Belajar Gambar Kunci Dasar Gitar untuk Gitaris Otodidak

GAMBAR KUNCI DASAR GITAR – Belajar gitar melalui gambar kunci gitar di beberapa situs Internet, memang menjadi jalan alternatif tersendiri bagi segelintir orang yang ingin belajar gitar secara otodidak. Walaupun hanya menggunakan media gambar kunci dasar gitar dan sedikit penjelasan, namun cara ini dapat dinilai efektif dalam pengembangan pembelajaran gitar untuk kedepannya.

Pada hakikatnya, alat musik gitar sangat mudah untuk dikuasai. Kecuali jika kamu kurang serius dalam mempelajari setiap langkah demi langkah di tiap proses latihannya. Oleh karena itu, konsistensi dan ketekunan sangat diperlukan agar semua skill bisa dikuasai secara sempurna.

Latihan secara rutin dan teratur akan membuatmu semakin menyatu dengan gitar. Nah, dalam artikel ini, penulis akan membahas sedikit tutorial bagaimana cara bermain gitar yang baik beserta gambar dan penjelasannya. Jadi, kamu tidak perlu lagi untuk repot-repot membeli buku panduan belajar gitar di beberapa toko buku terdekat.

Gambar Kunci Dasar Gitar Untuk Gitaris Pemula

Dibawah ini beberapa gambar kunci gitar lengkap dengan penjelasannya, sehingga memudahkan kamu untuk lebih memahaminya.

1. Kunci Dasar Gitar A

Gambar Kunci Dasar Gitar A

1stpersonguitar.com

Gambar diatas menunjukkan kunci gitar A. Jari telunjuk ditempatkan pada senar 4 kolom, Lalu, jari tengah berada pada senar 3 kolom 2. Jari manis diposisikan pada senar 2 kolom 2. Khusus untuk senar 6 tidak perlu digenjreng, cukup senar 1 sampai 5 saja.

2. Kunci Dasar Gitar Am

Gambar Kunci Dasar Gitar Am

hubpages.com

Gambar Chord Gitar Am

easyguitarguylessons.com

Jari telunjuk diposisikan pada senar 2 kolom satu, sedangkan jari tengah ditempatkan pada senar 4 kolom 2. Terakhir jari manis berada pada senar 3 kolom 2. Sama halnya dengan kunci A, hanya saja senar 6 tidak digenjreng kecuali senar 1 dan 5.

3. Kunci Dasar Gitar B

Gambar Kunci Dasar Gitar B

tomasmichaud.com

Selanjutnya, gambar diatas merupakan kunci gitar B. Bagi sebagian gitaris pemula, kunci ini memiliki kelenturan tersendiri saat memposisikan jari-jari. Sehingga dibutuhkan kelenturan tangan agar suara genjrengan dari kunci B sesuai dengan nadanya.

Jari telunjuk menekan senar 1 dan 5 sekaligus pada kolom 2, sehingga jari telunjuk terlihat lurus. Kemudian jari manis ditempatkan pada senar 4 kolom 3 beserta jari kelingking pada senar 3 kolom ketiga. Gunakan jari tengah untuk menutup senar 6 agar tidak mengeluarkan hasil bunyi dari genjrengan.

4. Kunci Dasar Gitar Bm

Gambar Kunci Dasar Gitar Bm

1stpersonguitar.com

Posisi jari kunci Bm sebenarnya hampir sama dengan kunci B, hanya saja perbedaanya terletak pada jari tengah. Jika kunci B menggunakan jari tengah untuk menutup senar 6, namun pada kunci Bm jari tengah justru digunakan untuk menekan senar 2 kolom 2 saja. Khusus untuk senar 6 tidak perlu digenjreng.

5.  Kunci Dasar Gitar C

Gambar Kunci Dasar Gitar C

1stpersonguitar.com

Gambar diatas merupakan kunci gitar C. Jika dibandingkan dengan kunci B, kunci C ini tidaklah sulit untuk dimainkan. Cukup memposisikan jari telunjuk pada senar 2 kolom 1 dan jari tengah pada senar 4 kolom 2. Sementara itu jari manis menekan senar 5 kolom. Senar yang tidak perlu digenjreng hanyalah senar 6 saja.

6. Kunci Dasar Gitar D

Gambar Kunci Dasar Gitar C

1stpersonguitar.com

Kunci gitar D sangatlah sederhana jika dipraktekkan. Mula-mula jari telunjuk menekan senar 3 kolom 2. Berlanjut ke jari tengah yang diposisikan pada senar 1 kolom 2 serta jari manis pada senar 2 kolom 3. Hanya senar 5 dan 6 saja yang tidak digenjreng, sementara itu senar 4 dibunyikan karena mengandung nada D.

7. Kunci Dasar Gitar Dm

Gambar Kunci Dasar Gitar Dm

1stpersonguitar.com

Posisi senar yang digunakan masih sama seperti kunci D, perbedaannya hanya terletak pada jari telunjuknya yang berfungsi untuk menekan senar 1 kolom 1.

8. Kunci Dasar Gitar E

Gambar Kunci Dasar Gitar E

1stpersonguitar.com

Posisi jari telunjuk ditempatkan pada senar 3 kolom 1 lalu jari tengan pada senar 5 kolom 2. Sedangkan jari manis menekan senar 4 kolom 2. Dalam kunci gitar E, semua senar bisa digenjreng secara bersamaan.

9. Kunci Dasar Gitar Em

Gambar Kunci Dasar Gitar Em

1stpersonguitar.com

Kunci gitar Em sangatlah mudah, karena hanya memerlukan 2 jari saja. Caranya, cukup tempatkan jari tengah pada senar 5 kolom 2 lalu jari manis menekan senar 4 kolom 2. Dalam kunci gitar Em, semua senar dapat digenjreng secara bersamaan.

10. Kunci Dasar Gitar F

Gambar Kunci Dasar Gitar F

1stpersonguitar.com

Sekilas kunci F memang terlihat serupa dengan kunci C. Namun jika kita lihat perbedaanya, jari telunjuk pada kunci F diposisikan pada senar 1 dan 2 pada kolom 1. Berlanjut pada jari tengah yang menekan enar 3 kolom 2. Tak ketinggalan kari manis juga ditempatkan pada senar 4 kolom 3. Hanya senar 6 saja yang tidak digenjreng atau dibunyikan.

11. Kunci Dasar Gitar G

Gambar Kunci Dasar Gitar G

1stpersonguitar.com

Kunci dasar gitar terakhir adalah kunci G. Mula-mula jari telunjuk diposisikan pada senar 5 kolom 2, kemudian jari tengah pada senar 1 di kolom 3. Tak luput, jari manis menekan senar 6 kolom 3. Pada kunci gitar G, semua senar dapat dibunyikan.

Daftar gambar kunci dasar gitar diatas wajib untuk dikuasai jika kamu benar-benar serius untuk mempelajari bagaimana cara bermain gitar tingkat pemula. Tak lain hal ini dikarenakan semua kunci tersebut berada pada nada dasar C yakni Do yang sangat familiar bahkan hampir digunakan oleh kebanyakan lagu.

Tentang alat musik lainnya..

11 Contoh dan Pengertian Alat Musik Ritmis Lengkap

 

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: