_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Cara Membuat Antena TV dengan 5 Langkah Mudah

CARA MEMBUAT ANTENA TV – Di zaman yang serba modern ini, pastinya kita disuguhkan dengan berbagai keperluan barang yang praktis tanpa harus merakitnya terlebih dahulu sehingga para penggunanya akan lebih dimudahkan dengan pemakainnya. Salah satu contoh dari barang praktis tersebut yakni antena tv.

Antena TV merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menguatkan pancaran sinyal analog dari stasiun luar angkasa. Oleh karena itu, antena menjadi sebuah bagian penting dalam komponen televisi.

Selain penting, antena TV ini juga bisa kamu buat sendiri lho di rumah. Dalam pembuatan antena TV, ini kamu tidak harus merogoh kocek lebih dalam daripada beli di toko elektronik. Mau tau langkah-langkah dan cara pembuatannya? Yuk, simak cara membuat antena tv sendiri berikut ini.

Bahan dan Alat Cara Membuat Antena TV

Alat dan Bahan Cara Membuat Antena TV

adhityareza.wordpress.com

Pastikan semuanya telah terkumpul secara lengkap sehingga kamu tidak perlu mondar-mandir pada saat merakit antena-nya. Persiapkan seluruh peralatan beserta bahannya sebagaimana daftar dibawah ini.

  • Seng nisplang atau seng talang berukurang 0,5 x 0,5 meter
  • Jack kabel Coaxial guna menyambungkan ke colokan antena TV
  • Pastikan kabel Coaxial berjenis impedansi 75 Ohm dengan ukuran yang disesuaikan
  • Potongan bambu atau botol bekas pakai, semacam V*xal berukuran 11 cm
  • Mur baur berukuran 3 mm sebanyak 2 biji
  • Cutter dan Gunting
  • Sekrup kayu berukuran 3 cm sebanyak 2 biji.

Untuk mendapatkan daftar bahan dan alat diatas, kamu bisa mendapatkannya di toko bangunan terdekat.

Tutorial Cara Membuat Antena TV

Berikut ini beberapa langkah-langkah cara membuat antena tv yang disusun secara berurutan. Pastikan tidak ada yang terlewati baik itu dari persiapan bahannya maupun langkah-langkah cara membuat antena tv.

1. Pemotongan Seng

Ukuran Pemotongan Seng - Cara Membuat Antena TV

adhityareza.wordpress.com

Potong seng dengan acuan gambar diatas. Pastikan ukurannya sama dan presisi agar tidak terjadi ketidakcocokan seng saat dipasangkan.

2. Pemotongan Botol Bekas

Pemasangan Driven - Cara Membuat Antena TV

adhityareza.wordpress.com

Seng berbentuk kupu-kupu tersebut dinamakan driven, sedangkan yang sebelah kanannya lagi disebut dengan reflector. Lanjut ke proses pembuatan, potong botol bekas hingga berukuran panjang 11 cm dengan diameter berukuran bebas. Lalu tempelkan driven dengan menggunakan sekrup atau baut secukupnya seperti gambar diatas.

3. Pemasangan Driven ke Reflector

Pemasangan Driven ke Reflector - Cara Membuat Antena TV

adhityareza.wordpress.com

Pada sesi ini, beri lubang pada 4 bagian berbeda dari reflector agar driven yang sudah melekat tadi dapat terpasang dengan reflector. Perlu diketahui, untuk memberi lubang pada refelector haruslah bersesuaian pada bagian botolnya juga. Selanjutnya, sambung reflector menggunakan cable tie

4. Penambahan Sekrup

Penambahan Sekrup - Cara Membuat Antena TV

adhityareza.wordpress.com

Tambahkan 1 biji sekrup masing-masing di atas driven. Sebenarnnya, sekrup berfungsi sebagai tempat pengait antar konduktor dengan ground dari kabel coaxial. Konduktor satu mengait ke arah driven, sementara ground ke driven lainnya.

Pilihan driven, boleh ketukar asalkan menyatu. Kemudian soldier kaitan konduktor dengan menggunakan sekrup sehingga driven akan menyatu dengan konduktor dan ground. Oh iya, jangan lupa untuk menyambungkan ujung kabel lainnya ke dalam jack coaxial.

5. Uji Coba Antena TV

Uji Coba - Cara Membuat Antena TV

adhityareza.wordpress.com

Proses cara membuat antena TV sudah selesai. Kamu bisa melakukan uji coba terlebih dahulu dengan menaruh antena diatas meja atau lemari. Perlu diingat, antena ini memang didesain untuk keperluan indoor bukan outdoor.
Selamat mencoba 😀

Buat kamu yang suka eksperimen .. 

Cara Membuat Robot Sederhana

Cara Membuat Slime dengan Shampoo Tanpa Borax

Cara Membuat Roket Air Fisika dari Botol Bekas

Cara Membuat Panel Surya Sederhana

 

6 Comments

  1. Rafiq 1 Februari 2016
  2. Riva 29 April 2016
  3. Suci 11 Oktober 2016
  4. Wizam Robbani 11 Oktober 2016
  5. rora 12 November 2016
  6. Wizam Robbani 13 November 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: