_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

6 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Belajar di SINTESA

Sintesa merupakan pondok pesantren yang didirikan oleh Mas Vatih. Berdiri sejak tahun 2015, pesantren ini sudah dihuni oleh 20 santri dari beberapa kota di Indonesia. Pesantren ini berlokasi di kota Magetan tepatnya di desa Ngadirejo kecamatan Kawedanan. Para calon santri yang ingin masuk di pesantren harus di seleksi terlebih dahulu di sebuah situs sintesa.net. Nah, jika kamu sudah dinyatakan lolos seleksi tapi masih ragu apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut saya ulas secara rinci di bawah ini.

1. Membaca Al Quran

Mengaji

upload.wikimedia.org

Setidaknya sudah hafal ejaan huruf hijaiyah, meskipun kurang lancar. Karena pondok pesantren ini mempunyai program jangka panjang untuk para santrinya yaitu menjadi hafidz quran. Talaqqi adalah suatu metode yang di mana seorang tutor membacakan beberapa potongan ayat secara berulang-ulang kepada santri lalu santri menirukannya. Setiap akhir pekan santri diwajibkan untuk setor ke tutor talaqqinya masing-masing.  Membaca surat Al-Kahfi hukumnya sunnah, kita biasa melakukan amalan ini pada malam Jum’at sehabis Isya. Membacanya pun tidak secara sendiri-sendiri, santri dibagi menjadi 2 kelompok. Tiap kelompok terbagi 11 orang lalu setiap santri membaca setengah halaman dari surat tersebut secara bergilir.

2. Menulis Artikel

Mengisi Artikel

focusincgroup.com

Di pesantren ini kita diwajibkan untuk membuat artikel 500 kata setiap hari, yaitu hari Senin – Sabtu. Nantinya tulisan tersebut akan dipasang pada situs kita masing-masing. Artikel yang berkualitas akan dibaca banyak pengunjung dan tentunya pasti akan dilirik juga oleh Google Adsense. Tanpa copy paste tapi tetap berpedoman dengan  EYD merupakan aturan yang resmi diterapkan di Sintesa. Untuk penulis pemula seperti saya sendiri kadang kesulitan, Apalagi kalau sudah stuck bingung cari materi apaan. Oleh karena itu Mas Vatih  menyarankan untuk sering-sering baca dan memahami gaya penulisan yang benar di website lain.

3. Berbicara di Depan Umum

Ilustrasi Public Speaking

heroesnarrative.org

Tidak hanya  menulis artikel, di pesantren ini diajarkan juga cara berbicara di depan publik. Nah oleh karena itu setiap santri di sini wajib kultum sekali sehari ba’da ashar. Jadwal santri yang akan kultum sudah ditentukan oleh sekretaris dan temanya pun bebas asalkan bermanfaat.

4. Terbuka

Sosialisasi

2012books.lardbucket.org

Hal ini juga harus diperhatikan. Karena terbuka berarti berani bersosialisasi dengan orang lain di sekitar. Orang yang mempunyai sifat ini cenderung mempunyai pergaulan yang luas. Beda lagi dengan seorang yang tertutup, orang ini jarang banyak omong dan rentan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Hal inilah yang harus dihindari. Karena pondok pesantren sendiri merupakan tempat tinggal bersama.

5. Mampu Mengoperasikan Mesin Cuci

Cuci Baju

persil.co.uk

Sebenarnya ini masalah sepeleh bagi yang terbiasa dan punya mesin di rumah. Lain lagi kalau ada yang belum punya. Pastinya bakalan sulit tuh buat menyalakan mesin cucinya hehe. Nah, ada baiknya jika kita membaca tutorial yang ada di Internet dulu atau setidaknya kita harus bertanya dulu pada Mas Vatih dan Alumni tua pesantren Sintesa.

6. Memasak Lauk dan Nasi Sendiri

Memasak

ccglutenfreed.files.wordpres. com

Merupakan pengalaman ku ketika saya dulu belum pernah masak nasi sendiri tiba-tiba langsung dapat tugas piket masak. Tiap petugas piket masak terdiri dari 3 orang dan mereka diwajibkan untuk memasak nasi, memasak lauk, cuci nampan dan lain sebagainya. Sekretaris mengatur jadwal siapa saja yang akan piket masak di hari itu.

7. Punya Laptop

Laptop

domstechblog.com

Sebuah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh setiap santri untuk belajar di ponpes ini. Setiap hari santri akan diberi tugas dengan laptopnya masing-masing berupa menulis artikel, menyebar backlink dan lain sebagainya.

Demikian beberapa hal harus kamu persiapkan sebelum masuk Sintesa. If there is a will there is a way, jika ada usaha pasti ada jalan. Selamat berjuang semoga bermanfaat.

3 Comments

  1. salingrindu.wordpress.com 28 Agustus 2015
  2. salingrindu.wordpress.com 28 Agustus 2015
  3. Wizam Robbani 29 Agustus 2015

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: