_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Apa itu Disk Defragmenter ?

Disk Defragementer merupakan sebuah program bawaan yang berinduk di dalam sebuah sistem operasi. Program ini mempunyai fungsi untuk menyusun kembali beberapa file yang telah diperbaharui dan file yang telah terinstall baik sengaja maupun tidak disengaja. Windows secara otomatis akan bekerja untuk mengambil ruang kosong pada beberapa space dalam partisi hardisk. Selain itu, disk defargmenter juga berguna untuk memperbaiki boot sector dan berbagai error program lainnya demi menjaga kestabilan PC dan Hardisk.

Baca Juga : Cara Shutdown Otomatis di Windows 7 / 8

Jika kita ibaratkan dengan rutinitas kegiatan kantor, file-file itu adalah beberapa dokumen kertas yang berserakan. Terkadang kita sendiri sering lupa untuk menata ulang/merapikan beberapa dokumen setelah kita membuka dan merubah isi didalamnya. Alhasil jika kita ingin mencari dokumen tersebut, pastinya akan sulit ditemukan karena letaknya yang sudah tidak rapi alias semrawut. Nah, berkat adanya disk defragmenter inilah dokumen-dokumen tersebut dirapikan sesuai dengan urutan dan kategorinya masing-masing.

Sebelum kita menyasar ke software disk defragment terbaik, ngga ada salahnya kalau kita ikuti langkah-langkah mendefrag hardisk pada windows 8 berikut ini.

 Cara Mendefrag Hardisk di Windows 8

Cara Mendefrag Hardisk Windows 8

wikihow.com

Pada Windows Explorer, klik ganda “This PC”. Klik kanan pada Harddisk System yakni Drive (C:). Lalu muncullah opsi Properties tepat dibawah menu drop-down, klik Properties.

Cara Mendefrag Hardisk Windows 8

wikihow.com

Pertama-tama, kilk tombol Disk Clean Up yang berada di pojok kanan bawah pie-chart. Fungsinya adalah untuk memberitahukan berapa banyak file sampah pada Harddisk (C:) yang harus dibersihkan.

Cara Mendefrag Hardisk Windows 8

wikihow.com

Sekarang klik Tab Tools yang pada kotak Properties. Jika sudah,klik tombol Optimise untuk mendefrag Hardisk.

Cara Mendefrag Hardisk Windows 8

wikihow.com

Jendela Disk Defragment menampilkan beberapa Harddisk yang terhubung ke komputer. Selain itu, pada jendela ini juga menampilkan kondisi terakhir dari harddisk tersebut.

Cara Mendefrag Hardisk Windows 8

wikihow.com

Pilih Harddisk yang sudah terseleksi untuk didefrag, kemudian klik Optimise

Software Disk Defragment Terbaik

Langkah-langkah mendefrag windows diatas merupakan bagian dari cara menggunakan tools bawaan default windows. Sebenarnya masih ada beberapa tools defragment yang bukan bawaan dari windows yang dapat kita download secara gratis di Internet. Dibawah ini beberapa software disk defragment terbaik yang sudah saya rakum beserta keunggulannya masing-masing. So, Lets Check it Out !

1. Defragler

Defraggler

softwarecrew.com

Software terbaik dari Priform ini mempunyai banyak kemampuan pada saat mendefrag, beberapa diantaranya yaitu Defrag Individual File, Locate Files on the Drive dan Defrag Free Space. Kemampuan defragmentasi baik secara free-space maupun individual memungkinkan untuk membantu kinerja komputer menjadi lebih ringan.

Baca Juga : Jangan Ngaku Anak IT, Kalau Belum Tau Jenis – Jenis Software Ini

Defragler juga menawrkan sebuah fitur penjadwalan sehinga membuat para pengguna laptop lebih mudah untuk melakukan defrag sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tidak usah ragu jika kamu ingin menjajal software ini untuk pertama kali. Karena dashboard Interface defraggler ini sudah user-friendly untuk kamu gunakan.

2. IObit Smart Defrag

Smart Defrag

freeversionsoftwares.com

Meskipun software ini terbilang gratis dan sederhana, namun siapa sangka jika Smart Defrag ini sudah didownload oleh ratusan pengguna PC di tiap harinya. Fitur Boot Time Defrag pada software ini membantu mendefragmentasi file saat system boot sedang berjalan. Selain itu, tingkat kecepatan dan efisiensi yang sangat tinggi saat melakukan defragmentasi hardisk merupakan andalan utama dari software yang satu ini.

3. Auslogics Disk Defrag

Auslogic Disk Defrag

store.downloadcrew.com

Berbicara kembali mengenai kecepatan defrag, rupanya Auslogics Disk Defrag memang tidak jauh berbeda dari software defragmenter yang lain. Fitur yang tak kalah keren dari software ini berupa sebuah pengaturan disk pada file-file registry serta pagefile. Jika file-file tersebut dirapikan, maka dapat dipastikan suatu sistem pada komputer tidak akan menjadi crash, lambat bahkan mati mendadak.

4. MyDefrag

Mydefrag

mydefrag.uptodown.com

Simpel tapi lengkap, mungkin inilah julukan yang layak untuk software satu ini. MyDefrag dapa menangani berbagai permsalahan yang ada pada floopy disk, RAM serta disk Windows. Sayangnya, software ini hanya kompatibel dengan windows 2000 sampai dengan Windows 7. Belum ada kejelasan apakah software ini akan rilis kembali dengan kompatibel terbaru yaitu Windows 8.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: