_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Cara Membuat Contoh Cover Makalah Kelompok yang Baik dan Benar

 CONTOH COVER MAKALAH – Bagi sebagian individu yang sedang berada dalam masa belajar, baik dari bangku sekolah maupun kuliah pastinya mereka akan selalu berkutat dengan beberapa tugas sehari-hari. Terkadang setiap tugas mempunyai waktu tersendiri bahkan tak sedikitpun ada yang menyita waktu terlalu banyak, seperti tugas makalah misalnya.

Pengertian Makalah

Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang mengulas berbagai permasalahan secara umum. Makalah tidaklah dibuat dengan asal-asalan, karena isi dari makalah tersebut haruslah dapat dipertanggungjawabkan.

Ada beberapa struktur makalah yang harusnya diperhatikan sebelum dibuat, khususnya pada bagian dalamnya yang mana sebuah tulisan haruslah diangkat dengan jelas agar bisa dipahami oleh para pembaca lainnya.

Lain dari pada itu, cover makalah juga merupakan bagian terpenting yang mana kebanyakan orang terkadang sering mengabaikannya.

 

Cara Membuat Cover Makalah

Menyikapi bagian terpenting pembuatan sampul makalah yang sering diabaikan, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara membuat cover makalah yang benar. Ingin tahu seperti apa? Ini liputannya.

1. Judul Makalah

Judul Makalah

barfutura.com

Dalam suatu penulisan judul pada bagian atas biasanya diberi keterangan terlebih dahulu dengan menggunakan huruf kapital.

Selanjutnya, tulis judul makalah yang akan dibuat. Judul merupakan bagian terpenting dari makalah, karena dengan judul-lah tujuan dari isi makalah akan lebih terlihat jelas.

Sponsored : Jasa Penulis Artikel

Setidaknya diperlukan bahasa Indonesia yang baik dan benar atau EYD (Ejaan yang Disempurnakan) dalam penulisan judul.

Terdapat dua bagian dalam penulisan judul, yakni judul dan subjudul. Sub judul berfungsi untuk memperinci maksud dari judul yang ditulis secara singkat dan jelas.

2. Tujuan Makalah

Tujuan Makalah

yusufprabu.wordpress.com

Usahakan untuk menulis tujuan makalah setelah penulisan judul, isilah berdasarkan pada tugas apa yang kita buat untuk memenuhi persyaratan kesempurnaan makalah.

Gunakan ukuran huruf lebih kecil dari judul, buatlah tujuan makalah sesingkat mungkin seperti “makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah teknik informatika”

3. Gambar atau Logo

Logo Makalah

ngetrance.tk

Pada bagian cover makalah, gambar atau logo biasanya terlihat mencolok daripada yang lainnya. Oleh karena itu, pemilihan gambar haruslah disesuaikan dengan isi dari makalah.

Gunakan ukuran yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar (ukuran sedang). Disisi lain, makalah pada tugas sekolah/universitas terkadang menggunakan logo dari institusi mereka.

4. Data Penyusun atau Penulis Makalah

Nama Penyusun Makalah

names.mooseroots.com

Letakkan data penulis makalah tepat dibawah gambar atau logo. Isi data penulis tersebut dengan jelas dan lengkap. Jangan lupa untuk mengurutkan nama data penulis dari suatu kelompok sesuai dengan urutan abjad.

Dalam hal ini data penulis menjadi bagian terpenting. Kenapa? Karena hasil pemikiran dari data penulisan makalah bisa saja diambil orang jika tanpa menyertakan siapa saja penulisnya.

5. Cantumkan Nama Jurusan dan Fakultas

Nama Institusi

subwaynut.com

Jika memang sedang berada di bangku sekolah maka cantumkan nama sekolahnya dan jangan lupa nama jurusannya, khususnya bagi anak SMK dan SMA. Kalaupun memang sudah berada di bangku kuliah, maka cantumkan nama universitasmu berdasarkan jurusan yang kamu miliki.

Contoh Cover Makalah

Tak ketinggalan beberapa contoh cover makalah akan kami selipkan pada artikel ini agar bisa dijadikan referensi/acuan saat membuat makalah sewaktu-waktu.

Contoh Cover Makalah

eswete.net

 

Contoh Cover Makalah

azamku.com

Contoh Coer Makalah

akademis.me

Gimana? Gampang kan? 🙂

One Response

  1. Majalah Siantar 29 April 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: