_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

6 Permainan Tradisional Yang Bikin Kamu Nostalgia

 

Mendengar kata Permainan Tradisional, sekilas membuat teringat akan kebahagiaan masa lalu yang dimana dulu kita hidup tanpa adanya gadget, laptop dan tablet. Dimana permainan jaman dahulu lebih membangun dan mendidik anak anak untuk bisa berkomunikasi dengan teman sebaya nya.

Berikut permainan tradisional yang bikin kamu nostalgia

  • Congklak/Dakon

Di jawa Timur permainan ini dinamakan dakon/dhakon. Sementara di Jawa Barat lebih dikenal dengan sebutan congklak

congklak

http://whatsupindonesia.com

Alat yang dibutuhkan :

  • 14 biji congklak
  • papan dhakon/congklak yg telah dilubangi sebanyak 14 lubang kecil dan 2 lubang besar dibagian ujungnya
  • 2 orang pemain

 

Permainan sudah dianggap selesai apabila sudah tidak ada biji lagi yg bisa diambil. Pemain yang mendapatkan biji terbanyak maka dia adalah pemenang nya.

 

  • Bekel

Bekel berasal dari tanah jawa, tepatnya di provinsi jawa tengah. Permainan ini lebih banyak dimainkan oleh anak2 perempuan usia 7-10 tahun.

bekel

kemilauindonesia.files.wordpress.com

Alat yang dibutuhkan :

  •  Bola bekel yang terbuat dari karet  besarnya kira kira seukuran bola pingpong atau bola golf
  • Biji bekel yang terbuat dari kuningan. Setiap permainan dibutuhkan sebanyak 10 biji bekel
  • 3 sampai 4 orang pemain

Cara memainkanya adalah pemain menggenggam biji bekel di sedangkan bola bekel ditaruh di ujung ujung ibu jari dan telunjuk kemudian bola dilempar setinggi kurang lebih 35 cm. sesaat bola telah jatuh dan memantul pemain melepaskan biji secara acak, Lempar lagi bolanya, lalu pemain harus mengambil biji bekel secara satu-satu, dua-dua begitu seterusnya. Apabila pemain mengenai/menyentuh biji bekel maka pemain tsb gugur. Dan pemain yang menang adalah mereka yang bisa menyesaikan permainannya lebih dulu

 

  • Lompat Tali

Lompat tali juga permainan yang disenangi anak anak perempuan, permainannya cukup simpel, hanya membutuhkan kelincahan untuk memenangkannya.

lompat tali

pixoto.com

Alat yang dibutuhkan pun juga simple yaitu beberapa karet yang dirangkai hingga panjang yang dibutuhkan sesuai yang dibutuhkan, panjang biasanya berkisar antara 1,5 sampai 2 meter. Butuh 3 orang untuk memainkan permainan ini. Pemain yang melompat tanpa menyentuh tali adalah pemenangnya.

 

  • Petak Umpet

Di daerah Jawa Timur permainan ini lebih dikenal dengan nama” jumpritan”. Para pemain nya pun tidak dibatasi, semakin banyak yang para pemainnya, maka semakin seru.  asal gak sampek ratusan aja hehe. Cara mainnya gampang kok kita tinggal mengundi siapa yang harus jadi “si pencari” lewat adu gambreng.

petak umpet

pondokibu.com

Nah kalau undiannya udah selesai, “si pencari” harus merem di tembok sambil mengitung waktu mundur. rata rata waktu mundur yang sering di gunakan yaitu mulai 30 detik sampai 50 detik, tergantung dari banyaknya pemain yang berpartisipasi. sambil “si pencari” menghitung mundur “si pengumpet”. secara bersamaan “si pengumpet” harus sembunyi di tempat2 yang sekiranya ga bisa dilihat sama “si pencari”. Apabila “si pencari” udah ketemu sama “si pengumpet” maka ia harus menyebut nama “si pengumpet” lalu menyentuh tembok di tempat “si pencari” merem . Pemain yang kalah adalah pemain.

 

  • Go Back To Door

Ya, permainan tradisional ini sarat akan kerja sama tim dan strategi. Untuk memainkannya dibutuhkan 2 tim. 1 tim terdiri dari 4-5 orang. Untuk properti nyakita hanya membuat garis dilapangan seperti ini

budhymanw.blogspot.com

budhymanw.blogspot.com

Tujuan  dari permainan ini adalah menghadang lawan agar lawan tidak lolos mencapai garis akhir.

 

  • Egrang

Egrang terbuat dari 2 batang bambu yang setiap bambu nya dipasang kayu  untuk pijakan kaki.

egrang

yogyakarta.panduanwisata.id

Pemain harus berdiri di atas egrang sambil menjaga keseimbangan. pemain yang mencapai garis finish terlebih dahulu adalah pemengang nya.

 

Sangat miris di era saat ini, dimana era teknologi mulai berkembang dan anak-anak mulai di fasilitasi orang tua mereka untuk bermain game dengan perangkat teknologi yang mumpuni. Tak heran jika anak-anak saat ini pun mulai menjadi lebih individualistik dan introvert.

 

%d blogger menyukai ini: