Cari Tau Yuk ! Cara Mudah Perbaiki Keyboard Tanpa Harus Beli Baru

Ad Blocker Detected

Mohon Non-Aktifkan Ad Blocker Demi Perawatan dan Penambahan Konten Secara Berkala Dalam Situs Ini. Atas Perhatiannya Terima Kasih :)

Kemarin saya sudah membahas beberapa jenis-jenis keyboard yang dapat kamu pelajari sebagai bahan referensi saat sekolah. Serupa tapi tak sama, di dalam artikel ini saya akan membahas beberapa kerusakan pada keyboard yang mungkin bisa kamu atasi dengan caramu sendiri tanpa harus membawa ke tukang servis. Berikut ini beberpa kerusakan yang sering terjadi pada keyboard beserta cara menanggulanginya.

Keyboard Tidak Terdeteksi oleh Sistem Operasi

Cara Memperbaiki Keyboard

youtube.com

Jenis kerusakan ini sering terjadi pada keyboard yang sudah lama digunakan. Ketika komputer menyala, BIOS akan menampilkan sebuah pesan “Keyboard error or no keyboard present”. Jika hal ini terjadi, cobalah lakukan beberapa langkah dibawah ini.

  1. Matikan komputer, kemudian pastikan konektor keyboard tertancap kuat pada port keyboard
  2. Jika diperlukan, lepaskan dan tancapkan kembali keyboard untuk memastikan konektor tertancap dengan sempurna
  3. Nyalakan kembali komputer, jika pesan error masih tetap ada maka kemungkinan keyboard mengalami kerusakan internal. Cobalah dengan menggunakan keyboard lain yang masih baik kualitasnya.
  4. Jika setelah menggunakan keyboard lain pesan error maasih tetap ada, kemungkinan besar port keyboard pada motherboard-nya yang mengalami kerusakan.
  5. Pastinya kamu tidak ingin repot-repot membawa motherboard ke tukang servis bukan? Oleh karena itu, cobalah gunakan port USB pada keyboard. Pastikan USB port dan konektor interface USB pada keyboard masih berfungsi dengan baik.

Tombol Keyboard Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard

instructables.com

Masalah umum lain dan paling sering terjadi pada keyboard adalah tombol-tombolnya yang macet atau kondisi beberapa tombol yang tertekan secara terus-menerus, atau penekanan tombol satu kali yang menyebabkan munculnya karakter berkali-kali pada layar monitor.

Baca Juga : Beli Motherboard Dulu atau Processor Dulu?

Untuk masalah pertama dan kedua, umumnya disebabkan oleh debu atau kotoran yang menempel dan menegeras pada sela-sela tombol keyboard. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh kotoran yang berasal dari cairan minuman yang lengket.

Cara Memperbaiki Keyboard

lifehack.org

Permasalahan pertama dan kedua sebenarnya dapat diatasi dengan dengan melakukan pembersihan dengan menggunakan kuas atau penyedot debu mini untuk membersihkan debu. Tapi tunggu dulu, balikkan keyboard terlebih dahulu kemudian cobalah untuk menggoyang-goyangkannya agar semua partikel kecil pada sela-sela tuts dapat jatuh.

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan lap yang dibasahi cairan pembersih. Namun sebelum itu, pastikan keyboard telah dilepaskan dari port-nya dan komputer dalam keadaan mati.

Baca Juga : Tutorial Lengkap Cara Shutdown Otomatis di Windows 7 / 8

Adapun masalah ketiga yang sering terjadi pada keyboard, ada kemungkinan bagian internal keyboard sudah mengalami sedikit korosi atau berkarat terutama pada keyboard yang bertipe membran. Cara mengatasinya cukup rumit karena kamu harus membongkar keyboard tsb untuk membersihkan plastik yang ada di dalamnya.

Penyebab Pertama : Kabel Keyboard yang Terputus

Cara Memperbaiki Keyboard

dsi-keyboards.com

Kemungkinan penyebabnya terdapat pada kabel keyboard yang terputus, Biasanya kabel tersebut putus pada pangkal konektor jantannya.

Solusi :

Coba lakukan pengukuran terhadap kabel tersebut dengan AVO-meter. Jika  kabel data tersebut putus maka gantilah dengan kabel yang lain. Jika masih keyboard rusak maka hampir dipastikan ada kemungkinan lain yang menyebabkan keyboard tidak berfungsi, socket berdebu misalnya.

Penyebab Kedua : Kerusakan pada IC Contoller

Cara Memperbaiki Keyboard

cubiq.org

IC Controller keyboard yang terdapat di dalamnya berfungsi sebagai pengubah bahasa/code digitial menjadi ASCI. Selanjutnya code digital tersebut akan diinformasikan ke motherboard sesuai dengan tombol mana yang apabila ditekan mengalami kerusakan. Jika IC ini rusak maka keyboard tidak akan bisa digunakan lagi.

Solusi :

Tidaklah mudah untuk mengganti sirkuit pada IC Controller. Kalaupun untuk membeli IC Controller yang baru pun biasannya dipatok dengan harga yang lebih mahal ketimbang membeli keyboard baru. Mungkin jalan terbaik dari permasalahan ini adalah membeli keyboard yang baru lagi.

Penyebab Ketiga : Terputusnya Sekring pada Motherboard

Cara Memperbaiki Keyboard

i.ytimg.com

Setelah semua petunjuk untuk mereparasi keyboard telah diikuti namun ada saja hal-hal lain yang menyebabkan keyboard tidak berfungsi. Kemungkinan terakhir adalah putusnya sekring pada motherboard. Sekring motherboard terletak dekat dengan connector keyboard atau socket betina yang bertuliskan F1 atau FS1 atau LS1

Komponen ini berfungsi untuk menghantarkan tegangan sebesar 5V menuju keyboard. Komponen ini adalah sebuah sekring kecil sebagai pembatas arus. Jika sekring ini putus maka aliran tegangan menuju keyboard akan terputus pula.

Solusi :

Penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat kamu lakukan untuk membantu mengatasi masalah diatas yaitu dengan mengganti komponen F1 dengan sekring yang lain. Perhatikan juga bahwa ukurannya haruslah sama. Jika sekring ini tidak ada, kamu boleh menggantinya dengan resistor yang bernilai 0,22 ohm sampai 1 ohm, 1/4 watt.

Leave a Reply