_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Ciri ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

CIRI CIRI MAKHLUK HIDUP – Secara umum, makhluk hidup memliki beberapa ciri-ciri kehidupan seperti bergerak, bernapas dan berkembang biak. Materi ini biasanya dibahas pada pelajaran biologi bab ciri-ciri makhluk hidup kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Oleh karena itu, sebelum kita masuk ke pembahasan klasifikasi makhluk hidup. Ngga ada salahnya kan kalau kita pelajari terlebih dahulu pengertian makhluk hidup seperti yang ada di bawah ini.

Pengertian Makhluk Hidup

Makhluk hidup merupakan suatu organisme atau sistem yang cenderung merespon perubahan lingkungan, baik diluar maupun dalam diri mereka sendiri. Respon tersebut bertujuan untuk melanjutkan hidup mereka agar bisa berumur panjang.

Makhluk hidup memiliki beberapa kemampuan yang unik disamping mereka bisa bernafas dan berkembang biak, seperti mampu berburu dan menavigasi dimana letak mangsa mereka berada.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Bagaimana? Sudah paham kan tentang pengertian makhluk hidup diatas? Jika sudah paham, barulah saatnya kamu mempelajari ciri-ciri makhluk hidup berikut ini.

1. Bernapas

Nafas - Ciri-ciri Makhluk Hidup

photoimagesofafrica.com

Tiap makhluk hidup pastinya melakukan sebuah proses terpenting dalam diri mereka, proses pernapasan misalnya. Benapas merupakan suatu proses pengambilan udara berupa oksigen (O2) dari luar tubuh mereka dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2) dari dalam tubuh, begitu pula sebaliknya dengan tumbuhan.

Oksigen pada tubuh makhluk hidup berperan penting dalam proses pembakaran makan pada tubuh. Sehingga pembakaran tersebut akan mengasilkan suatu energi yang sangat diperlukan oleh tubuh atau biasa disebut dengan oksidasi tubuh. Kemudian energi tersebut dapat dimanfaatkan dalam melakukan aktivitas kehidupan lainnya.

2. Bergerak

Anjing Lari - Ciri-ciri Makhluk Hidup

onionstatic.com

Ciri-ciri makhluk hidup yang lain adalah bergerak. Terlihat jelas bahwa manusia dan hewan senantiasa bergerak dalam kehidupan mereka sehari-hari. Untuk dapat bergerak, tentu saja manusia dan hewan dibantu oleh sekumpulan alat gerak pada tubuh. Sayap pada burung atau kaki, tangan pada manusia misalnya.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya jika kita bersyukur kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Sehingga kita dapat melakukan beragam aktivitas berkat sekumpulan alat gerak yang diciptakan oleh-Nya.

3. Makan

Orang Utan Makan - Ciri-ciri Makhluk Hidup

clickhole.com

Selain bernafas, proses yang tak kalah penting lainnya adalah pencernaan makanan. Semua makhluk hidup membutuhkan makanan. Makhluk hidup yang sehat akan senantiasa mengkonsumsi makanan bernutrisi dan diperlukan oleh tubuh. Seperti, karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin.

Fungsi makan pada makhluk hidup diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menimbulkan tenaga atau energi untuk kegiatan sehari-sehari
  2. Sebagai pembangun tubuh dalam proses pertumbuhan
  3. Mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak

4. Iritabilitas

Anjing Merem - Ciri-ciri Makhluk Hidup

animals.ekstrax.com

Respons terhadap suatu rangsangan merupakan salah satu ciri makhluk hidup pada umumnya. Sehingga makhluk hidup tersebut akan memberi tanggapan terhadap rangsangan, atau biasa disebut dengan iritabilitas.

Hampir semua hewan dikaruniai oleh sistem saraf dalam menanggapi adanya suatu rangsangan, namun tidak pada tumbuhan. Rangsangan disebabkan oleh beberapa faktor, tak terkecuali pada area luar tubuh. Seperti, mata akan mengedip jika terkena cahaya yang silau/debu-debu yang beterbangan.

5. Tumbuh

Tanaman Tumbuh

growthnation.com

Pertambahan sel-sel di dalam tubuh merupakan salah satu proses pertumbuhan. Ukuran tubuh akan bertambah tinggi besar dan tidak bisa mengecil kembali, kecuali jika sudah 50 tahun ke atas.

Lantas, bagaimana dengan pertumbuhan hewan dan tumbuhan? Hewan dan tumbuhan juga mengalami pertumbuhan layaknya manusia biasa pada umumnya, seperti ukuran tubuh semakin meninggi atau bahkan membesar.

6. Berkembang Biak

Monyet Berkembang Biak

liveinternet.ru

Perkembangbiakan berfungsi sebagai pelestarian makhluk hidup dengan jenisnya. Pada hewan, cara perkembangbiakannya dibagi menjadi 2 macam, yakni generatif (kawin) dan vegetatif (tak kawin).

Umumnya hewan tingkat tinggi berkembang biak dengan cara kawin, berbeda halnya dengan hewan tingkat rendah yang berkembang biak dengan cara vegetatif (tak kawin).

7. Adaptasi

Penguin Adaptasi

dw.com

Agar dapat bertahan hidup, makhluk hidup haruslah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Salah satu tempat dimana terjadinya adaptasi adalah habitat. Habitat merupakan suatu tempat bagi makhluk hidup yang mana mereka dapat melakukan beragam aktifitas dalam area tersebut.

Jika makhluk hidup itu kesulitan bahkan tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya, maka dapat dipastikan mereka akan mati atau terpaksa berpindah ke lingkungan yang baru.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: