_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Cara Membuat Roket Air Fisika dari Botol Bekas

CARA MEMBUAT ROKET AIR – Melakukan praktek dalam pembelajaran Fisika sangatlah diperlukan agar para siswa lebih tertarik dalam mempelajari bidang studi tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan beberapa percobaan, salah satunya adalah praktek terhadap Hukum III Fisika yang membahas tentang konsep gaya aksi dan reaksi melalui media roket air.

Dengan media roket air tersebut, diharapkan para peserta didik atau siswa bisa lebih antusias kembali dalam melakukan berbagai eksperimen yang berkaitan dengan sains.

Biasanya, roket air terjual di beberapa toko mainan terbatas dengan harga yang amat fantastis. Akan tetapi, lebih bagusnya lagi jika roket air tersebut dibuat dengan tangan kita sendiri.

Selain bisa menghemat biaya pengeluaran, membuat roket sendiri juga bisa mengasah kreatifitasmu sendiri loh. Ngga percaya? Yuk, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Alat dan Bahan Cara Membuat Roket Air Fisika

  • Pipa Paralon berukuran 1 sampai 2 meter
  • Selang Kecil
  • Sambungan Pipa (berbentuk L dan T)
  • Botol Air Mineral (ukuran besar atau kecil)
  • Siapkan peralatan bantu lainnya seperti lem, double-tape, kardus, lakban hitam dan gunting
  • Pemberat (berupa batu, kelereng dan lain sebagainya)

Langkah-langkah Cara Membuat Roket Air dari Barang Bekas

Ikutilah langkah-langkah dari cara membuat air ini secara berurutan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Bila perlu, ajaklah dua sampai tiga orang temanmu agar proses pembuatan roket air dapat berjalan dengan mulus dan cepat.

1. Menyambung Pipa dengan Selang

Cara Membuat Roket Air

Sambunglah pipa-pipa tersebut seperti gambar diatas. Gunakan lem pipa agar hasil sambungan tadi bisa lebih kuat dan tahan lama. Kemudian buatlah lubang pada bagiang tengah sambungan pipa yang berbentuk T dengan menggunakan bor. Pembuatan lubang tersebut berfungsi sebagai tempat masuknya selang ke dalam pipa. Usahakan pembuatan lubang bor setara dengan ukuran selang yang akan digunakan.

Setelah proses pelubangan pada pipa telah usai, mulailah saatnya kamu untuk memasukkan selang hingga ke ujung bagian atas pipa. Agar udara yang dipompa tidak bocor dan masuk ke dalam pipa, tempelkanlah isolasi tepat pada bagian ujung pipa yang dimasuki oleh selang. Usahakan posisi selang agak keluar sedikit dari pipa.

2. Membuat Sistem Peluncur

Cara Membuat Roket Air Fisika

Dari gambar diatas, bisa kita lihat bahwa ada 8 buah kabel teast yang terpasang. FYI, kabel teast adalah sebuah penjepit yang apabila dimasukkan tidak dapat dibuka lagi, biasanya kabel tersebut dapat ditemukan pada bagian selebor sepeda. Gabungkan kabel teast dengan menggunakan lakban agar semakin melekat. Nantinya, kabel teast ini akan digunakan sebagai penjepit mulut botol seperti yang tertera pada video berikut ini.

Membakar Pipa

Nyalakan korek api yang sudah disiapkan tadi untuk membuat gelembung di bagian pipa. Hati-hati jangan sampai pipa rusak. Nantinya, pipa yang sudah menggelembung berfungsi sebagai penahan botol air mineral sehingga udara yang akan dipompa tidak akan keluar dari botol.

3. Waktunya Membuat Roket Air

Membuat Roket Air Fisika

Siapkan sebuah botol beserta aksesorisnya serupa dengan gambar diatas. Tambahkan sayap dan buatlah ujung lancip berbentuk kerucut di bagian depannya. Oh iya, jangan lupa untuk meletakkan pemberat di dalam botol. Taruhlah seember air dan pompa sepeda pada area lokasi peluncuran roket. Kemudian roket siap untuk diluncurkan ! 😀

Ingat, jumlah banyaknya air pada saat proses peluncuran mempengaruhi ketinggian dari roket tersebut. Maka dari itu, ngga ada salahnya kok jika kamu mencoba sendiri berkali-kali agar mendapatkan takaran air yang pas.

Suka eksperimen? Cobain ini yuk 😀 

Cara Membuat Slime dengan Shampoo Tanpa Borax

Cara Membuat Aquarium Mini Sederhana

Cara Membuat Antena TV di Rumah Paling Gampang!

Cara Membuat Robot Sederhana

One Response

  1. ngeeshare 26 November 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: