_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Cara Membersihkan Kipas Laptop yang Benar

Pada saat kamu menggunakan laptop setelah beberapa jam lamanya, seketika itu laptopmu menimbulkan panas pada beberapa komponennya. Oleh karena itu kipas/fan laptop berfungsi sebagai pendingin yang mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam suatu komponen. Tetapi fungsi itu dapat terganggu oleh debu yang menempel pada baling-baling kipas pendingin CPU. Sedikit demi sedikit, debu akan mengurangi kinerja kipas pendingin tersebut. Karena semakin banyak debu yang menempel maka akan semakin berat putaran pada kipas pendingin. Jika panas berlebih yang dihasilkan oleh komponen laptop sulit untuk diatasi, maka akan mengakibatkan kerusakan yang serius bahkan tak jarang hingga menyebabkan laptop mati total.

Terkadang pengguna laptop sendiri tidak menyadari akan pentingnya membersihkan kipas pendingin. Hal ini mungkin dikarenakan kurangnya pengetahuan atau bahkan ketidakpedulian pengguna laptop mengenai komponen ini. Nah, di bawah ini saya akan membahas langkah-langkah membuka fan laptop yang benar.

1. Matikan Laptop dan Lepas Baterai

Melepas Baterai - Cara Membersihkan Kipas Laptop

1.bp.blogspot.com

Selain untuk keamanan, mematikan laptop bertujuan agar kamu tidak kesetrum pada saat laptop dibongkar. Setelah laptop dimatikan, lepas baterai agar sekrup yang ada di dalam tempat baterai mudah dilepas. Kurang lebihnya ada 2 sampai 3 sekrup atau baut yang ada di dalam tempat baterai.

2. Lepas Sekrup pada Keyboard Laptop

Membuka Sekrup - Cara Membersihkan Kipas Laptop

4.bp.blogspot.com

Tempatkan sekrup yang sudah terlepas dengan laptop ke dalam sebuah wadah kecil. Tujuannya ialah agar sekrup tidak hilang pada saat semua sekrup telah terlepas, sehingga pada saat pemasangan semua lubang sekrup lengkap dengan sekrupnya.

3. Membuka Casing

Membuka Casing - Cara Membersihkan Kipas Laptop

1.bp.blogspot.com

Setelah membuka semua sekrup yang ada di dalam casing, langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah membuka casing. Usahakan untuk membuka casing secara perlahan. Hal ini dilakukan agar tidak ada komponen-komponen yang patah atau rusak.

4. Siapkan Cotton Bud

Membersihkan Kipas dengan Cotton Bud - Cara Membersihkan Kipas Laptop

cdn.instructables.com

Selain sebagai pembersih telinga, cotton bud juga berfungsi sebagai pembersih kipas (fan). Cara membersihkannya yaitu dengan menggosokkan ujung-ujung kapas cotton bud di sela-sela bagian baling-baling kipas secara perlahan. Setelah membersihkan kipas, lakukan pengecekan pada bagian baling-baling kipas yang mungkin masih ada sela-sela yang kotor.

5. Menutup Casing

Menutup Casing - Cara Membersihkan Kipas Laptop

1.bp.blogspot.com

Periksa motherboard terlebih dahulu untuk memastikan semua komponen-komponen laptop tidak ada yang terlepas, seperti sound, kabel monitor dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar tidak ada komponen laptop yang terlewatkan pada saat menutup casing.

6. Pemasangan Sekrup

Pemasangan Sekrup - Cara Membersihkan Kipas Laptop

jagatreview.com

Sekrup yang ditaruh di dalam sebuah wadah kemudian dipasang kembali. Usahakan memasang jenis sekrup dengan tepat. Apabila sekrup yang sudah terpasang tidak tepat atau biasanya ukuran lubang sekrup lebih kecil dari sekrup itu sendiri, maka dapat dipastikan bahwa lubang sekrup akan pecah dan sudah tidak bisa dipasangi lagi oleh jenis sekrup yang lain.

7. Hidupkan Laptop Kembali

Nyalakan Laptop - Cara Membersihkan Kipas Laptop

illinoisgoc.com

Sentuhan terakhir dari langkah-langkah ini adalah menghidupkan laptop. Langkah-langkah ini dinyatakan berhasil, apabila saat dinyalakan kipas laptop tidak berbunyi. Dan apabila laptop sudah menyala selama kurang lebih 2 jam namun suhunya tetap stabil, maka proses pembersihan kipas juga dinyatakan berhasil, begitu pula sebaliknya.

Performa laptop tentu akan meningkat apabila suhu dari laptop masih stabil dan panasnya tidak berlebih. Oleh karena itu diperlukan perawatan secara rutin untuk membersihkan debu yang menempel pada kipas pendingin. Dianjurkan untuk 3 bulan sekali melakukan cara ini agar laptop tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu jangka panjang.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: