_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"wizamisasi.com","urls":{"Home":"https://wizamisasi.com","Category":"https://wizamisasi.com/category/bisnis/","Archive":"https://wizamisasi.com/2016/12/","Post":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-jelly-art/","Page":"https://wizamisasi.com/kontak-admin/","Attachment":"https://wizamisasi.com/cara-membuat-slime/membuat-slime-dari-bedak-bayi/","Nav_menu_item":"https://wizamisasi.com/1852/","Feedback":"https://wizamisasi.com/?post_type=feedback&p=2020"}}_ap_ufee

6 Cara Ini Ampuh Tingkatkan Performa Laptopmu yang Lambat

Permasalahan laptop lambat sering terjadi pada laptop yang mempunyai processor dan RAM yang kecil atau tidak memadai. Sebelum memulai perbaikan ada baiknya kita mendiagnosa terlebih dahulu apa saja yang membuat performa laptopmu menjadi lambat.

Diagnosa

1. Penumpukan Software yang Berjalan di System Tray

Penumpukan System Tray

reviversoft.com

Antivirus, download manager dan aplikasi sosial media adalah beberapa  jenis dari software system tray. Terkadang kita sendiri terlena menginstall banyak software yang berjalan pada background hingga akhirnya menumpuk ke dalam system tray. Hal ini dapat menyebabkan RAM menjadi penuh dan mengakibatkan komputer menjadi lambat.

2. Startup dan Service Program

Startup Windows

neosmart.net

Biasanya pada saat kita sedang menyalakan laptop, kita akan menunggu proses booting kemudian masuk ke halaman utama Windows. Nah pada saat kita sampai di halaman desktop. Windows akan  menjalankan startup software  secara otomatis. Banyaknya startup software tentunya akan berdampak pada performa laptop saat kita ingin mengawali pekerjaan.

3. Laptop Overheating atau Terlalu Panas

Laptop Overheating

thelaptoprepairman.com

Laptop yang sudah berdebu namun jarang dibersihkan  merupakan salah satu penyebab dari hal ini. Terlebih jika kita menyalakan laptop tanpa cooling pad di tempat yang panas. Tentunya ini akan membuat umur keawetan laptopmu akan semakin cepat berkurang.

Solusi

Nah, sekarang kita sudah tahu permasalahan yang menyebabkan laptop menjadi lag atau lambat. Berikut saya akan membahas beberapa solusi untuk meningkatkan performa PC.

1. Tutup Aplikasi yang Berjalan di System Tray

System Tray

wizamisasi.com

Caranya adalah dengan klik tombol tray lalu klik kanan pada salah satu software yang tidak terlalu penting. Lalu klik close/exit. Dengan begitu software yang sudah di close tidak akan berjalan lagi di bagian background RAM, sehingga meringankan dan meningkatkan kinerja PC.

2. Setting MSConfig

Setting Msconfig

wizamisasi.com

Merupakan program bawaan Windows, msconfig telah dirancang untuk mengatur proses startup pada Windows.  Cara mengakses program ini sangat mudah. Cukup ketik “Msconfig” pada kotak pencarian start menu lalu klik enter,  atau dengan cara lain yaitu klik Start kemudian klik Run lalu muncul kotak dialog, ketikkan “Msconfig” lalu klik Run. Setelah muncul jendela MSConfig, masuk ke tab Startup lalu hilangkan centang pada software yang tidak penting. Dengan begitu startup Windows akan lebih cepat dan efisien waktu.

3. Install SpeedFan

Speedfan

tomshw.it

Dirilis sejak tahun 2000, software Speedfan kini telah digunakan hampir 20 ribu pengguna laptop di tahun ini. Tak lain alasannya adalah untuk mengatur penambahan kecepatan kipas yang ada dalam processor. Selain itu, software ini juga berfungsi untuk mengetahui suhu yang ada dalam hardisk dan CPU. Selain menginstall Speedfan, para pengguna laptop hendaknya membersihkan bagian dalam laptop dari debu minimal sebulan sekali. Hal ini bermanfaat guna memperlancar pembuangan panas di dalam CPU.

4. Rutin Disk Defragmentation

Disk Defragmenter

i.imgur.com

Setidaknya 1-2 bulan sekali laptop wajib melakukan disk defragmentation. Kenapa wajib? karena disk defragmenter bekerja untuk merapikan file-file fragmentasi yang terpisahkan oleh jarak di dalam hardisk. Jarak tersebut ada karena pengguna menghapus file di dalam hardisk atau bisa juga sering melakukan proses uninstall aplikasi. Jadi dengan demikian mendefrag adalah cara menghilangkan jarak antar file-file tersebut agar aksesnya menjadi lebih cepat.

5. Pasang Antivirus Ringan

Panda Cloud Antivirus

betanews.com

Antivirus umumnya mempunyai bobot berat pada RAM.  Namun ada juga antivirus yang berbobot ringan, salah satunya adalah Panda Cloud Antivirus. Diluncurkan di Spanyol pada tahun 2015, Panda Cloud Antivirus kini sudah menduduki peringkat ke 3 sebagai 10 antivirus terbaik di dunia.

6. Gunakan ReadyBoost

Ready Boost

turbo.paulstamatiou.com

Cara mengaktifkannya yaitu colokkan flashdisk ke dalam usb, buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada Removable Disk atau nama flashdisk. Setelah itu pilih Properties, muncul jendela Properties pilih tab Ready Boost. Pada tab ReadyBoost pilih Use this Device jika ingin menjadikan flashdisk tersebut sebagai ReadyBoost sementara, atau pilih Dedicate this device to ReadyBoost untuk menjadikan flashdisk tersebut khusus untuk keperluan ReadyBoost saja. Setelah itu pilih Apply atau Ok. Ready Boost bekerja layaknya sebuah RAM yakni dengan cara menyimpan cache ke dalam flashdisk sehingga meningkatkan performa laptop/PC.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: