_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

Fakta Seputar Akibat Perang Dunia II dari Berbagai Bidang

AKIBAT PERANG DUNIA 2 – Keadaan politik Internasional saat menjelang terjadinya Perang Dunia 2 hampir menyerupai dengan keadaan tahun 1900-1914, tepatnya sebelum Perang Dunia 1 dimulai. Para ilmuwan beranggapan bahwa Perang Dunia 2 tersebut merupakan bagian dari lanjutan Perang Dunia 1.

Latar Belakang Perang Dunia 2

Prancis menumpahkan balas dendamnya pada Jerman di Perang Dunia 1 setelah mereka dipermalukan oleh tentara Der Panzer ketika kalah perang tahun 1870-1871. Selain itu, penyebab lain dari balas tersebut adalah persaingan antara indusri Jerman dan Inggris yang saling membentuk aliansi atau persekutuan.

Ada dua persekutuan yang ikut bertanding dalam persaingan industri. Triple Aliante, aliansi ini bisa disebut dengan “Blok Sentral” yang terdiri atas Autrisa, Jerman dan Italia. Selanjutnya ada Triple Entente yang biasa disebut dengan “Blok Sekutu” yang terdiri dari Perancis, Rusia, Inggris dan beberapa negara sekutu lainnya.

1 Agustus 1914, Jerman telah mengumumkan perang kepada Rusia. Disusul Perancis yang mengumumkan perang kepada Jerman pada tanggal 3 Agustus 1914. Setelah mulailah suatu peperangan berkecamuk yang hampir melibatkan seluruh dunia. Dengan demikian perang tersebut disebut dengan Perang Dunia 1.

Pada tanggal 11 November 1918, Jerman harus menelan pil pahit setelah kalah dari tentara sekutu pada Perang Dunia 1. Dalam Perjanjian Versatiles (1919), Jerman selaku pihak yang kalah perang harus membayar ganti rugi kepada pihak sekutu.

Meskipun kalah perang, Adolf Hitler selaku pemimpin jerman justru tidak pernah putus asa untuk membangkitan bangsanya. Bagi beliau Perang Dunia 2 ini merupakan suatu balas dendam atas kekalahannya dengan Perancis pada Perang Dunia 1.

Perang Dunia 2 dimulai, paham Fasisme yang dikembangkan oleh Adolf Hitler merupakan penyebab dari pasukan Jerman yang menyerbu Polandia di kota Danzig pada tanggal 1 September 1939.

Akibat Perang Dunia 2

Akibat Perang Dunia 2

histlo.com

Sejatinya perang selalu menimbulkan dampak yang sangat merugikan bagi manusia, tak terkecuali bagi beberapa pihak yang kalah akibat perang dunia 2. Bahkan sebagian penduduk sipil yang tidak ikut berperang pun ikut menanggung rugi karena rumah-rumah mereka sudah roboh dan hancur akibat perang 2.

Dampak Perang Dunia 2

Perang Dunia 2 terjadi antara tahun 1939 sampai dengan 1945. Perang ini juga menyebabkan timbulnya suatu perubahan pada bidang ekonomi, politik, sosial hingga kerohanian di berbagai negara di dunia. Berikut ini beberapa perubahan akibat perang dunia 2 yang harus kamu ketahui.

1. Akibat Perang Dunia 2 di Bidang Politik

Akibat Perang Dunia 2 di Bidang Politik

freelargeimages.com

  1. Munculah dua negara dengan kekuatan besar (adidaya). Diantaranya Amerika Serikat yang mempelopori ideologi Demokrasi Liberalnya (liberalisme), Sementara itu Uni Soviet yang bertahan dengan ideologi komunisnya.
  2. Perebutan hegemoni berlangsung di antara kedua Ideologi yang berbeda mengakibatkan munculnya perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kedua negara adikuasa ini saling berselisih untuk mencoba untuk mempengaruhi beberapa negara-negara yang sepaham guna membentuk suatu aliansi persekutuan, seperti NATO. Adapun aliansi yang dibentuk oleh Uni Soviet yakni Pakta Warsawa.
  3. Jatuhnya imperialis juga merupakan dari dampak berakhirnya Perang Dunia 2. Hal ini berdampak pada runtuhnya semangat nasionalisme di wilayah Asia dan Afrika yang membawa mereka melepaskan diri dari cengkeraman negara Asing. Negara- negara yang ingin agar segera merdeka pun mulai bermunculan seperti Indonesia, Filipina, Pakistan dan beberapa negara Asia Afrika lainnya.

2. Akibat Perang Dunia 2 di Bidang Ekonomi

Akibat Perang Dunia 2 di Bidang Ekonomi

theatlantic.com

Keadaan Eropa sangat kacau dan parah setelah berakhirnya Perang Dunia 2. Tak lama berselang, Amerika Serikat muncul sebagai kreditor bagi seluruh dunia, khususnya Eropa.

Amerika serikat pun menyadari jika keadaan Eropa yang sedemikian rusak justru akan memudahkan komunis untuk mencengkeram wilayah tersebut, oleh karena itu mereka harus membantu. Berkaitan dengan hal diatas, berikut ini beberapa lembaga donatur yang mungkin belum kamu tahu

  1. Marshal Plan (1947), lembaga ini mempunyai kewenangan untuk memberikan bantuan ekonomi dan militer.
  2. Thruman Doctrin (1947), lembaga ini bertugas untuk membantu pertumbuhan ekonomi Yunani dan Turki.
  3. Point Four Thruman, lembaga ini berperan dalam pemberian bantuan ekonomi dan militer kepada beberapa negara yang masih terbelakang di Asia.

3. Akibat Perang Dunia 2 di Bidang Sosial.

Akibat Perang Dunia 2 di Bidang Sosial

research.un.org

Dalam hal ini, beberapa kerja sama antar bangsa-bangsa di dunia saling bermunculan. Salah satunya dengan mendirikan United Nation Relief Rehabilitation Administration (UNRRA) yang dibagun atas dasar latar belakang yang sama yaitu akibat Perang Dunia 2. Beberapa bentuk bantuan yang mereka bagian berupa :

  1. Memberi makanan kepada orang-orang pinggiran dan terlantar
  2. Mengurus para pengungsi serata menyatukan kembali anggota keluar yang terpisah akibat Perang Dunia 2
  3. Mendirikan balai pengobatan yaitu Rumah Sakit
  4. Memperbaiki kembali tanah-tanah yang rusak.

4. Akibat Perang Dunia 2 di Bidang Kerohanian

Akibat Perang Dunia 3 di Bidang Kerohanian

charlenecostanzo.com

Tiap manusia pastinya memerlukan perdamaian. Berbagai usaha telah diupayakan agar terciptanya suatu perdamaian dengan membuat sebuah lembaga, yaitu lembaga perdamaian. Dampak buruk yang ditimbulkan akibat Perang Dunia 2 seolah menyadarkan manusia untuk menjaga perdamaian di bumi.

Setelah Liga Bangsa-Bangsa dibubarkan, kemudian munculah sebuah Perserikatan Bangsa-Bangsa yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945. Dengan adanya lembaga ini, sangat diharapkan jika seluruh negara di dunia dapat menjaga perdamaian untuk kehidupan yang lebih baik.

Terkait:

Alasan Kekuatan Militer Indonesia Disegani oleh Dunia

Rekam Jejak Tentara Gurkha : Militer Bayaran Inggris Terkejam di Dunia

Kekuatan Militer Inggris : Dari Sejarah Hingga Alutsista Andalan

Kronologi dan Sejarah Perang Hunain Nabi Muhammad SAW.

Jadi Ini Sebab Khusus dari Perang Dunia 1 ?

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: