Penyebab Banjir Bandang di Indonesia dari Tahun ke Tahun

Ad Blocker Detected

Mohon Non-Aktifkan Ad Blocker Demi Perawatan dan Penambahan Konten Secara Berkala Dalam Situs Ini. Atas Perhatiannya Terima Kasih :)

Bagi manusia, air sangatlah penting untuk menunjang keberlangsungan hidup sehari-hari. Namun, lain lagi ceritanya apabila air tersebut tiba-tiba meluap dan menghanyutkan sebagian benda-benda. Hujan yang lebat dan deras secara tiba-tiba merupakan faktor alam dari penyebab banjir bandang.

Pengertian Banjir Bandang

Pengertian Banjir Bandang

Banjir bandang merupakan peristiwa secara tiba-tiba apabila hujan terus-menerus turun pada permukaan tanah yang rendah. Saat itu air mengendap dalam tanah pada suatu wilayah. Karena kejadiannya begitu cepat, maka air yang meluap pun sulit untuk diserap kembali.

Kemudian air tersebut melaju dengan deras pada permukaan rendah, lalu menerjang ke permukaan yang lebih rendah lagi. Kerasnya laju air menghanyutkan banyak benda yang diterjang. Bencana banjir bandang mengakibatkan kerugian amat besar.

Penyebab Banjir Bandang di Indonesia

Berikut ini terdapat beberapa peristiwa bencana alam banjir bandang yang sempat terjadi di daerah-daerah Indonesia.

1. Penyebab Banjir Bandang Manado 2014

Penyebab Banjir Bandang Manado 2014

Bencana alam ini disebabkan penggudulan hutan beserta beberapa sungai kecil di wilayah Manado. Pembangunan kota yang sembarangan juga mengakibatkan kerusakan pada daerah resapan air.

Sehingga air sulit untuk ditampung kembali dan akhirnya meluap. Hal tersebut semakin diperparah dengan air laut yang sedang dalam keadaan pasang.

Bencana alam banjir bandang di Kota Manado terjadi pada tanggal 15 Januari 2014. Banjir bandang tidak hanya terjadi di Kota Manado saja, daerah sekitarnya pun juga terkena, seperti Minahasa, Sulawesi Utara, Tomohon dan Minahasa Utara.

Banjir bandang Manado mengakibatkan puluhan ribu orang mengungsi. Tak sedikit rumah-rumah warga beserta infrastruktur kota juga mengalami kerusakan parah. Ditaksir kerugian akibat bencana tersebut hingga mencapai triliunan rupiah.

 

2. Penyebab Banjir Bandang Bima 2016

Penyebab Banjir Bandang Bima 2016

Kemungkinan penggundulan hutan menjadi penyebab banjir bandang di Bima. Sehingga melimpahnya debit air sudah tidak dapat ditampung lagi oleh air. Hingga akhirnya banjir menerjang wilayah perbukitan tersebut.

Humas BNPB, Sutopo Purwo juga turut memberikan keterangan akibat penyebab banjir bandang di Bima ini. Menurut beliau, banjir yang menggenangi Kota Bima dan Kabupaten Sumbawa tersebut diakibatkan oleh adanya siklon tropis Yvete di wilayah Samudra Hindia Selatan, Bali.

Letak Kota Bima yang berada pada topografi cekungan telah mengakibatkan siklon tersebut sehingga muncullah hujan ekstrem di sebagian wilayah Provinsi NTB.

Banjir bandang di Bima menyebabkan kerusakan pada beberapa perangkat vital operator seluler milik PT. Telkomsel. Sehingga gangguan telekomunikasi pun tidak terelakkan di wilayah NTB, Bima bahkan seluruh wilayah NTT.

 

Baca Juga:

Leave a Reply