir dalam situs Wikipedia, gurun dapat definisikan sebagai salah satu tempat bercurah hujan rendah, bahkan hampir setahun sekali. Hampir sepertiga wilayah bumi memiliki dataran berbentuk gurun. Manusia pastinya akan sulit jika kita hidup di dataran tandus ini, mengingat kebutuhan manusia yang bergantung pada ketersediaan air mineral.

Namun disisi lain, gurun tetap menyimpan kehidupan bagi beberapa hewan dan binatang kecil lainnya meskipun mereka cenderung lebih aktif pada malam hari ketimbang siang harinya. Hal ini dikarenakan agar mereka tidak kehabisan cairan tubuh, sehingga mereka bisa lebih aktif untuk tetap berburu mangsa dan berkembang biak.

Tanpa banyak basa-basi, yukk kita simak beberapa gurun terluas di dunia berikut ini šŸ˜€

1. Gurun Antartika

Gurun Antartika - Gurun Terluas di Dunia

travelhdwallpapers.com

Berbeda dengan definisi gurun diatas, gurun ini justru memiliki dataran yang basah dan dingin di bagian permukaannya. Gurun Antartika merupakan sebuah gurun yang memiliki luas sekitar 13.829.430 kmĀ². Selain itu, gurun tersebut berada di kutub Selatan tepatnya Benua Antartika.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa wilayah gurun Antartika sebenarnya memiliki keanekaragaman hewan beserta tumbuhan dengan berbagai macam spesies di dalamnya. Untuk itu, gurun Antartika memerlukan sebuah upaya perlindungan danĀ pelestarianĀ beberapa spesies langka yang ditemukan di kawasan Antartika.

So, buat kamu yang ingin tinggal di Gurun Antartika, dapatĀ dipastikan kamu akan merasakan sensasi suhu dingin ekstrim sekitar Ā -57Ā°C !

2. Gurun Es Arktik

Gurun Arktik - Gurun Terluas di Dunia

7-themes.com

Sama halnya dengan gurun Antartika yang memiliki karakteristik berupa dataran es, namun gurun Arktik ini berada di wilayah berbeda yaitu Kutub Utara. Luas wilayah gurun Arktik juga berbeda tipis dengan gurun Antartika yakni sekitar 13,726,937 kmĀ².

Arktik merupakan sebuah bagian kawasan gurun yang terdiri atas beberapa negara seperti Alaska, Rusia, Kanada, Islandia, Greenland, Norwegia dan Lapland.

Di dalam kawasan Arktik, kita bisa menemukan beberapa organisme atau hewan kecil lainnya yang hidup di es. Bahkan, kawasan ini sempat dijadikan tempat wisata bagi para pengunjungnya yang ingin merasakan sesnsasi dingin ala atmosfer Arktik.

3. Gurun Sahara

Gurun Sahara - Gurun Terluas di Dunia

youwall.com

Yaps, gurun yang berada di bagian utara Afrika ini memiliki iklim yang panas danĀ sangat ekstrim. Luasnya pun tak tanggung-tanggung yaitu sekitar 9.100.000 kmĀ² ! Tak heran jika gurun Sahara kini sudah ditetapkan oleh badan UNESCO sebagai gurun terluas dan terbesar di dunia

Sebagian ilmuwan telah meyakini bahwa gurun Sahara telah mengalami berbagai perubahan iklim selama beberapa ratusan ribu tahun terakhir. Suhu rata-rata di gurun Sahara yaitu 30Ā°Celcius. Namun jika memasuki musim panas, suhu di dataran tersebut bisa naik hingga 50Ā° Celcius. Tercatat, gurun Sahara sempat mengalami suhu tertingginya sebesar 58Ā° Celcius.

4. Gurun Semenanjung Arabia

Gurun Semenanjung Arab - Gurun Terluas di Dunia

deviantart.net

Di bagian utara Arab Saudi, terdapat sebuah gurun yang memiliki luas 2.330.000 kmĀ². Gurun Arabia atau biasa disebut dengan Semenanjung Arab, merupakan sebuah gurun yang terdiri atas gurun an-Nafud dan Rub al-Khali.

Gurun an-Nafud memiliki luas sekitar 68.035 kmĀ². Sementara itu, Rub al-Khali memiliki dataran yang lebih daripada an-Nafud yakni 593.110 kmĀ². Dapat diperkirakan luasĀ 841.750 kmĀ² wilayah Arab Saudi dihuni oleh beberapa bukit pasir aktif yang dapat berpindah sewaktu-waktu karena tiupan angin.

5. Gurun Gobi

Gurun Gobi -Gurun Terluas di Dunia

onthegotours.com

Dari Arab Saudi sekarang kita beralih ke Tiongkok. Gurun Gobi atau dalam bahasa Tionghoa disebut dengan Gebi, yang berarti wilayah sangat besar dan kering di daerah selatan Mongolia. Gurun Gobi merupakan gurun terluas dan terbesar di Asia.

Usut punya usut, ternyata gurun Gobi sempatĀ menjadi saksi bisu dalam sejarah Kekaisaran Mongolia. Selain itu, Gobi juga menjadi bagianĀ lokasi terpenting dari sepanjang Jalur Sutra. Di area kawasan gurun Gobi, terdapat jenis binatang yang mematikan yaitu cacing maut mongolia.

6. Gurun Kalahari

Gurun Kalahari - Gurun Terluas di Dunia

flickr.com

Balik lagi ke Afrika, Kalahari merupakan sebuah padang rumput yang amat luas dan membentang dari Namibia hingga Zimbabwe. Sepeti yang dilansir dalam situs Wikipedia, Gurun Kalahari memiliki luas sekitar 900,000 kmĀ² dengan curah hujan antara 13 cm sampai 51 cm pertahunnya.

Bebagai hewan dan tumbuhan purba yang sudah ada dari 60 juta tahun lalu ternyata masih ada di Kalahari. Awalnya, gurun Kalahari merupakan cekungan pasir yang terisi air di dalamnya. Seiring berjalannya waktu selama ribuan tahun, air tersebut akhirnya mengering. Sehingga meninggalkan lapisan pasir berwarna merah.

Selama proses pengeringan air itulah beberapa tumbuhan mulai tumbuh subur. Kemudian, mulailah sebuah habitat baru yang menyediakan berbagai sumber makanan bagi beberapa hewan di kawasan tersebut

7. Gurun Patagonia

Gurun Patagonia - Gurun Terluas di Dunia

en.wikipedia.com

Sama halnya dengan Gobi yang merupakan gurun terluas se-Asia, namun yang berbeda adalah wilayahnya. Gurun Patagonia menjadi gurun terluas se-Amerika. Patagonia memiliki luas sekitar 673,000 kmĀ². Sebagian besar wilayah Gurun Patagionia terbagi atas 2 negara yaitu Chile dan Argentina Selatan.

Anehnya, meskipun datarannya agak tandus namun suhu rata-rata gurun di gurun ini sangatlah rendah yakniĀ antara 3 Ā°Celcius sampai dengan 12 Ā°Celcius.Ā Di wilayah ini, musim dingin terjadi selama 7 bulan dan sisanya lagi untuk musim panas selama 5 bulan.

8. Gurun Great Victoria

Gurun Great Victoria - Gurun Terluas di Dunia

thelandy.com

Great Victoria merupakan salah satu gunung terluas di dunia yang letaknya berada di Australia. Di dalamnya kamu dapat menemukan sandhilll kecil, danau garam dan dataran rumput yang luas.

Luas wilayah gurun ini mencapai 424.400 kmĀ² dengan suhu di siang antara 32Ā° sampai 40Ā°C. Sementara itu jika di musim dingin dataran, great victoria memiliki suhu mencapai 18Ā° sampai 23Ā°C

9. Gurun Syrian

Gurun Syrian - Gurun Terluas di Dunia

flickr.com

Gurun Syrian atau sering dikenal juga dengan sebutan gurun Siro Arab ini memiliki luas sekitar 520.000 kmĀ². Selain itu gurun ini merupakan kombinasi antara padang dengan gurun sejati yang berada di sebelah utara semenanjung arab.

10. Gurun Great Basin

Gurun Great Basin - Gurun Terluas di Dunia

californiaherps.com

Great Basin merupakan sebuah gurun di dataran tinggi Amerika Serikat yang memiliki luas sekitar 1.300.000 km2. Di ujung gurun Great Basin, terdapat sebuah perbatasan negara yang memisahkan Amerika dengan Meksiko. Tak jarang jika permasalahan antar kedua negara tersebut sering dipicu akibat pembagian perbatasan yang kurang seimbang.

11. Gurun Turkestan

Gurun Turkestan - Gurun Terluas di Dunia

toptenthailand.com

Luas gurun Turkestan ini mencapai 1.900.000 kmĀ². Dataran Turkestan membentang luas meliputi beberapa negara pecahan di Eropa, seperti Uni Soviet dari Turkmenistan sampai menuju dataran Kirgyztan yaitu Kara-Kum dan Kyzylkum.

Suhu di gurun ini terkenal sangat panas, hampir di atas 50Ā°Celcius. Hal tersebut menyebabkan tanaman khas gurun pun sering kali tidak bisa hidup dengan baik.

12. Gurun Thar

Gurun Thar - Gurun Terluas di Dunia

en.wikipedia.org

Gurun Thar membentang luas bagai lautan pasir dari daratan India hingga Pakistan utara. Dengan luas sekitar 600.000 kmĀ², gurun ini rupanya memiliki karakteristik yang agak berbeda dari gurun berpasir. Salah satunya adalah tiupan cukup kencang dari Gurun Thar yang sering kali menyebabkan badai angin.

13. Gurun Taklamakan

Gurun Taklamakan - Gurun Terluas di Dunia

blogs.ft.com

Dengan luas 480.000 kmĀ², kawasan sekitar Gurun Taklamakan akan didatangi musim dingin selama tujuh bulan. Selanjutnya, gurun ini akan mengalami musim panas pada lima bulan kemudian.

Jika musim dingin tiba, beberapa hewan di kawasan tersebut sering kali hijrah ke daerah lainnya karena cuacanya yang tidak bersahabat. Oleh karena itu, Gurun Taklamakan tidak hanya masuk sebagai gurun terluas di dunia namun juga sebagai gurun terganas di dunia.

Terkait :

Tempat Wisata Australia yang Layak Kamu Kunjungi

Kekuatan Militer Indonesia Disegani oleh Dunia

Cara Membuat Scrapbook Sederhana tapi Keren

Cara Keja Enzim Dalam Tubuh Manusia

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: