_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kemiri Agar Rambut Hitam Berkilau

CARA MEMBUAT MINYAK KEMIRI – Kemiri adalah salah satu dari berbagai jenis tumbuhan yang mana bijinya seringkali dimanfaatkan dalam berbagai macam kebutuhan. Selain dapat digunakan sebagai obat tradisional dan bumbu dapur, biji kemiri biasanya juga dimanfaatkan sebagai bahan dalam membuatan minyak kemiri.

Cara membuat minyak kemiri sebenarnya mudah, karena prosesnya dapat dilakukan dengan cara tradisional. Untuk kamu yang masih saja penasaran tentang bagaimana cara membuat  kemiri, yuk persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya seperti dibawah ini.

Bahan-bahan Cara Membuat Minyak Kemiri

  • Siapkan 250 gram biji kemiri atau sesuaikan dengan ukuran minyak yang akan dihasilkan
  • Air putih secukupnya

Proses Cara Membuat Minyak Kemiri

Cara Membuat Minyak Kemiri

caca.co.id

Setelah semua persiapan dan bahan-bahan telah selesai, kini saatnya kamu mulai masuk dalam tahap proses cara membuat minyak kemiri.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini secara berurutan dan jangan sampai ada yang terlewat agar mendapatkan hasil minyak kemiri yang maksimal.

1. Menghaluskan Biji Kemiri

Cucilah biji kemiri yang telah disiapkan. Lalu haluskan dengan alat penumbuk atau mesin blender. Perlu diingat, usahakan jangan terlalu halus saat menumbuk kemiri. Seusai dihaluskan, langkah selanjutnya adalah menyaring kemiri tersebut secara menyeluruh.

Lain halnya jika menghaluskan kemiri dengan menggunakan blender. Pertama-tama campurkan beberapa biji kemiri dengan air secukupnya.

Usahakan untuk tidak memblender biji kemiri menjadi lebih halus hingga menyerupai cairan. Cukup blender sampai bertekstur kasar saja.

2. Penyaringan Santan

Setelah melewati proses menghaluskan kemiri dengan menggunakan alat blender atau tumbukan, sekarang saatnya kita menuju proses penyaringan. Caranya, campurkan hasil kemiri yang sudah halus tersebut dengan air secukupnya. Lalu peras dengan kuat agar santannya keluar.

Jika kita sudah terlanjur menumbuk atau memblender biji kemiri terlalu halus, mungkin media kain bisa kamu gunakan dalam proses pemerasan santannya. Seusai diperas, saringlah santan tadi supaya tidak tercampur ketika masuk dalam proses pendidihan selanjutnya.

3. Mendidihkan Santan Hingga Menjadi Minyak

Masukan santan kemiri tadi ke dalam sebuah bejana/wajan tepat diatas kompor. Nyalakan kompor dan biarkan santan sampai mendidih.

Aduk-aduk santan kemiri selama dalam proses pendidihan. Hal ini bertujuan agar proses penguapannya dapat berjalan dengan baik dan sempurna.

Butuh waktu yang cukup lama dalam proses penguapan ini, sehingga diperlukan sedikit kesabaran untuk menunggunya sampai benar-benar matang.

Aduk santan kemiri sampai airnya menguap hingga minyaknya saja yang tersisisa. Minyak kemiri yang sudah jadi akan terlihat dari perubahan warna kerak minyaknya menjadi coklat pekat.

4. Menuangkan Santan ke Dalam Botol

Jika sudah jadi secara merata, maka diamkanlah minyak kemiri sampai mendingin. Kemudian ambil kerak tadi lalu peras minyaknya dengan media kain sampa mengering.

Terakhir, tuangkan minyak kemiri hasil perasan tadi ke dalam botol supaya mudah digunakan dalam pemakaian sehari-hari.

 

Jual Minyak Kemiri Bakar Asli

Manfaat Minyak Kemiri

Minyak kemiri mengandung banyak manfaat bagi rambut kita. Bisa jadi jika khasiat dari miyak kemiri ini tidaklah jauh berbeda dengan beberapa kosmetik kesehatan rambut lainnya yang kini telah mulai membludak di pasaran.

Dibawah ini beberapa manfaat dari minyak kemiri yang dapat kamu peroleh jika mengkonsumsinya.

1. Mempersubur Perumbuhan Rambut

Rambut Panjang

latest-hairstyles.com

Terkadang rambut akan nampak tipis jika kerontokan pada rambut seringkali terjadi, tak jarang jika hal ini juga dikaitkan dengan adanya sedikit kebotakan di beberapa area kepala terentu.

Beruntunglah jika kamu pernah mengkonsumsi minyak kemiri. Karena di dalam minyak tersebut terdapat beberapa kandungan yang mampu mempercepat tumbuhnya rambut. Sehingga rambutmu akan tumbuh lebih sehat dan menutupi daerah yang botak akibat kerontokan.

2. Menghitamkan Warna Rambut

Rambut Hitam

youtube.com

Selain dapat mempercepat pertumbuhan rambut, menggunakan minyak kemiri akan membuat rambutmu menjadi lebih hitam dari yang sebelumnya.

Sehingga rambut akan semakin berkilau dan kamu akan terlihat lebih cantik nan elegan. Khasiat minyak kemiri juga dapat dirasakan oleh beragam jenis rambut, entah itu lurus, keriting, ikal dan lain sebagainya.

3. Membuat Rambut Jadi Lebih Tebal

Rambut Tebal

ehairstyle.com

Seusai masalah rontok pada rambut hilang beserta daerah yang botak kembali menjadi subur, maka manfaat selanjutnya yang akan kamu dapatkan dari kemiri adalah rambutmu akan menjadi lebih tebal seperti sedia kala.

Tak hanya itu, rambutmu pun akan menjadi kuat sehingga ngga gampang putus.

4. Mencegah Terjadinya Kerontokan

atasi-rambut-rontok-dengan-minyak-kemiri

Bila kamu sedang dilanda masalah kerontokan pada rambut atau rambut mudah putus, minyak kemiri mungkin bisa kamu manfaatkan untuk jadi solusinya.

Kemiri mengandung protein dan mineral yang terbilang cukup tinggi. Sehingga akar rambut menjadi lebih kuat dan ngga gampang putus.

5. Mencegah Timbulnya Uban

Rambut Uban

abiummi.com

Munculnya uban merupakan hal biasa bagi sebagian orang yang sudah berusia lanjut. Akan tetapi jika hal ini terjadi pada usia yang masih muda, pastinya akan merusak penampilan.

Oleh karena itu, minyak kemiri berfungsi memberi warna hitam pada rambut agar uban tidak datang kembali.

Video Tutorial Cara Membuat Minyak Kemiri

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: