_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Mengintip Cara Kerja CPU pada Komputer Beserta Fungsinya

Sama halnya dengan kalkulator, CPU rupanya berfungsi sebagai mesin penghitung. Hanya saja CPU ini jauh lebih kuat dan canggih dalam pemrosesannya. Fungsi yang paling utama dari CPU yaitu melakukan suatu operasi aritmatika dan logika pada data yang sudah diambil dari RAM. Tidak hanya itu, CPU juga memproses sebuah instruksi yang dimasukkan melalui perangkat keras seperti keyboard, scan, joystick, mouse dan lain sebagainya.

CARA KERJA CPU

CPU sebenarnya dapat dikontrol dengan menggunakan sekumpulan instruksi dari semua perangkat lunak yang ada di komputer, terutama Sistem Operasi. Dengan perangkat lunak tersebut maka CPU dapat menjalankan beberapa instruksi dengan membacanya dari media penyimpanan seperti harddisk, flashdisk dan CD/DVD.

Beberapa instruksi itu kemudian disimpan terlebih dahulu pada RAM. Setelah itu setiap instruksi yang ada pada RAM akan diberikan sebuah alamat unik atau biasa disebut dengan alamat memory. Selanjutnya, CPU akan mengakses tiap data-data pada RAM dengan menentukan alamat mana yang akan dieksekusi.

Papan Elektronik

pixabay.com

Saat sebuah program telah tereksekusi, maka data akan mengalir dari RAM ke sebuah unit yang biasa disebut dengan bus. Bus inilah yang nantinya akan menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data selanjutnya akan di-decode dengan menggunakan unit pen-decoder instruksi yang nantinya akan diterjemahkan oleh unit tersebut. Kemudian, data akan berjalan ke sebuah unit aritmatika dan logika (ALU) yang nanntinya akan melakukan kalkulasi dan perbandingan.

BACA JUGA : Apa itu CPU ?

Data yang masih setengah matang sementara disimpan oleh ALU dalam sebuah lokasi memori atau biasa disebut dengan register. Fungsi register ini agar data dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU juga dapat melakukan beberapa operasi tertentu seperti penjumlahan, perkalian, pengurangan serta pengujian kondisi pada data dalam register hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali menuju memori fisik dan media penyimpanan.

Selama proses ini terjadi, sebuah unit penghitung program di dalam CPU akan terus melakukan pemantauan instruksi yang sukses dijalankan. Hal ini bertujuan agar instruksi tersebut bisa dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.

Sebuah sistem komputer pastinya memiliki lima unit yang terdiri dari struktut dasar, yaitu:

  • Unit Masukan (Input Unit)Unit Kontrol (Control Unit)
  • Unit Logika dan Aritmatika (Arithmetic & Logical Unit/ALU)
  • Unit Memori Penyimpanan (RAM/Storage Unit)

Control Unit dan ALU akan membentuk sebuah unit tersendiri yang disebut denga Central Processing Unit (CPU). Selanjutnya data yang telah diterima melalui Input Device akan dikirim ke unit memory fisik yaitu RAM. Setelah itu ALU akan memproses data yang tersimpan di dalam RAM. Hasil proses yang telah selesai akan disimpan kembali ke dalam RAM sebelum dikeluarkan melalu Output Device.

Kendali dan koordinasi terhadap suatu sistem diatas merupakan proses dari apa yang dilakukan oleh Control Unit. Secara ringkas, prinsip kerja komputer yakni Input-Proses-Output (IPO). Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari masing-masing unit yang bekerja pada komputer :

1. Unit Masukan (Input Unit)

Input Devices

catalunyafilmscat.wordpress.com

Unit ini berfungsi sebagai penerima dan pembaca masukan instruksi dari pengguna ke komputer. Setelah itu intruksi tersebut akan diproses dan diteruskan menuju RAM maupun tempat penyimpanan (hardidsk).

BACA JUGA :  Kupas Tuntas Berbagai Jenis Keyboard dari Masa ke Masa

2. Unit Control (Control Unit)

Control Unit

developer.axis.com

Selain berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan, rupanya unit kontrol ini juga melakukan pengendalian pada seluruh sistem yang ada pada komputer. Seperti pengatur rumah tangga pada komputer, unit ini mempunyai kewenangan dalam melakukan beberapa eksekusi. Misal membangkitkan dan mengendalikan sinyal-sinyal kontrol untuk menyesuaikan beberapa operasi dan arus data dari alamat bus sampai dengan data bus.

3. Unit Logika & Aritmatika (Aritmetical & Logical Unit)

Aritmatika dan Logikal Unit

answers..com

Melaksanakan berbagai pekerjaan perhitungan seperti aritmatika dan logika merupakan salah satu fungsi dari unit ini. Selain itu, unit ini juga bertugas untuk menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan pada saat pemrosesan data.

BACA JUGA : Beli Motherboard Dulu atau Processor Dulu?

Salah satu contoh dari proses itu yakni ALU dapat melakukan pekerjaan seperti pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data serta perbandingan data. Tidak heran jika ALU ini merupakan bagian inti dari suatu sistem komputer.

4. Unit Memori Penyimpanan (RAM/Storage Unit)

RAM atau Memory

pixabay.com

Dari namanya saja kita sudah tau kalau unit ini memang berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Data yang telah diterima dari unit masukan akan ditampung ke dalam media penyimpanan tersebut sebelum diolah oleh CPU.

BACA JUGA : Apa itu Disk Defragmenter ?

Setelah semua data telah terproses, maka selanjutnya data akan diteruskan menuju unit keluaran. Suatu sistem komputer sebenarnya memiliki dua macam memori yakni ROM dan RAM. Rom berfungsi untuk membaca sebuah data tanpa menulis, sedangkan RAM berfungsi untuk membaca dan menulis suatu data.

5. Unit Keluaran (Output Unit)

Output Devices

spritesapp.com

Serupa tapi tak sama dengan Input Unit, unit ini berfungsi sebagai penerima hasil dari pengolahan data dari CPU melalui memory. Sama halnya pada unit masukan, maka pada unit keluaran ini juga dikenal dengan beberapa alat untuk hasil keluaran yakni Output Device.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: