_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Cara Membuat Panel Surya Sederhana

CARA MEMBUAT PANEL SURYA – Akhir-akhir ini panel surya mulai semakin populer di kalangan masyarakat. Mungkin hal ini disebabkan dengan seiring menipisnya cadangan energy fosil dan isu global warming. Selain itu, energi yang dihasilkan oleh panel surya yang hanya bersumber dari energi matahari membuat para penggunanya lebih efisien dan ramah lingkungan dalam membuat energi. Panel surya atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Solar Cell, merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah tenaga matahari menjadi energi listrik.

Sayangnya, harga panel surya saat ini sangatlah mahal. Namun jika kamu sedikit kreatif, kamu bisa membuat panel surya sederhana dengan tanganmu sendiri.

Bahan Baku Cara Membuat Panel Surya Sederhana

  • Selembar tembaga berkilat ( bisa kamu dapatkan di toko besi terdekat).
  • Dua buah capit buaya
  • Satu unit Micro ammeter (dengan arus antara 10 hingga 50 micro ampere).
  • Satu unit kompor listrik
  • 1 botol plastik bening atau alternatif lain dengan menggunakan botol bekas air mineral yang dipotong bagian atasnya.
  • Garam meja, kami menggunakan 2 sendok garam meja.
  • Air Secukupnya
  • Amplas atau alternatif lain dengan menggunakan sikat kawat.
  • Gunting pemotong kawat tembaga

Cara Membuat Panel Surya Sederhana

Dengan mengikuti langkah – langkah dibawah ini secara berurutan, kamu bisa membuat panel surya sederhana tanpa harus membelinya dengan harga yang mahal. Selamat Mencoba Guys ! 😀

Langkah Pertama

Cara Membuat Panel Surya Sederhana

Potong kawat tembaga terlebih dahulu kurang lebih seukuran panel pemanas pada kompor listrik. Kemudian, cucilah tanganmu dengan air biasa agar tidak ada minyak atau lemak yang melekat pada tembaga.

Tembaga yang sudah terpotong dibersihkan menggunakan sikat kawat atau amplas lalu dikeringkan, tujuannya yakni agar serapan energi matahari tidak dihalangi oleh kotoran yang ada pada tembaga tersebut.

Setelah tembaga kering, letakkan tembaga tersebut diatas kompor listrik, kemudian nyalakan atau bakar dengan voltase tinggi.

Langkah Kedua

Cara Membuat Panel Surya Sederhana

Saat tembaga mulai memanas, pola oksidasi mulai terbentuk dengan perpaduan warna yang indah antara kuning dan orange. Sisi tembaga yang lebih panas akan terlihat warna kehitaman.

Setelah warna kuning dan orang menghilang, tembaga akan berubah warna menjadi merah cerah secara merata. Selanjutnya, bakar tembaga selama kurang lebih 30 menit sampa lapisan tembaga menjadi hitam pekat. Hal ini penting, mengingat lapisan hitam akan mengelupas sementara lapisan tipis akan tetap menempel pada tembaga.

Langkah Ketiga

Cara Membuat Panel Surya Sederhana

Matikan kompor setelah pembakaran selama 30 menit lalu biarkan tembaga dingin dengan perlahan. Perlu diketahui, mendinginkan tembaga terlalu cepat akan menyebabkan lapisan oksida hitam tetap menempel pada tembaga. Lapisan tembaga akan mengkerut dan oksida hitam juga akan menyusut jika sudah mendingin.

Langkah Keempat

Cara Membuat Panel Surya Sederhana

Perlahan lapisan oksida akan menyusut dengan waktu yang berbeda-beda. Proses ini memang lama, dibutuhkan kesabaran yang lebih untuk proses penyusutan ini.

Tembaga yang sudah didinginkan selama 20 menit membuat sebagian besar oksida hitam akan menghilang seketika. Unruj membersihkan butiran-butiran kecil pada tembaga, gunakan tangan pada air yang mengalir kemudian gosok dan cuci secara perlahan.

Usahakan untuk jangan merengangkan tembaga, hal ini akan berakibat kerusakan pada lapisan oksida corpus merah yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk bisa menghasilkan energi listrik.

Langkah Kelima

 

Potong lembaran tembaga lainnya seukuran persis dengan tembaga pertama yang telah dibakar. Selesai dipotong, tekuk kedua potongan tembaga tadi secara perlahan. Kemudian masukkan kedua potongan tembaga yang sudah dilengkuk tadi ke dalam sebuah botol plastik secara berhadapan tanpa bersentuhan.

Sisi yang paling baik untuk menghadap keluar botol adalah sisi tembaga yang sudah dibakar. Selain permukaanya halus, sisi tembaga yang sudah dibakar juga bersih dari kotoran.

Cara Membuat Panel Surya Sederhana

Pasangkan 2 capit buaya pada satu tembaga baru, sementara satunya lagi dipasang ke tembaga yang baru. Pada bagian ujung kabel dipasangi plat tembaga yang bersih menuju ke terminal positif. lalu tembaga yang sudah dibakar dipasangkan pada terminal negatif.

Campurkan 2 Sendok garam meja ke dalam air yang sidah dipanaskan, lalu aduk sampai larut. Masukkan air garam dengan hati-hati ke dalam botol tadi, usahakan jangan sampai membasahi capit buaya yang sudah terpasang.

Terakhir..

Cara Membuat Panel Surya Sederhana 5

Isikan air garam secukupnya pada botol plastik, jangan sampai menggelamkankan semua sisi plat tembaga yang telah terpasang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko dari terkenanya capit buaya terhadap air saat memindahkan panel surya.

Terkait:

Cara Membuat Robot Sederhana dari Mainan Mobil Bekas

Cara Membuat Doodle Art Bagi Pemula

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet, Buku dan Masih Banyak Lagi

Cara Membuat Scrapbook Sederhana tapi Keren

3 Comments

  1. Fira 13 September 2016
  2. Wizam Robbani 16 September 2016
  3. Octavio Benedictus 24 Oktober 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: