_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Contoh Susunan Acara Pernikahan Islami Sesuai Syar’i

CONTOH SUSUNAN ACARA PERNIKAHAN – Pada suatu acara pernikahan, pastinya terdapat susunan acara pernikahan yang sudah direncanakan. Susunan acara pernikahan islami umumnya diadaptasi pada masyarakat muslim agar acara pernikahan dapat berjalan secara syar’i dari permulaan hingga selesai.

Susunan Acara Pernikahan

Susunan acara pernikahan yang diatur dengan matang tentunya akan berdampak pada lancarnya suatu agenda yang akan dilalui.

Umumnya susunan acara pernikahan disusun pada hari H, tepatnya di hari resepsi pernikahan. Lain halnnya dengan acara adat istiadat yang dilaksanakan sebelum hari H berlangsung, sehingga susunan acaranya dibuat tersendiri.

Di masyarakat luas, susunan acara pernikahan terdiri dari 2 bagian yakni akad nikah dan resepsi.

Ingin tahu lebih lengkap? Yuk pelajari berbagai macam contoh susunan acara pernikahan islami masyarakat Indonesia di bawah ini.

RAGAM CONTOH SUSUNAN ACARA PERNIKAHAN SAAT PROSES AKAD NIKAH

Susunan Acara Pernikahan Islami - Akad Nikah

Yang paling utama dan terpenting dalam sebuah acara pernikahan adalah akad nikah atau serah ijab qabul. Setiap calon mempelai wajib melalui proses akad nikah.

Ada baiknya jika acara nikah dilangsungkan sekitar 3 jam sebelum acara resepsi dimulai. Di bawah ini susunan acara pernikahan islami saat akad nikah berlangsung.

  • Acara diawali dengan pemberian sambutan pengantin laki-laki oleh keluarga mempelai perempuan. Lalu dilanjutkan dengan memberikan seserahan. Masing-masing kedua keluarga kemudian memberikan sambutan kepada para mempelai.
  • Saat memasuki proses akad nikah, mempelai pria dan wanita didampingi dengan walinya diarahkan untuk duduk di depan meja ijab qabul. Tak lupa penghulu beserta para saksi dihadirkan dalam proses tersebut. Penghulu berkewajiban untuk memimpin jalannya pelaksanaan proses tersebut.
  • Perlu diketahui, sebelum acara pernikahan dimulai penghulu akan mengecek setiap data serta kelengkapan pendukung yang lain agar prosesnya berjalan lancar. Jika semua telah lengkap dan sempurna, barulah proses akad nikah berjalan dengan panduan wali nikah.
  • Seusai akad nikah, kedua mempelai diwajibkan untuk melakukan penandatanganan buku nikah sebagai tanda sah dan diakui oleh negara. Lalu dibarengi dengan penyerahan mas kawin dan pemasangan cincin.
  • Agenda selanjutnya adalah penyampaian nasihat dan doa pernikahan. Kemudian diakhiri dengan sungkeman antar kedua pengantin. Hal ini bertujuan untuk meminta restu pada kedua wali atau orang tua pengantin.

RAGAM CONTOH SUSUNAN ACARA PERNIKAHAN SAAT RESEPSI

Contoh Susunan Acara Pernikahan pada Resepsi

Seusai 1 sampai 2 jam acara akad nikah berlangsung, barulah para pengantin memasuki acara berikutnya yakni resepsi.

Usahakan untuk menyusun susunan acara resepsi sesuai dengan lokasi yang diselenggarakan. Di bawah ini ulasan susunan acara resepsi pernikahan islami yang akan kami jelaskan secara rinci.

  • Untuk pengisi acara, biasanya sudah diwajibkan untuk memenuhi ruangan paling tidak 30 menit sebelum melangkah ke acara penyambutan pengantin. Agar suasananya tidak kosong, acara penyambutan pengantin biasanya diiringi dengan hiburan semisal lagu nasyid dan lain sebagainya.
  • Kemudian MC selaku pembawa acara, memberikan sambutan kepada kedua mempelai serta rombongan kelurganya. Kedua pengantin dipersilahkan untuk duduk di pelaminan didampingi orang tua.
  • Sebagai opsi hiburan lain, tidak ada salahnya juga apabila menampilkan beberapa pertunjukan adat setempat. Sehingga para hadirin undangan pernikahan benar-benar bisa menikmati momen pernikahan yang Anda selenggarakan.
  • Setelah itu, barulah memasuki ke acara tausyiah ringan yang dibawakan oleh salah seorang ustad. Dalam tausyiah tersebut umumnya yang dibahasa adalah tentang keutamaan menikah. Lalu acara tausyiah diakhiri dengan doa bersama.
  • Memberikan ucapan selamat dilakukan saat usai tahapan doa bersama. Umumnya ucapan selamat tersebut diberikan oleh keluarga besar kedua pengantin baru.
  • Para hadirin undangan dipersilahkan untuk menikmati sajian makanan dan minuman yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Selain itu mereka juga dihibur dengan alunan lagu nasyid islami agar suasana pernikahan tidak hambar.
  • Selanjutnya adalah foto bersama. Urutan pertama diawali dari pihak keluarga besar, lalu kolega terdekat, sahabat dan rekan-rekan dari kedua pasangan baru.
  • Penutupan acara resepsi dilakukan oleh MC saat proses pemotretan tersebut berlangsung. Jika sesi pemotretan telah rampung, pengantin diharuskan turun dari pelaminan agar dapat saling bersilaturahim secara ramah tamah kepada keluarga besar saja. Sehingga kedua keluarga besar saling berhubungan dan terjalin erat.

Itulah susunan acara pernikahan islami yang sudah kami rangkum dari mulai dari awal proses akad nikah hingga resepsi selayaknya masyarakat indonesia pada umumnya. Ada baiknya jika membuat kerangka rencana susunan acara pernikahan dengan teliti dan matang.

Tidak ada salahnya jika acara pernikahan tersebut memerlukan jasa dari Wedding Organizer (WO). Usahakan untuk memilih WO yang sudah terkenal dan berpengalaman. Sehingga tidak ada kebimbangan di saat mempersiapkan acara pernikahan.

Baca juga : Cara Memilih Dekorasi Pernikahan yang Murah dan Bagus

Lain halnya jika Anda ingin menekan angka pengeluaran acara pernikahan. Sebagai alternatif Anda bisa membuat sebuah panitia yang terdiri dari beberapa keluarga besar. Dalam hal ini, usahakan untuk memilih panitia yang memiliki kemampuan mumpuni.

Lakukan pemilihan panitia acara jauh hari sebelum acara pernikahan digelar. Ini bertujuan agar terhindar dari hal-hal yang bisa merusak acara. Jangan sampai timbul pertanyaan “Siapa yang akan memberi sambutannya nanti?”

Intinya, usahakan untuk mempersiapkan susunan acara pernikahan se-detail bahkan sematang mungkin. Sehingga keluarga yang akan datang pun akan menikmati dan menjadikannya sebagai salah satu momen yang sulit terlupakan.

One Response

  1. mahligai samara 22 September 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: