Contoh dan Ciri – Ciri Negara Berkembang dari Berbagai Dunia

Lebih dari sekitar 200 negara di berbagai belahan bumi dan selatan tentunya memiliki potensi dan karakteristik sumber daya yang berbeda-beda, entah itu alam maupun manusianya.

Ciri-ciri negara maju terlihat apabila potensi sumber daya alam dan manusianya begitu besar dan bermanfaat bagi bangsa-bangsa lainnya.

Namun, berbeda halnya dengan negara berkembang, negara tersebut masih dalam proses untuk mencapai suatu keadaan yang maju di setiap bagian sektornya.

Sebelum beranjak ke ciri-ciri negara berkembang, ada baiknya jika kamu pahami tentang pengertian negara berkembang terlebih dahulu biar penjelasannya semakin lebih detail dan rinci.

Pengertian Negara Berkembang

Ciri - Ciri Negara Berkembang

globalwaterforum.org

Negara berkembang merupakan salah satu istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan suatu negara dengan tingkat kesejahteraan bertaraf rendah. Sayangnya, belum ada definisi paten mengenai negara berkembang yang diakui secara global.

Di dalam negara berkembang, tingkat pembangunannya bisa saja bervariasi. Bahkan, beberapa negara berkembang pun kini mulai berubah sedikit demi sedikit agar standar gaya hidup mereka menjadi layak dan cukup tinggi.

Selain negara berkembang, ada pula suatu istilah baru yang dinamakan dengan negara industri baru.

Negara tersebut memiliki ekonomi yang lebih maju daripada negara berkembang lainnya di dunia, akan tetapi negara industri baru tidak terlalu menampakkan sebuah tanda-tanda cikal bakal bahwa negara tersebut akan menjadi negara maju.

Definisi Negara Berkembang Menurut Para Ahli

Kofi Annan - Mantan Sekretaris Jenderal PBB

nbcnews.com

Mantan Sekretaris Jenderal PBB, Kofi Annan mendefinisikan negara berkembang sebagai negara yang memperbolehkan semua warga negaranya untuk menikmati hidup dengan bebas dan sehat dalam suatu ruang lingkup yang aman.

Namun definisi Kofi Annan tersebut justru dibantahkan oleh Divisi Statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan sebuah pernyataan tegas bahwa “Tidak ada konvensi resmi untuk penetapan negara atau wilayah yang bisa dikatakan maju atau berkembang dalam sistem PBB”

Ciri – Ciri Negara Berkembang

Secara umum, negara berkembang seringkali dipautkan dengan kemiskinan. Bahkan, pengemis dan gelandangan di kota besar pun menjadi hal yang paling identik untuk negara berkembang.

Sementara itu, perpindahan penduduk dari desa ke kota justru hanya memperkeruh susana yang ada di kota. Namun dibalik itu semua, ciri-ciri negara-negara berkembang sebenarnya adalah sebagai berikut.

1. Pendapatan Rendah per-Kapitanya

Pendapatan Rendah - Ciri - Ciri Negara Berkembang

omania-insider.com

Berdasarkan penuturan Bank Dunia, negara berkembang yang memiliki pendapatan menengah ke bawah berkisar antara 876 sampai 3,465 US Dollar.

Sementara itum untuk negara berkembang yang memiliki pendapatan menengah tinggi berkisar antara 3,466 sampai 10,275.

2. Perekonomian Masih Mengandalkan Sektor Primer

Perekonomian Sektor Primer - Ciri - Ciri Negara Berkembang

newsweek.com

Sektor-sektor primer masih menjadi andalan dalam menjalankan roda perekonomian di negara tersebut, khususnya kekayaan alam. Diantaranya adalah pertanian, pertambangan, perikanan dan kehutanan.

Dilain sisi kegiatan industri pengolahan dan jasa masih sangat kurang. Mungkin hal ini disebabkan karena rendahnya akan penguasaan teknologi produksi masa kini dan hanya mengandalkan cara-cara lama atau tradisional dalam mengolah sumber daya yang ada.

3. Laju Pertumbuhan Penduduk yang Semakin Tinggi

Lendakan Penduduk - Ciri - Ciri Negara Berkembang

anakpanahinstitute.org

Tingkat kematian dan kelahiran bayi yang tinggi merupakan suatu keadaan nyata yang terjadi di negara berkembang. Komposisi penduduk sangat dipengaruhi dengan tingginya tingkat kelahiran di negara berkembang.

Karena komposisi penduduk yang berusia kurang dari 15 tahun relatif amat besar, otomatis hal ini akan menjadi beban bagi penduduk produktif.

4. Tingkat Pendidikan dan Kesehatan yang Masih Rendah

Tingkat Pendidikan Rendah - Ciri - Ciri Negara Berkembang

24informations.com

Rendahnya tingkat pendidikan dan kesehatan di negara berkembang terlihat dari terbatasnya fasilitas pendidikan dan kesehatan dalam upaya pembangunan sumber daya manusia.

Dalam hal ini, pemerintah seringkali di cap sebagai kambing hitam karena belum mampu menyediakan fasilitas umum secara baik dan merata bagi seluruh warganya.

5. Akumulasi Modal Masih Terhitung Rendah

Akumulasi Modal Rendah - Ciri - Ciri Negara Berkembang

soltius.co.id

Akumulasi tabungan masyarakat merupakan salah satu sumber modal untuk masyarakat dalam menjalankan kegiatan investasi. Sayangnya hal tersebut tidak didukung dengan tingkat pendapatannya yang tinggi di negara berkembang dan menyebabkan masyarakat sulit untuk mengumpulkan tabungan.

Tak heran jika kekurangan modal tersebut menjadi penghalang dalam proses pembangunan negara-negara berkembang. Sebagai jalan keluar, akhirnya negara berkembang meminjam modal ke negara maju.

Lambat laun, aktivitas pinjam meminjam tersebut tentunya akan berakibat pada tingginya ketergantungan ekonomi terhadap negara maju.

6. Budaya Masyarakat yang Belum Maju

Kurangya Rasa Disiplin - Ciri - Ciri Negara Berkembang

idealoader.com

Kurang profesional dalam menuntaskan pekerjaan serta banyaknya contoh kasus pelanggaran seperti tidak disiplin, korupsi dan seringkali menghalalkan banyak cara (yang sebenarnya itu haram) dalam meraih keinginan.

Tak lain itu merupakan beberapa contoh dari kurangnya kesadaran budaya masyarakat terhadap kemajuan bangsanya sendiri.

Contoh Negara Berkembang dari Berbagai Dunia

Setelah membahas pengertian dan definisi negara berkembang di dunia, rasanya ngga afdol kalau kita belum tahu negara mana saja yang termasuk negara berkembang. Penasaran? Ini liputannya.

1. India

India - Ciri - Ciri Negara Berkembang

forbes.com

Di India, lebih dari 75% penduduknya bekerja pada sektor pertanian. Ada tiga jenis pertanian di India, seperti pertanian komersial, pertanian kecil menetap dan bertani secara berpindah-pindah.

Sapi, kambing dan domba menjadi hasil peternakan terpenting di negara ini. Tak ketinggalan pula beberapa jenis hasil barang tambang seperti uranium, bijih besi dan mangan menjadi sektor pendukung dari perekonomian di India.

2. Nigeria

Nigeria - Ciri - Ciri Negara Berkembang

hopefornigeriaonline.com

Negara dengan pendapatan 800 US Dollar perkapita ini memiliki pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi yakni 2.9% pertahunnya. Sebagian besar penduduknya tinggal di daerag pedesaan. Oleh karena itu, berbagai macam hasil pertanian sangat diutamakan di negara ini.

Baca : Ciri Negara Maju di Dunia

3. Guatemala

Guatemala - Ciri - Ciri Negara Berkembang

growingupbilingual.com

Sektor pertanian dan industri menjadi tumpuan perekonomian di negara ini. Guatema memiliki pendapatan perkapita penduduk sebesar 4.030 US Dollar pertahunnya.

Kopi gula, kapas, kapulaga dan pisang merupakan hasil pertanian yang akan diekspor di berbagai negara. Selain itu, bidang industri juga meliputi beberapa bahan proses pembuatan pangan seperti gula, gandum, bahan minuman dan kopi.

Terkait :

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Penyebab Tanah Longsor

Sejarah Internet di Indonesia

Cara Keja Enzim

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: