_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Cara Membuat Scrapbook Sederhana tapi Keren

CARA MEMBUAT SCRAPBOOK – Scrapbook merupakan salah satu bentuk karya kreatifitas yang banyak dibuat oleh remaja masa kini. Scrapbook dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai memori terindah yang pernah kamu lewati sepanjang hidup, seperti kenangan bersama sahabat, keluarga bahkan kekasih tercinta.

Di dalam scrapbook, kamu dapat menyimpan benda apapun yang menyimpan sejuta kenangan terindah bersama orang-orang kamu cintai seperti menyimpan tiket bioskop saat pertama kali ditraktir nonton bersama si doi dan lain sebagainya.

Nah, untuk kamu yang mulai tertarik dengan scrapbook. Kamu dapat membuatnya sendiri di rumah tanpa harus membelinya dengan harga yang mahal di toko terdekat. Caranya? Cukup hanya dengan mengikuti tutorial cara membuat scrapbook sederhana berikut ini.

Alat dan Bahan Cara Membuat Scrapbook

Sebelum mengawali cara membuat scrapbook, pertama-tama kita siapkan terlebih dahulu alat-alat beserta bahannya. Bebagai bahan pembuatan scrapbook ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di beberapa toko alat tulis terdekat.

  • Kertas khusus scrapbook
  • Kertas warna – warni atau kertas origami
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Pensil warna, crayon atau spidol
  • Album atau foto kenangan
  • Pernak – pernik hiasan, seperti pita, kancing dan lain sebagainya

Langkah-langkah Cara Membuat Scrapbook

Jika semua alat dan bahan telah terkumpul, maka proses selanjutnya adalah menyiapkan materi yang akan menjadi isi dari scrapbook tersebut, misal berupa foto, tiket bioskop dan sebagainya. Pastikan semua materi yang kamu siapkan berbentuk pipih agar scrapbook dapat ditutup dengan sempurna.

Sudah siap? Ini dia langkah-langkah cara membuat scrapbook dengan tanganmu sendiri. Selamat mencoba 😀

1. Tentukan Tema Apa yang Ada di Scrapbook

Tema Scrapbook - Cara Membuat Scrapbook

sweetshoppedesigns.com

Sebelum melakukan penyusunan scrapbook, ada baiknya jika kamu menentukan tema-nya terlebih dahulu. Dengan pemilihan tema yang tepat, maka penentuan foto, layout beserta hiasan pada scrapbook pun akan menjadi lebih mudah.

Misal, jika kamu ingin membuat scrapbook ulang tahun sahabat terdekatmu, maka kamu dapat menyisipkan beberapa foto album terbaik sahabat terdekatmu. Berbagai hiasan dapat kamu pilih sesuai dengan favorit warna kesukaan sahabat terdekatmu.

Namun, jika kamu tidak mempunyai ide tema khusus dan hanya ingin membuat scrapbook hanya untuk kepemilikan probadi, maka kamu dapat memasukkan apa saja ke dalam scrapbook tersebut selama itu masih dirasa penting atau momen terindahmu.

2. Tentukan Setting Cerita yang akan Digunakan

Alur Cerita Scrapbook - Cara Membuat Scrapbook

familyreunionhelper.com

Setelah menentukan tema, selanjutnya yaitu menentukan cerita pada scrapbook tersebut. Meskipun bisa dibuat tanpa alur, namun scrapbook dengan alur cerita yang rapi akan membuat isi di dalamya menjadi lebih hidup, bahkan seolah-olah bisa menjadi sebuah mesin waktu yang mengingatkan kita pada momen terpenting dalam hidup.

Misalnya, jika kamu ingin membuat scrapbook untuk teman masa kecilmu, maka kamu dapat membuat isi dalam scrapbook berdasarkan rincian waktu. Pada halaman awal, tempelkanlah foto disaat kalian masih berada di sekolah dasar. Kemudian dilanjutkan dengan foto kenangan semasa SMP hingga berlanjut ke SMA dan seterusnya.

3. Pilih Item yang Sesuai untuk Scrapbook

Masukkan Item pada Scrapbook - Cara Membuat Scrapbook

kellynicole01.wordpress.com

Mulailah dengan memilih foto, tiket bioskop, memo dan berbagai macam item yang lain, asalkan item tersebut berkaitan dengan cerita dan tema pada scrapbook yang akan dibuat. Pilihlah beberapa momen yang paling mengesankan agar scrapbook tampak lebih menarik dan istimewa.

4. Buat Tata Letak Scrapbook Beserta Hiasan Dasarnya

Tata Letak Scrapbook - Cara Membuat Scrapbook

danakessler.com

Dimulai dengan proses penyusunan, mula-mula buatlah sebuah hiasan dasar terlebih dahulu pada tiap lembaran kertas scrapbook. Hiasan dasar yang bisa kamu buat diantaranya yaitu wallpaper, ornamen dan lain sebagainya. Khusus untuk tema tertentu, kamu dapat membuat setiap hiasan dasar yang serupa pada setiap halamannya atau berkaitan antara satu halaman dengan halaman lain.

Sembari membuat hiasan dasar, kamu juga dapat menentukan layout mana yang akan kamu gunakan pada scrapbook. Tentukan posisi mana yang akan kamu gunakan untuk menaruh judul, foto, komentar dan berbagai item lainnya. Dengan begitu, hiasan dasar pada scrapbook akan menyatu dan selaras dengan isinya.

5. Menempelkan Foto pada Scrapbook

Foto Scrapbook - Cara Membuat Scrapbook

dogs.thefuntimesguide.com

Jika semua halaman telah dihiasi dengan hiasan dasar, sekarang mari kita awali dengan menempelkan beberapa foto. Kamu dapat menempelkan foto secara langsung di atas lembaran scrapbook dengan menggunakan lem kertas.

Jika ada foto yang memiliki ukuran terlalu besar, maka kamu harus memotongnya terlebih dahulu agar sesuai dengan ukuran dari scrapbook. Teknik memotongnya pun tidak harus dengan pola berbentuk persegi, bisa saja kamu variasikan sesuai dengan keinginanmu seperti abstrak, bulat dan sebagainya.

Selain menempelkan foto secara langsung, kamu juga dapat berkreasi dengan kertas warna-warni yang bisa kamu manfaatkan sebagai alas dari foto tersebut. Dengan cara tersebut, foto memori akan terlihat seperti memiliki frame atau pigura yang indah.

6. Beri Judul pada Halaman Scrapbook

Berikan Judul Scrapbook - Cara Membuat Scrapbook

debbiehodge.com

Setelah foto ditempelkan, langkah berikutnya adalah memberikan judul pada halaman scrapbook. Pemberian judul ini bisa kamu lakukan secara langsung dengan memanfaatkan spidol, pensil warna ataupun crayon.

Biar lebih bervariasi, kamu bisa membuat judulnya dengan menggunakan potongan kertas berwarna, solasi atau bahan lainnya. Khusus jika kamu ingin membuat bentuk tulisan judul dengan menggunakan font tertentu, maka kamu harus mendesainnya terlebih dahulu dengan media komputer. Setelah itu, cetak font tersebut dengan menggunakan printer.

7. Beri Komentar pada Tiap Item yang Dimasukkan

Beri Komentar Scrapbook - Cara Membuat Scrapbook

photobucket.com

Setelah membuat judul, tambahkanlah komentar atau caption cerita pada setiap foto dan item lainnya yang ada di dalam scrapbook. Hal ini sangatlah penting, mengingat komentar dan cerita akan membuat beberapa item yang ada di scrapbook menjadi lebih hidup.

Komentar dan cerita yang akan kamu tulis bisa dengan menggunakan beragam jenis, mulai dari nama, tanggal, quotes, pengalaman lucu hingga lirik lagu, Semua dapat kamu tulis secara langsung melalui tangan ataupun memanfaatkan media komputer.

8. Berikan Hiasan Tambahan

Berikan Hiasan Tambahan pada Scrapbook - Cara Membuat Scrapbook

deannam.blogspot.com

Setelah semuanya rampung, kini saatnya kamu untuk menghias scrapbook dengan berbagai aksesoris yang sudah dipersiapkan. Pita, kancing, benang dan pernak-pernik lainnya bisa kamu manfaatkan sebagai aksesoris.

Tempelkan aksesoris tersebut di beberapa halaman scrapbook. Tujuannyam agar scrapbook tampak lebih meriah dan menawan. Perlu diingat jika aksesoris tersebut hanyalah item tambahan saja, jangan sampai item tambahan tersebut mengurangi makna dari item utamanya.

9. Sisipkan Item ke dalam Album

Sisipkan Semua Item Ke dalam Scrapbook - Cara Membuat Scrapbook

youtube.com

Setelah semua halaman scrapbook selesai disusun, langkah terakhir dari proses pembuatan scrapbook adalah memasukkan semua barang yang membuat paling berkesan ke dalam album scrapbook. Setelah selesai, album scrapbook kini siap untuk disimpan ataupun diberikan sebagai tanda hadiah.

Selain scrapbook kamu juga bisa nyoba eksperimen lainnya lho ..

Cara Membuat Doodle Art Bagi Pemula + Gambar Doodle Keren

Cara Membuat Slime dengan Shampoo Tanpa Borax

Cara Membuat Boneka Doraemon dari Kain Flanel

Demikian tutorial yang saya berikan, semoga contoh scrapbook diatas dapat membantu kreatifitas tangan anda untuk tetap selalu berkarya ! 😀

 

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: