_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Contoh dan Ciri-Ciri Negara Maju di Dunia

Tiap negara di dunia ini pastinya ingin memiliki suatu kondisi dimana rakyatnya bisa makmur, sejahtera dan maju di berbagai bidang. Umumnya, proses pembangunan dilakukan saat setelah negara tersebut merdeka dan memiliki landasan hukum berupa konstitusi dasar yang disepakati secara bersama.

Dengan maksud yang sama, pembangunan bisa dikatakan sebagai proses atau upaya dalam mencapai tujuan menjadi negara maju tersebut.

Pengertian Negara Maju

Pengertian Negara Maju

en.wikipedia.org

Negara Maju merupakan istilah khusus yang disematkan kepada negara yang menikmati standar hidup relatif tinggi di sektor tekonologi beserta ekonomi yang merata. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa negara maju adalah suatu negara yang rakyatnya mempunyai kualitas hidup bahkan kesejahteraan tingkat tinggi.

Bank Dunia menyatakan bahwa sedikitnya ada 24 negara yang tergolong dalam kategori negara maju. Sistem demokrasi menjadi sistem pemerintahan mayoritas yang dianut oleh beberapa negara maju di dunia.

Inflasi rendah serta pendapatan per kapita yang tinggi menjadi syarat utama jika negara tersebut bisa dikatakan negara maju.

Sementara itu berdasarkan penuturan World Bank tahun 2007 menyatakan bahwa negara tersebut dikatakan maju jika utang luar negerinya sangat rendah, pendapatan per kapita mencapai 11, 456 US Dollar serta investasi dan tingkat tabungan yang tinggi.

Ciri-Ciri Negara Maju

Umumnya negara maju banyak ditemukan di kawasan Benua Eropa dan Amerika. Sementara itu Jepang, Cina dan Australia juga tidak mau ketinggalan dalam persaingan memperebutkan gelar negara maju seantero dunia.

Sebelum membahas lebih jauh, tidak ada salahnya jika kamu mempelajari ciri – ciri negara berkembang. Berikut ini beberapa ciri-ciri negara maju secara umum yang mungkin bisa kamu jadikan bahan referensi di sekolah dan sebagainya.

1. Angka Pengangguran Rendah

Angka Pengangguran Rendah

christopherwitt.com

Rendahnya tingkat pengangguran di masyarakat merupakan ciri-ciri negara maju yang paling spesifik. Perekonomian suatu negara tidak akan bisa berjalan secara maksimal jika lapangan kerja dan wirausaha masih terhitung rendah.

Pengangguran friksional merupakan salah satu jenis pengangguran yang umumnya terjadi di negara maju.

Pengangguran ini terjadi dikarenakan peralihan tenaga kerja dari satu pekerjaan ke lainnya. Anehnya, para pengagguran di negara maju justru mendapatkan jaminan sosial dari pemerintah.

2.  Sistem Pendidikan Bertaraf Internasional

Fasilitas Pendidikan Tingkat Tinggi

skillsontario.com

Seluruh penduduk di negara maju rata-rata sudah melek huruf alias bisa membaca dan menulis dengan lancar, berbeda dengan negara berkembang pada umumnya. Dalam hal ini, pemerintah di negara maju memberikan jaminan berupa pendidikan dasar kepada seluruh rakyatnya.

Umumnya pendidikan di negara maju memiliki fasilitas lengkap serta ruang belajar yang nyaman di kelasnya. Tak heran jika kecakapan sosial dan kemandirian peserta didik dalam mengembangkan potensinya merupakan salah satu sistem pendidikan sering digunakan di negara maju.

3. Laju Pertumbuhan Hidup Rendah

Laju Pertumbuhan Hidup Rendah

parentsociety.com

Angka kelahiran dan kematian bayi yang merupakan salah satu faktor pendukung bahwa negara tersebut dapat dikatakan negara maju.

Keaadaan tersebut semakin didukung dengan tingginya tingkat kesadaran tentang keluarga berencana, penundaan usia nikah dan kemajuan teknologi fasilitas kesehatan.

4. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Semakin Cepat dan Pesat

Perkembangan Pesat Teknologi dan Pengetahuan

isiqiri.com

Di negara maju, para ilmuwan didukung oleh pemerintah dengan memberikan berbagai fasilitas terbaik guna menunjang proses observasi yang mereka lakukan.

Adapun seperti fasilitas laboratorium lengkap dan gaji standar tinggi merupakan salah satu penunjang semangat kepada para ilmuwan agar mereka bisa melakukan inovasi dengan baik benar.

Kemudian hasil dari inovasi tersebut akan diaplikasikan di berbagai bidang, seperti militer, kedokteran, produksi, pengembangan ilmu pengetahuan bahkan teknologi ruang angkasa.

5. Industri dan Jasa Menjadi Sektor Perekonomian Utama

Sektor Industri dan Jasa

iowafirecontrol.com

Industri di negara maju rata-rata memproduksi suatu barang yang bernilai mahal, seperti pesawat terbang, mobil, elektronik hingga alat-alat berat lainnya.

Sementara itu di bidang jasa ada 4 profesi yang banyak di geluti oleh masyarakat di negara maju, seperti pendidikan, hiburan, konsultan dan jasa keuangan.

6. Menghargai Waktu dan Kesetaraan Gender Dijunjung Tinggi

Menghargai Waktu

wonderfulengineering.com

Disiplin, jujur, bertanggung jawab serta professional dalam menyelesaikan pekerjaan merupakan sekelumit sikap positif yang ada di dalam masyarakat negara maju.

Diharapkan dengan adanya sikap tersebut mereka dapat mengoptimalkan sumber daya secara maksimal dalam menjalankan pembangunan.

7. Pendapatan Per-Kapita Tinggi

Pendapatan Per Kapita Tinggi

gijobs.com

Dalam menilai suatu kemajuan negara umumnya tolok ukur yang digunakan yakni terdapat pada sektor pendapatan per kapita.

Selain itu, sektor tersebut juga dapat menunjukan berapa pendapatan yang berhasil dicapai oleh rata-rata penduduk selama setahun di negara maju.

Berdasarkan data dari Bank Dunia, negara maju harus memilki kriteria pendapatan per kapita diatas 10,726 US Dollar per tahun.

Contoh Negara Maju di Dunia

Setelah membahas mengenai ciri-ciri dan contoh negara maju di dunia, kurang lengkap rasanya kalau kita belum tahu negara mana saja yang termasuk negara maju. Langsung saja ini dia selengkapnya.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat

pexels.com

Wajar jika Amerika Serikat disebut-sebut sebagai negara Super Power atau negara Adikuasa di dunia setelah runtuhnya dominasi Uni Soviet pada Perang Dunia II. Perekonomian Amerika Serikat merupakan salah satu dari kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Hal ini terlihat jelas dari pendapatan per kapita penduduk Amerika Serikat yang mencapai 47.400 US Dollar.

Disisi lain faktor-faktor pendukung seperti sumber daya alam melimpah dan perkembangan teknologi yang jauh lebih maju juga dapat mempengaruhi perkonomian Amerika Serikat menjadi lebih berkembang.

2. Jepang

Jepang

youtube.com

Disiplin serta memiliki etos kerja yang tinggi merupakan faktor pendorong utama yang menyebabkan Jepang menjadi negara maju.

Meskipun Jepang hanya memiliki luas lahan pertanian sebesar 16% dari seluruh luas daratannya, jangan salah jika produksinya jauh lebih optimal dan memuaskan dari negara-negara lain.

Baca : Contoh Negara Berkembang di Dunia

3. Singapura

Singapore

emaze.com

Negara tatangga kita ini merupakan satu-satunya negara maju yang terletak di luar garis khayal peta negar maju dan berkembang. Hal ini dimungkinkan karena ukuran daratan Singapura yang amat kecil dikelilingi oleh sejumlah negara berkembang yang amat luas.

Kebijakan ketat dalam hal ketertiban, pendidikan bahkan kesehatan merupakan salah satu faktor kuat jika Singapura benar-benar serius dalam mencapai tingkatan tertinggi suatu negara, yakni negara maju.

Meskipun negara ini tidak memiliki sumber daya alam sedikitpun, akan tetapi hal ini justru berbanding terbalik pada perkembangan ekonominya yang pesat hingga menjadi magnet perekonomian bagi negara tetangganya di Asia Tenggara.

Terkait :

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Sejarah Internet di Indonesia

Penyebab Tanah Longsor

One Response

  1. Wawan 30 November 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: