_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Cara Membuat Slime dengan Shampoo Tanpa Borax

CARA MEMBUAT SLIME – Pasti kalian mulai bertanya-tanya slime itu apa sih? Baiklah, edisi tulisan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat slime yang mudah dan aman karena tanpa menggunakan borax. Penasaran? Yuk, simak lebih lanjut.

Apa itu Slime?

Slime Tanpa Pengawet

Untuk kamu yang mungkin masih belum paham apa itu slime, coba lihatlah sejenak jajanan pasar tradisional kita, yaitu agar-agar. Ya, kurang lebih tekstur dan bentuknya serupa tapi tak sama.

Slime kini digemari oleh anak-anak, khusunya mereka yang masih menempati bangku SD karena sangat menyenangkan sekali apabila dimainkan. Wajar jika benda tekstur kenyal ini sering dibawa ke sekolah atau di tempat-tempat mereka bermain.

Saat membuat slime, kamu bisa mencampurkan berbagai bahan seperti sabun, deterjen cair, lem povinal, lem fox, lem UHU atau dengan tepung. Pilihlah bahan-bahan yang sekiranya aman dan cocok saat dimainkan dalam membuat slime.

Dalam kamus Bahasa Indonesia, slime diartikan sebagai lendir. Tapi, tunggu dulu. Lendir dimaksud disini adalah karena teksturnya yang kenyal dan agak berlendir. Tergantung dari bahan apa yang dicampurkan dalam pembuatan slime.

Begini Cara Membuat Slime Tanpa Borax (Pengawet)

Slime dari Shampoo

Shampoo merupakan salah satu bahan yang bisa untuk kamu mafaatkan dalam membuat slime. Dibandingkan dengan bahan lain, menggunakan shampoo diyakini justru lebih mudah.

Parfum pada shampoo yang digunakan dalam pembuatan juga akan menghasilkan slime dengan bau harum. Tentu saja ini akan membuat slime shampoo memiliki keunikan tersendiri. Berikut ini beberapa persiapan dan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam membuat slime shampoo.

Alat dan Bahan Membuat Slime

  • Baskom atau wadah kecil yang dapat digunakan untuk memadukan adonan slime
  • Pengaduk adonan
  • Shampoo satu sachet
  • Deterjen bubuk sebanyak 5 sendok makan
  • Lem fox atau povinal sebanyak 3 sendok makan
  • Air
  • Pewarna makan sumba. Bisa sesuaikan dengan warna favorit.

Langkah-langkah

  1. Proses pembuatan slime dengan shampoo akan dimulai ketika semua bahan dan peralatan diatas telah dikumpulkan. Ikuti langkah-langkah ini sampai tuntas agar keterampilan tangan kamu semakin meningkat. Baiklah, berikut tutorial membuat slime.
  2. Mula-mula, siapkan semua peralatan dan bahan tadi ke dalam satu area
  3. Lalu ambillah wadah yang digunakan untuk mengaduk bahan. Setelah itu tuangkan lem povinal atau lem fox sebanyak 3 sendok ke dalam wadah.
  4. Tuangkan shampoo dan deterjen (soft) ke dalam wadah. Lalu berikan warna favorit dengan pewarna sumba.
  5. Seusai seluruh bahan telah tertuang ke dalam wadah, aduk semua hingga tercampur secara merata. Slime sudah hampir jadi jika adonan mulai agak kental.
  6. Jika adonan telah kental, rendam adonan slime terlebih dahulu selama 4 menit.
  7. Adonan slime yang masih lengket harus ditekan secara berulang kali agar teksturnya menjadi kental dan padat
  8. Slime sudah bisa digunakan apabila adonannya telah mengental secara sempurna. Disini kamu bisa mengasah kreatifitasmu dengan adonan slime tersebut.

Slime merupakan suatu adonan yang gampang sekali dihinggapi debu dan kotoran. Oleh karena itu disarankan untuk selalu cuci tangan sampai tuntas seusai menggunakan slime.

Cara Membuat Slime dengan Tepung Maizena

Cara Membuat Slime dengan Tepung Maizena

Komposisi:

  • 1 sdt krim tartar
  • 2 -4 tetes pewarna makanan
  • 2 cangkir tepung maizena
  • 1 setengah cangkir air

Langkah-langkah:

  1. Tuangkan 1 setengah cangkir air ke dalam panci. Kemudian hangatkan air sebentar saja agar tidak mendidih atau terlalu panas.
  2. Langka di atas bertujuan agar waktu yang akan kamu gunakan untuk membuat slime tidak semakin lama alias menunggu dingin terlebih dahulu.
  3. Tuang dan aduk air hangat pada mangkuk. Kemudian berikan 3 sampai 4 tetes pewarna makan pada air hangat tadi sampai warnanya berubah.
  4. Ambil 2 cangkir tepung maizena, tuangkan ke dalam mangkuk besar namun terpisah.
  5. Air hangat yang sudah berwarna tadi lalu dituangkan ke dalam mangkuk berisi tepung.
  6. Tuang air berwarna hijau secara perlahan dengan tangan agar bahan-bahan tersebut tercampur hingga membentuk pasta kental.
  7. Buatlah kombinasi antara tepung maizena dan air tadi
  8. Jika masih terlalu encer, tambahkan tepung maizena lagi secukupnya. Namun sebaliknya jika dinilai terlalu kental cukup tambahkan air pada adonan tadi
  9. Lakukan proses itu seperlunya, tergantung banyaknya adonan yang kamu inginkan. Gunakan jarimu untuk mengaduk permukaan slime.
  10. Agar tahan lama, simpan slime pada kantong yang telah tertutup rapat apabila langkah-langkah membuat slime dengan tepung maizena dirasa telah tuntas.

Cara Membuat Slime dengan Lem FOX PVAC3

Cara Membuat Slime dengan Lem Fox

Tekstur kenyal dan stratchy akan kamu rasakan ketika membuat slime dengan bahan lem fox. Bisa dibilang jika slime tersebut lebih aman karena tidak menggunakan activator. Sehingga wajar apabila slime dengan lem fox ini sangatlah aman untuk dimainkan untuk anak-anak.

Komposisi

  • Tuangkan Lem Fox sebanyak 3 sendok
  • 3 sdt air bersih
  • 1/4 sdt baby oil
  • 1/4 sdt sabun cair
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt pewarna makanan
  • Obat tetes mata

Langkah-langkah:

  1. Siapkan wadah bersih dan kering yang juga memiliki tutup, seperti baskom, toples atau tupperware. Slime yang sudah jadi nantinya akan disimpan dalam wadah tersebut.
  2. Tuang air beserta lem Fox PVAC ke dalam wadah dengan seksama. Aduk sampai rata. Lalu tuangkan baking powder, aduk kembali.
  3. Beri sedikit tetesan sabun cair, pewarna dan obat tetes mata. Aduk hingga bahan berpadu dengan bahan. Dalam proses tersebut, slime mulai memiliki tekstur kenyal
  4. Tekan secara perlahan untuk memastikan apakah slime tersebut sudah kenyal atau belum
  5. Apabila belum kenyal coba tambahkan beberapa tetes obat dan sabun cair lagi. Jangan lupa untuk aduk kembali
  6. Tambahkan baby oil, apabila adonan sudah mulai kenyal dan stratchy. Aduk lagi dan selesai

 

Jangan Lewatkan:Cara Membuat Doodle Art Bagi Pemula + Gambar Doodle Keren

Cara Membuat Slime dengan Activator

Slime Activator

Bahan activator ini bisa dibilang agak kurang aman bagi para pemula, khususnya anak-anak. Kenapa? Karena media yang digunakan sabun mandi, lem fox povinal/uhu sampai detergent.

Oleh karena, setidaknya orang tua memberikan pengawasan kepada anaknya agar slime yang sudah dibuat tidak sampai tertelan. Dikhawatirkan anak-anak akan mengalami gejala keracunan yang berpotensi menyebabkan meninggal dunia.

Komposisi:

  • 1 sdm sabun mandi cair. rekomendasi merk lifebouy
  • 3 sdm lem fox/uhu/povinal
  • 5 sdm bubuk detergen
  • Pewarna makanan, sesuaikan warna dengan selera
  • Siapkan sebuah pengaduk beserta baskom kecil

Langkah-langkah:

  1. Mula-mula masukkan 3 sdm lem ke dalam baskom kecil
  2. Masukkan juga detergen dan sabun dalam wadah yang sama seperti di atas
  3. Campurkan pewarna makanan, lalu aduk sampai rata
  4. Sembari diaduk tunggu slime hingga mengental
  5. Jika slime dinilai masih belum kental, tambahkan detergen sedikit lagi
  6. Slime yang sudah kental kemudian direndam dalam air selama 4-5 menit
  7. Angkat jika sudah, lalu rasakan apakah slime masih lengket dan cenderung meninggalkan noda di tangan
  8. Jika masih demikian maka tekanlah slime secara lembut hingga terasa kental dan padat
  9. Slime siap digunakan apabila telah kental secara sempurna

Cara Membuat Slime dengan Sabun

Slime Sabun

Di atas tadi kita udah nyoba bikin slime dengan bahan lem. Bosen pakai lem terus? Nah sepertinya cara membuat slime dengan bahan sabun ini cocok buat kamu.

Di sini kamu cukup memerlukan campuran sabun piring seperti Sunlight. Kemudian tepung terigu juga akan kita gunakan sebagai pengganti fungsi dari lem.

Komposisi:

  • Minyak goreng
  • Sabun cuci piring Sunlight
  • Tepung terigu
  • Wadah mangkuk
  • Pengaduk alias sendok

Step-by-step:

  1. 2 sdm tepung terigu dimasukkan ke dalam mangkuk, tambahkan lagi jika ingin membuat banyak slime
  2. Tuangkan 2 sdm sabun cuci sunlight secara perlahan biar ngga encer guys!
  3. Lanjut, aduk adonan slime yang sudah tercampur tadi sampai rata
  4. Oh iya, jangan lupa kasih sedikit minyak goreng agar slime kamu tidak lengket-lengket amat. Lalu aduk lagi
  5. Slime sudah jadi apabila adonan sudah tercampur. Bisa langsung dimainkan tanpa harus disimpan melalu freezer terlebih dahulu.

Note: Slime yang terbuat dari tepung terigu hasilnya tidak sekenyal seperti slime yang terbuat dari lem fox/uhu/povinal. Meskipun begitu, slime dari tepung terigu ini justru diyakini lebih aman daripada slime dari bahan lem.

Cara Membuat Slime dengan Sabun/Deterjen

Membuat Slime dari Sabun atau Detergen

Di rumah, kamu pasti mempunyai persediaan sabun dan deterjen kan? Selain dipakai untuk mencuci, kamu juga bisa membuat slime dengan bahan tersebut. Dijamin gampang dan ngga butuh waktu lama.

Komposisi:

  • Segelas deterjen bubuk (merk apa saja)
  • Tepung terigu secukupnya
  • Setengah gelas air bersih
  • 3 sdm sabun cuci piring cair
  • 3 sdm sabun cair anak
  • 2 sdt pewarna makanan

Langkah-langkah:

  1. Sediakan baskom
  2. Masukkan tepung terigu, detergen, sabun cair cuci piring serta sabun cair anak. Kemudian aduk semua bahan tadi sampai benar-benar rata
  3. Tuangkan air bersih pada adonan tadi sembari diaduk
  4. Kemudian tambahkan pewarna makanan. Jika masih kurang cair, maka tuangkan lagi air bersih pada adonan
  5. Taruhlah adonan slime yang telah dibuat ke dalam wadah yang tertutup rapat
  6. Masukkan kulkas selama kurang lebih 10 hingga 15 menit
  7. Slime sudah jadi

Cara Membuat Slime dengan Susu Cair

Cara Membuat Slime dengan Susu Cair

Slime kok bisa dimakan? Emang ngga bahaya?

Eiits.. tunggu dulu, kalo slime yang satu ini aman kok. Karena bahan bakunya terdiri dari susu cair. Selain dapat dimakan, slime ini juga bisa dimainkan oleh anak-anak. Bisa dibilang slime ini sangatlah aman, asal tidak tercampur dengan zat-zat kimia berbahaya apapun.

Komposisi:

  • Sekotak susu cair (Jika susu kental, jangan lupa tambahkan air dulu)
  • Bubuk vanili secukupnya
  • 2 sendok pewarna makanan ]
  • 1,24 sdm tepung maizena

Langkah-langkah:

  1. Sediakan panci
  2. Tuangkan susu cair pada panci, kemudian masaklah dengan api ukuran kecil
  3. Aduk susu cair dengan pelan sampai mendidih. Susu tersebut direbus agar terbebas dari bakteri-bakteri mematikan yang terkandung di dalamnya. Sehingga slime yang telah jadi sudah aman bahkan bisa dikonsumsi
  4. Tuangkan bubuk vanili dan tepung maizena
  5. Aduk adonan sampai rata
  6. Bila adonan masih kurang kental, maka tambahkan lagi tepung maizena. Namun bila adonan terlalu kental, maka tambahkan lagi susu cair steril
  7. Matikan api kompor jika sudah mendidih, lalu dinginkan
  8. Adonan yang telah dingin kemudian ditambahkan pewarna makanan, aduk sampai rata
  9. Taruhlah adonan slime ke dalam wadah kedap udara. Hindari sinar matahari langsung yang mengenai adonan. Hal ini bertujuan agar adonan slime tidak rusak.

 

Cara Membuat Slime dari Bedak Bayi

membuat-slime-dari-bedak-bayi

Ngga cuman sabun sama lem aja lho yang bisa dipakai bahan membuat slime. Bahkan bedak pun bisa kamu gunakan, khususnya bedak bayi.

Nah, cocok banget nih buat kamu yang lagi pengen bikin pesta slime tapi ngga ada persiapan. Cukup ambil sedikit bedak bayi di rumahmu kemudian ikuti step by step di bawah ini.

Komposisi

  • ½-1 botol bedak bayi (merk apa pun)
  • 2 gelas air bersih
  • 2-3 sdt pewarna makanan
  • 4 sdm minyak bayi atau baby oil

Langkah-langkah

  1. Sebelum memulai, pastikan kamu telah menyiapkan wadah terbuka dengan penutup bagian atasnya , semisal toples atau apa pun yang berukuran sedang
  2. Tuangkan bedak bayi pada wadah tadi. Agar mudah dicampur maka ratakan dengan tangan
  3. Tambahkan air bersih secara perlahan, sembari diaduk tuangkan air tersebut sedikit demi sedikit
  4. Jangan lupa tambahkan baby oil kemudian aduk sampai merata
  5. Tingkat kekentalan bisa diatur sesuai selera. Apabila masih kurang, tinggal tambahakan bedak bayi atau air bersih sedikit lagi
  6. Agar lebih menarik, kamu juga bisa memberi pewarna makanan pada adonan tadi. Lalu campur warnanya hingga rata
  7. Sebelum dipakai, simpan adonan tersebut ke dalam wadah yang sudah tertutup rapat selama beberapa jam

2 Comments

  1. jack 14 Juli 2016
  2. Jasa Sablon Kaos 23 Juli 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: